Apa arti teman dan sahabat

8 Jul

Teman dan sahabat, apa bedanya. Menurut saya jelas keduanya sangat berbeda. Dari susunan kalimatnya saja sudah jauh berbeda. Kalau menurut Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer” teman mempunyai makna sebagai ”sesama teman harus saling membantu”. Sedangkan sahabat atau persahabatan, masih menurut kamus itu adalah ”persahabatan yang kekal tidak akan bisa dibeli dengan uang”.

Coba saya sedikit ngasih analisa tentang dua pengertia diatas, dan juga akan saya coba bandingkan dengan kehidupan nyata di dunia ini. Pertama teman, sesama teman harus saling membantu. Saya tidak sepenuhnya setuju dengan pengertian ini, karena menurut saya kenyataannya bahwa teman tidak seperti itu. Teman menurut saya lebih pada pengertian yang sempit. Seperti teman bermain, teman bekerja, teman tidur dan teman-teman yang lain, hanya sebatas teman. Teman bermain ya hanya teman bermain saja, teman bekerja ya hanya teman bekerja saja. Pertemanan hanya sebatas ruang lingkup itu saja, dan kalau sudah diluar itu maka bisanya tidak akan ada hubungan apa-apa lagi. Biasanya teman tidak akan atau tidak mau merasakan apa yang sedang di rasakan oleh teman yang lainnya. Mereka cenderung tidak mau peduli, walapun tidak semuanya seperti itu.

Namun dari sekian teman itu, ada satu teman yang sangat bagus yaitu teman hidup. Namanya saja teman hidup, berarti susah senang akan dilalui bersama. Teman hidup di sini saya bisa mengartikannya sebagai jodoh (isteri atau suami). Kalau teman yang satu ini pasti akan berbeda dengan teman-teman yang lain.

Selanjutnya persahabatan, ”persahabatan yang kekal tidak akan bisa dibeli dengan uang”. Saya setuju dengan ini, karena memang persahabatan harus seperti itu. Dan kalau boleh saya kasih tingkatan, teman dulu baru persahabatan. Untuk mencari sahabat ini sangat susah, jujur sampai saat ini saya belum menemukan di dunia ini arti sebuah persahabatan. Saya sering kali hanya menemukannya arti dari teman. Karena hanya sebatas teman. Persabahatan hampir sama dengan jodoh, namun kalau di sini bukan isteri atau suami kita. Sahabat biasanya mengerti betul apa yang kita rasakan, baik itu sedih atau duka. Sahabat akan membantu kita jika kita ada masalah, tidak melihat kita ada uang atau tidak, tidak melihat kita pinter atau tidak, tidak melihat kita cakep atau tidak, dan lain sebagainya dan lain sebagainya.

Mencari teman itu gampang, namun mencari sahabat itu sangat susah. Seperti di sebuah lirik lagu ”raja dangdut” mencari teman itu mudah apa bila untuk teman suka, mencari teman itu susah apa bila untuk teman duka. Benar pak haji, mencari teman itu mudah kalau untuk bersenang-senang. Kita punya duit, punya kendaraa, saya yakin gampang sekali mencari teman. Tetapi apabila kita sedang tidak ada duit cendrung mereka akan meninggalkan kita. Nah mencari teman untuk duka/susah itu yang paling susah. Mana ada teman yang mau diajak untuk susah, mana ada teman yang mau mengerti dengan masalah kita.

Hanya sahabat yang mengerti dan memahami kita. Baik di dalam susah atau senang. Hanya sahabat yang mau membantu kita di saat kita menemui persoalan.

Sahabat dan teman jelas berbeda !!

33 Tanggapan to “Apa arti teman dan sahabat”

  1. rna-chayank September 17, 2006 at 2:20 pm #

    Analisa yang masuk akal, aku suka banget ama tulisan kk ini!
    Aku setuju dengan pengertian sahabat yang kk jabarkan, krn secara pribadi aku juga pernah merasakan arti sebuah persahabatan. Kalo boleh aku katakan sahabat itu hampir sama dengan kekasih, seperti yang kk katakan. Bedax adalah bahwa persahabatan terjalin antara sesama jenis, sedangkan hubungan pertemanan yang terjalin antara lawan jenis walaupun akrab tidak dapat dikategorikan persahabatan tetapi disebut sebagai hubungan platonik.

  2. ferry Februari 15, 2007 at 8:48 am #

    AMIN…
    GBU…

  3. rony Maret 28, 2007 at 8:18 am #

    lumanyan bagus.. tapi ada yang lebih menyentuh nich…
    http://morphingstealth.blogs.friendster.com/my_blog/

    itu bagus banget dan menyentuh banget… coba buka… disitu banyak sekali puisi dan beberapa basa percinta’an//okoknya menyentuh banget…

    • zul qadri Oktober 9, 2009 at 7:15 am #

      yg mna……..

  4. dewa manang & donglet April 23, 2007 at 10:29 am #

    mnrt kami teman itu biasa, tp sahabat luar biasa.

  5. its me April 27, 2007 at 11:40 am #

    saya sangat setuju dengan pendapat mas yang satu ini,tapi terkadang saya juga merasa jengkel oleh ulah2nya tapi mau kayak mana lagi namanya juga sahabat,perasaan sayang dan selalu bersama dalam suka maupun duka memang benar adanya

  6. eyi Juni 27, 2007 at 2:33 pm #

    ass. q jg sependapat dg u, hanya orang2 yg pernah mengalami, merasakan, n menjalani mengerti ap arti dari persahabatan. pd hakekatnya persahabatan itu adalah mutiara jalinan yang mempersatukan kita mengukir canda tawa yang tak dapat luput dari duka, bahagiamu bahagiaku juga….!!.

  7. yudha September 25, 2007 at 8:43 pm #

    teman: sesaat
    sahabat : untuk selamanya

  8. Carpintaria Amizade November 21, 2007 at 7:36 am #

    ola
    Carpintaria Amizade memang Sahabat penting untuk menentukan arah kehidupan kita pada tingkat perdamian yang abadi penting lho jangan lupa perdamaian
    terima kasih

  9. ipotes Februari 16, 2008 at 10:32 am #

    izin nimbrung ya bosss… salam kenal.
    Terlalu banyak istilah yang kita pergunakan untuk mengungkapkan sesuatu.. tapi enatah itu teman kawan dan sahabat bakhan musuhpun kita terkait dan saling membutuhkan satu sama lain. kalau tanpa musuh kita tidak akan bisa belajar tentang musuh atau sesuatu yang patut kita jauhi dan begitupun yang lainnya. tiap sentuhan yang kita dapat dan kita berikan ke teman musuh kawan dan sahabat semua berdasarkan kasihsayang. hanya keterbatasan kita yang membuatanya terbatas.. trimmssss

  10. sHantY Maret 5, 2008 at 12:09 pm #

    makasi Mas udah kasi tau,bedanya teman ama sahabat..
    aku skrg udah punya seorang sahabat yang dapat memahami aku dan aku pun demikian,,,,aku bersyukur banget karena dia boleh mengisi hari-hariku,,,Thx buanget Tuhan..

  11. Ririn_Putri April 24, 2008 at 11:09 am #

    sahabat mau mengerti dan memahami kita, kalau teman belum tentu bisa memahami kita.
    Teman belum tentu mau berkorban untuk kita, sedangkan sahabat mau berkorban dan selalu ada untuk kita.

  12. nova Mei 31, 2008 at 6:17 pm #

    sahabat mmmm yap bener tuh..

  13. bandy Juni 2, 2008 at 11:19 pm #

    makasih ya saya jadi termotivasi untu menjadikan teman saya sebagai sahabat.tnks……kk

  14. Vikry Agustus 31, 2008 at 8:54 pm #

    Dari komentar di emang sanggat betul sekali soalnya yang terjadi di kalangan masyarakat maupun pada pemuda-muda sekarang. ketika temannya banyak duit mereka sangat mendekatinya ketika teman itu uda ga ada duit mereka pun pergi meninggal dia. kalau cirihas seorang sahabat harusnya berbagi suka dan duka dalam permasalahan.

  15. ranker Desember 12, 2008 at 2:18 pm #

    Yups..

    Sahabat N persahabatan Itu beda cuy!!!!

    Analisa Yang bagus..

    Moga Aq Dpet 22 nya..

    sahabat n Juga Persahabatan!!!

    amien…

    ^_^

  16. aziz Desember 22, 2008 at 12:13 am #

    bagus…
    opini yg q rasa bagus…,
    q ingin mnambahkan.perbedaan teman dan sahabat..
    teman belum tentu sahabat, tapi sahabat pasti teman.
    teman yg baik blum tentu sahabat yang baik, tetapi SAHABAT pasti teman yang baik.. apalagi kalau SAHABAT YANG BAIK ..waaaahhhhhhh…kgk dapat dideteksi dech…
    tp mnurutQ smwa sahabat pasti BAIK.
    ( @ @ )
    (—-)

  17. teguh Maret 4, 2009 at 4:51 pm #

    bagu opini yang bagus saya suka

  18. nadya April 21, 2009 at 7:31 pm #

    saya ingin bertanya
    tetapi ada bkn sahabat yg menghianati sesama sahabatnya karna takut
    dimusuhin teman yg lain?

  19. diyan Mei 19, 2009 at 4:00 am #

    http://www.satupesan.com
    Untuk dapat link popularity agar blog anda terkenal, web masih dalam pengembangan
    tapi udah bisa dilihat, dikerjakan oleh para hack, dan situs ini sengaja di backlist ke google dan alexa agar bisa memanifulasi data

  20. farel pratama Agustus 31, 2009 at 1:36 pm #

    yang,,, jelas,, keduanya,, asyik,,

  21. Olivia (Timor Leste) September 18, 2009 at 1:49 pm #

    aqhu setuju pendapatnya dgn kak RNA-CHAYANK,,,,,,,,menmang betul sahabat itu hampir sama dengan kekasih

    thksssssss
    bls

  22. rista.................... Oktober 16, 2009 at 1:47 pm #

    sahabat bisa jadi penenang di saat q butuh….tapi q pun sering kali di hianati dengan sahabatku sendiri…..q pun tak tau haruis gimana

  23. aji Januari 15, 2010 at 12:02 pm #

    sya snang mmbacanya dan setu sangat2 setuju cari sahabat butuh waktu yg cukup lama tpi teman dalam semit ja udah bisa di cari,

  24. riza sopia jalila Januari 14, 2011 at 3:42 pm #

    sahabat tentu saja berbeda banget dengan teman lok teman itu hanya menerima kelebihan kita saja edangkan sahabat menerima kita dengan sepenuh hati.

  25. bari six Maret 8, 2011 at 12:48 am #

    teman=sahabat=fuck hri gni k22x ud g brwibawa agy.lagian cman prmaenan SUGESTI aje mndink cari saudara.intix yg membwa k arah yg lbih baeg.g bnyk bacot n g pake lama

  26. dvdripperreview September 4, 2011 at 8:47 pm #

    Yoka gudou qine samakoqi da
    Kasa!
    video converter reviews

  27. david Oktober 7, 2012 at 8:55 pm #

    q setuju bnget shabat adalah segalanya untk qt tiap kli ada masalah sahabat lah yg mmbantu kita meskipun senang to susah

  28. eka indriyanti Februari 27, 2013 at 10:42 am #

    kita lihat dalam kehidupan nyata saja……..ya
    saya hidup diasrama dimana jadi satu keluarga dalam 1 kamar terdiri dari 12 orang……. awalnya kita selalu bersama…..tapi setelah beberapa bulan pecah kalo dibilang beratem…. menjadi 2 kelompok terdi 7 orang dan 5 orang…………. 7 orang ini selalu menyidir 5 orang setelah beberapa bulan 5 orang berkurang jadi 4…..yang satu masuk ke 7 orang ….sekarang 4 orang pecah sendiri -sendir q masuk dalam 4 orang itu…………

    katanya sahabat selalu ada…
    sekarang q mau nayanya saya harus bersifat kyk gmn dalm 4 itu…..
    karena 4 itu pnya sifat dan kareter yang berbeda

  29. betul itu aku kepengensih punya sahabat tapi gak ada yg mau ,,,
    hehe

Trackbacks/Pingbacks

  1. Beda Teman Dan Sahabat - (I-COMers) - The 1st International Community Forum - Maret 31, 2008

    [...] Teman Dan Sahabat Apa arti teman dan sahabat Teman dan sahabat, apa bedanya. Menurut saya jelas keduanya sangat berbeda. Dari susunan [...]

  2. TERBUKA APA ADANYA ADALAH KUNCI KOMUNIKASI & DAPAT SALING MENYENAGKAN BERSAMA » Blog Archive » SAHABAT DAN TEMAN JELAS BEDA - September 2, 2008

    [...] Apa arti teman dan sahabat [...]

  3. heried_caem » Blog Archive » thinking is freedom - September 7, 2008

    [...] Apa arti teman dan sahabat [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: