Sekilas Tentang Kampungku, Belitang

7 Mar

Prayogo: Ajeng teng pundi mbah?
Mbah Bejo: Ajeng teng saben le, niki ajeng nanem polowijo.
Prayogo: Monggo mbah, kulo rumiyien.

Pasti anda berpikir bahwa sepenggal percakapan di atas di lakukan di sebuah desa di daerah Jawa Tengah atau daerah Jawa yang lain. Kalau memang itu yang ada di benak anda, ternyata anda salah besar. Percakapan itu dilakukan di sebuah desa di daerah Belitang OKU Sumatera Selatan, kampung kelahiranku. Maka jangan heran kalau anda datang ke Belitang yang merupakan lumbung padi di Sumatera Selatan, banyak sekali di temukan orang-orang Jawa. Mereka adalah orang-orang transmigran. Para transmigrasi tersebut tiba di daerah Belitang melalui program kolonisasi massal yang dilakukan pemerintah Belanda pada tahun 1930-an. Dan kebanyakan orang Jawa yang benar-benar giat bekerja keras menjadi sukses, dan makmur hidupnya. Karena masyarakat Jawa sendiri memiliki filosofi sepi ing pamrih, rame ing gawe, yaitu menekankan pentingnya kerja nyata tanpa banyak mengeluh.

Soal bahasa, banyak bahasa yang di gunakan di daerah ini. Selain bahasa Melayu-Palembang dan bahasa Indonesia, bahasa Jawa menjadi salah satu bahasa percakapan sehari-hari di perkampungan Belitang. Penduduk asli suku Komering atau berbagai suku pendatang dari daerah lain yang menetap di daerah pertanian ini, juga cukup mahir berbahasa Jawa. Selain itu banyak nama-nama penduduk yang mengacu pada peristilahan khas Jawa yang singkat dan berakhiran “O”. Misal kalau nama: prayogo, suswanto, sutikno, sudarsono, painem, paijem, sutrisno dan lain sebagainya. Begitu juga dengan penamaan desa, karena banyak desa di Belitang di buka dan di dirikan oleh orang-orang trans (Jawa) maka nama-namanya-pun menggunakan nama Jawa. Seperti; Tawang Rejo, Bangun Harjo, Sido Mulyo, Donoharjo, Sido Dadi, Banyumas, Tegalrejo, dan seterusnya dan seterusnya.

Sebenarnya kita bisa membedakan mana orang asli (Komering) atau mana penduduk pendatang (transmigrasi). Sebagai contoh, orang asli Komering memakai nama Cik Aman, Tando Kowi, Mardiana, Marniah, Daniel, Galung dan lain-lain. Begitu juga untuk penamaan sebuah desa. Kalau yang mendirikan itu orang asli Komering mereka menggunakan nama; Rasuan, Sukarame, Minca Kabau, Campang Tiga, Way Halom dan lain-lain. Jadi, kalau kita jeli, kita bisa melihat apakah dia asli orang Komering atau orang pendatang. Dengan cara mengenali nama orang dan atau bisa juga dengan nama desanya. Salah satu contoh soal bahasa, kalau saya di rumah (kampung) dalam kehidupan sehari-hari saya menggunakan tiga bahasa. Di dalam rumah/keluarga, saya menggunakan bahasa Jawa, akan tetapi kalau saya keluar dari rumah, saya menggunakan bahasa Komering dan bahasa Palembang. Soal nama, terlihat sekali kalau saya orang ”Palembang Bajakan”, begitu suatu kali teman berucap kepada saya. Atau ada istilah untuk orang-orang Jawa yang lahir di Sumatera, yakni Pujakusuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatera). Apalagi nama saya berakhiran ”O”, Prayogo. Walaupun begitu, saya tetap merasa kalau saya orang Sumatera (Belitang).

Sekilas tentang Belitang
Belitang adalah satu dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur (setelah dilakukan pemekaran/otonomi daerah). Karena sebelum adanya otonomi daerah dulu hanya ada OKU, tidak ada yang namanya OKU Timur, OKU Selatan, dan sebagainya. Kecamatan Belitang yang beribu kota Gumawang berjarak sekitar 360 kilometer dari ibu kota Sumatera Selatan, Palembang. Sementara Belitang sendiri terdiri dari Belitang I, Belitang II dan Belitang III. Hampir seluruh wilayahnya dipenuhi hamparan padi yang tumbuh subur dan hijau. Mata semakin sejuk memandang dengan aliran air Irigasi Upper Komering yang sehari-sehari menyirami ribuan hektare persawahan. Untuk Belitang sendiri penduduknya mencapai 54.000 KK. Dan dari segi infrastruktur, Belitang sudah memiliki perbankan, pendidikan, pertanian. Bahkan untuk sektor pendidikan di Belitang sudah ada hingga strata S2.

Budaya
Belitang merupakan salah satu basis pelestarian budaya Jawa di Sumatera yang masih kuat hingga sekarang. Berbagai pertunjukan seni tradisional masih terus digelar, seperti reog, jatilan, ketoprak, dan wayang kulit. Soal wayang kulit, dari sekitar 100 dalang Wayang Purwa yang ada di Sumsel, sebanyak 67 dalang tinggal di daerah Belitang. Sementara untuk budaya suku asli sendiri sudah hampir tidak terlalu menonjol. Sejauh yang penulis ketahui, sampai saat ini budaya suku asli yang masih ada hanyalah ”runcak-runcakan” atau lebih populer di kenal dengan sebutan ”lempar selendang”. Namun secara garis besar, budaya di Belitang lebih di dominan oleh budaya orang-orang pendatang (transmigrasi).

Pertanian
Belitang memiliki sawah beririgasi teknis cukup luas, yakni lebih dari 26.000 ha. Tak heran kalau Belitang merupakan daerah persawahan beririgasi teknis terluas di provinsi Sumatera Selatan. Dari hasil pertanian, Belitang sendiri menghasilkan 1,5 juta ton hingga 1,8 juta ton gabah kering giling, dari dua juta ton yang dihasilkan oleh Sumsel setiap tahunnya. Selain persawahan, Belitang juga banyak ladang. Di ladang para petani menamam, rambutan, durian, sayur mayur, singkong, kedelai dan lain sebagainya. Namun secara geografis, sebenarnya tanah di Belitang mayoritas persawahan. Persawahan yang terletak sekitar 40 kilometer timur laut Martapura, ibu kota Ogan Komering Ulu Timur, itu semakin berkembang dan produktif ketika mendapat limpahan irigasi teknis dari Bendung Perjaya. Menariknya, Bendungan Perjaya yang di bangun pada masa pemerintahan Soeharto tersebut sampai sekarang belum juga di resmikan. Dulu pada saat Megawati menjabat sebagai orang nomer satu di negeri ini berencana mau meresmikan, namun karena satu dan lain hal, rencana tersebut batal. Walaupun belum di resmikan, akan tetapi untuk pengoperasionalan Bendungan Perjaya tetap jalan terus.

Masyarakat di Belitang lebih suka menyebut daerah pertanian sesuai dengan areal pembagian air dari Sungai Komering, mulai dari Bangunan Komering (BK) 1, BK 2, BK 3, sampai dengan BK 35. Masing-masing BK merupakan bangunan irigasi sekunder yang dilengkapi pintu-pintu pengatur. Di Belitang setiap desa rata-rata memiliki lebih dari 10 mesin penggiling padi.

Sekedar informasi bahwa duku Palembang yang terkenal dengan manisnya tersebut, yang banyak di jual di jalanan Jakarta sebenarnya bukan dari Palembang (Kota). Akan tetapi duku tersebut berasal dari sebuah desa yang bernama Rasuan, sebuah desa yang tak jauh dari Belitang. Desa tersebut di huni oleh penduduk asli, suku Komering. Begitu juga dengan durian, yang asalnya dari Rasuan. Mungkin supaya enak saja menyebutnya, karena kalau di sebut durian atau duku dari Rasuan, pasti orang tidak akan kenal dan bertanya-tanya, Rasuan, daerah mana itu?. Tetapi kalau di sebut duku atau durian dari Palembang, pasti semua orang kenal. Kalau lagi musim duku dan durian, dikampung saya harganya jauh lebih murah di banding di sini. Untuk durian satu bijinya hanya di hargai sekitar 3.000-5.000 perak, murah bukan. Coba bandingkan dengan di sini, satu biji bisa 10 ribu hingga 25 ribu. Ah….kalau lagi musim duku dan durian seperti ini, jadi ingin pulang kampung.

Perekonomian

Mayoritas pekerjaan penduduk asli Belitang adalah bertani. Namun berbeda dengan nasib para petani di daerah lain di Sumsel yang umumnya pas-pasan, masyarakat petani di Belitang bisa dibilang hidup berkecukupan sandang, pangan, dan papan. Kemakmuran itu tercermin dari rumah-rumah penduduk yang rata-rata sudah bertembok, lantai tegel, atau plester semen. Sebagian rumah juga sudah dilengkapi antena parabola besar. Rasanya sulit ditemukan rumah dari bambu atau kayu yang reyot. Perkampungan Belitang juga ramai karena didukung akses jalan beraspal besar yang mulus, baik jalan menuju Martapura maupun ke Palembang. Di Kecamatan Belitang I, telah berdiri dealer mobil yang menunjukkan daya beli masyarakat sekitar lumayan tinggi.

Penutup
Dengan luasnya daerah pertanian yang ada di Belitang serta di tunjang irigasi yang sangat bagus, Belitang pasti akan menjadi daerah yang makmur. Apalagi pada tanggal 17 Januari kemarin, berkaitan dengan hari jadi OKU Timur, daerah Belitang di jadikanKota Terpadu Mandiri (KTM) oleh menteri dalam negeri kabinet gotong royongnya SBY. Semoga kemakmuran dan kedamaian yang ada di Belitang akan merata, sehingga warga Belitang tidak perlu berbondong-bondong merantau ke Jakarta, hanya untuk sekedar mengadu nasip atau mencari sesuap nasi, seperti saya.

Tetap semangat, dan terus berjuang.

About these ads

286 Tanggapan to “Sekilas Tentang Kampungku, Belitang”

  1. senyumsehat Maret 7, 2007 at 10:52 am #

    Wah ga nyangka ya wong jowo emang di mana2, Selamat buat Belitang jadi KTM, semoga tambah makmur jadi lumbung beras nasional bahkan :) Amien.

    Kayaknya mamang orang jawa ada dimana-mana, coba daerah mana yang tidak ada orang jawanya. Hampir seluruh kawasan di Indonesia pasti ada suku jawanya.

    • jie Agustus 26, 2009 at 4:04 am #

      ini PRAYOGO SUKARAME adik SUDARSONO (alumni YPB) bukan yah?

    • riansyah Januari 13, 2010 at 10:46 am #

      ass. . . ..
      yamgza blitang trusterbang,ailoipe yu pul blitang.thanks buat bapak bupatihermanderu

    • leny fitriah Maret 2, 2010 at 10:59 am #

      Betul…betul…betul….Orang jawo banyak jugo yang tinggal di Beliatang. Mereka kebanyakan wong prantoan dan berhasil dengan masalah ekonomi. Suxses dech belitang…

      • eli kristina (sma xaverius belitang) Mei 3, 2010 at 3:35 pm #

        yah saya orang belitang,yah selain bersawah byk yang lainya contohnya perkebunan kelapa sawit n karet

    • ali makhrus September 27, 2010 at 11:17 pm #

      waaaaah, ternyata bukan hanya di kawasan indonesia aja yang ada orang jawanya, di malaysia pun banyak juga orang jawa, malahan di kuching sini ada sebuah kampung bernama kampung jawa, salah satu penduduknya ada yang dari daerah sriwangi bk16 blitang????

    • tarmuji Oktober 30, 2012 at 9:55 pm #

      walaupun masih ketinggalan dengan daerah lain tapi aku tetep mencintaimu belitang…? moga2 kedepan lebih maju lagi.amin

  2. kangguru Maret 7, 2007 at 11:13 am #

    Jadi negara kita itu kaya ya, cuman penduduknya banyak yang miskin

    Sepertinya memang begitu, seharusnya yang namanya kaya itu harus merata, tidak boleh hanya negaranya saja(sebut penguasa), tetapi harus semua lapisan warga masyarakatnya.

  3. jokotaroeb Maret 7, 2007 at 11:56 am #

    Kapan-kapan mau main kebelitang ah.., kalo sampean daerah mana mungkin saya bisa main ke tempat sampean sekalian silaturahmi.

    Boleh mas, silahkan. Kampung saya namanya Ds. Sukarame Bk.7. Emang mas Jakataroep juga orang belitang ya?

  4. venus Maret 7, 2007 at 12:48 pm #

    kita semua berdiam di bumi yang sama :)

    Ya, bumi yang bernama Indonesia

  5. cakmoki Maret 7, 2007 at 3:56 pm #

    Wah, sudah maju sekali ya. Di kecamatan tempat kami bermukim, adalah daerah transmigrasi tahun 1954, konon pertama di kaltim, dari segi budaya dan pertanian kayaknya mirip dengan Belitang.
    Sehari-hari banyak memakai bahasa jawa walaupun sebenarnya multi etnis karena dulunya daerah sentra industri.
    Semoga Belitang makin makmur.

    Memang Jawa merajarela, mereka ada di mana-mana. Mungkin karena orang jawa banyak yang pekerja keras dan gigih, maka mereka banyak yang sukses. Terima kasih Cak, atas doanya.

    • ky komring Juni 19, 2010 at 5:02 pm #

      ga semua yg merajalela,,liat k negara tetangga org jawa d bantai setiap hr,,jago kandang

  6. helgeduelbek Maret 7, 2007 at 5:10 pm #

    Sampean nulis tentang daerah sendiri, saya sedang siapkan perjalanan saya menjadi guru ( wagu tur saru).

    Akan saya tunggu Mas tulisan tentang perjalanan sampean menjadi guru, pasti akan sangat menarik. Wagu iku artine opo yo?

  7. junthit Maret 8, 2007 at 1:42 am #

    Senang baca cerita gini , salam dari Bahrain ya?

    Terima kasih Mas, dan salam kenal kembali dari Jakarta.

  8. abahapis Maret 8, 2007 at 10:04 am #

    Wah, salut mas, ternyata di sumatra kebudayaan jawa masih dilestarikan, padahal di jawa sendiri udah mulai terkikis. Sekarang di jawa sendiri kayanya udah banyak wong jowo neng ra njawani.

    Bener, saya juga sudah lama denger bahwa di jawa saat ini wong jowo neng ra njawani. Bahkan saya kadang miris mendegar dan melihat banyak orang luar negeri yang belajar kebudayaan jawa. Mereka banyak yang bisa nyinden, bermain gamelan dan lain-lain. Sementara para pemuda dan pemudi kita pada sibuk dugem, nongkrong dan lain-lain. Terus terang saya bingung.

  9. Deni Triwardana Maret 8, 2007 at 10:37 am #

    Berarti ini Mas Prayogo termasuk dalam suku baru di Indonesia Jasu yaitu Jawa Sumatera gimana?

    Sebenarnya di bilang baru ndak juga ya pak, soalnya ini sudah lama. Tapi istilah Pujakusuma atau Putra Jawa Kelahiran Sumatera itu memang sudah ada sejak dulu kala.

    • Kurniawan Februari 7, 2014 at 1:56 pm #

      Mantab mas

    • Ike putry belitang comunity Mei 28, 2014 at 10:10 am #

      Bukan jasuu di daerah sumsel kalo orangnya blasteran jawa sumsel tu biasa di singkat JOMBANG jowo palembang saya uga trmasuk anax jombang.. Orang jawa lahir di sumsel

  10. ..:X W O M A N:.. Maret 8, 2007 at 10:54 am #

    hmm… maju juga ya daerahnya! Sepertinya setiap tahun sektor pertanian itu selalu meningkat ya.
    filosofi nya banyak bekerja sedikit bicara, kalau filosofi itu diterapkan di berbagai bidang dan berbagai kalangan, tentu saja mungkin bisa menciptakan kemerataan dan kesejahteraan penduduk ya! Jadi ikut bangga denger masih ada daerah yang maju, hehehe.

    Kayaknya kita-kita harus meniru filosofi jawa tersebut, saya yakin itu akan sangat berguna. Sebenarnya masih banyak daerah yang maju, hanya saja mungkin selama ini tidak terlalu di expose (diberitakan). Media massa kita saat ini teralu sibuk memberitakan tentang musibah yang datang bertubi-tubi di negeri ini.

  11. Anang Maret 8, 2007 at 12:16 pm #

    jadi pengen nyoba maen kesana nihh.. :D

    Silahkan Pak kalau mau maen ke sana.

  12. micokelana Maret 8, 2007 at 2:05 pm #

    Keren yog ceritanya :-)
    Suku Jawa itu emang bertebaran diseluruh Indonesia. Apalagi waktu jaman orde baru dulu, ada transmigrasi. Itulah menurut gw yog, jadi suku jawa itu bertebaran dimana-mana. Dulu tetangga gw di pulau Bangka banyak banget yang Jawa Asli, suami isteri lho, cuman anaknya aja yang kelahiran pulau bangka. Indahnya negeri ini.

    Makasih Mic. Memang orang jawa ada di mana-mana. Jawa Is The Best lah…..
    Negeri ini memang sangat indah, begitu banyak pesona yang telah di berikan Yang Maha Kuasa. Jadi kita harus bisa mensukurinya dengan cara memanfaatkan anugerah tersebut dengan semaksimal mungkin.

  13. Lesca Maret 8, 2007 at 3:52 pm #

    Mungkin kayak di Suriname juga ya ;-)

    Iya Mba, mungkin mereka ada persamaannya. Tetapi saya belum tahu sejauh mana persamaannya antara orang jawa dan suriname, apakah hanya bahasanya saja atau memang budaya2nya juga sama.

  14. Atha Maret 8, 2007 at 4:37 pm #

    Menurut gw ini bentuk penjajahan dalam bentuk halus terhadap penduduk asli.

    Orang lain boleh berpendapat lain.

    Bisa juga sih di bilang penjajahan thd penduduk asli. Tetapi menurut saya sejauh orang asli tdk marah dan budaya-2 mereka tetap ada, no problem. Masalahnya khan penduduk asli juga tdk mau melestarikan budaya2 dari mereka sendiri. Hayoooo salah siapa? pendatang atau penduduk asli?

  15. alle Maret 8, 2007 at 10:19 pm #

    Klo belitang jadi di OKU Timur,.. trus Muara Dua asal kakekku itu apa tetap OKU yah?

    btw,.. bang, sano musim duren dak? klo iyo boleh lah nak poske aku hehehe,..

    Sepertinya juga sudah berubah Bang, soalnya sejak otonomi daerah banyak daerah yang berganti namanya. Kayaknyo memang lagi musim duren, tapi skarang aku lagi dak di belitang, cak mano mau di poske.

  16. de Maret 9, 2007 at 6:07 am #

    Saya pingin makan duku dan duren rasuan itu hehehehe.

    Kalau pengen ya beli Dhe, he he he. Di Surabaya ada yang jualan duku dan duren rasuan khan?

    • dian Desember 28, 2009 at 10:49 pm #

      ya nie,,,semenjak merantau ke surabaya gak pernah lg mkan durian rasuan,,,soal ya mhal seh,,,coba klo di blitng,,bli 50 rb,,,ampek kuburan,,,klu di sby,,,,cma dapet stu,,,,

  17. afin Maret 12, 2007 at 1:04 pm #

    hehehehe…emang orang jawa itu mengindonesia, ada dimana-mana…kira-kira dikutub utara ada nggak ya? (enggak penting banget ya? hehehehe)

  18. mrtajib Maret 12, 2007 at 10:14 pm #

    suka saya bila menulis tentang kampungku

  19. Kang Kombor Maret 13, 2007 at 5:38 pm #

    Aseli, Kang, saya ini sering bertanya-tanya, Belitang itu ada di mana ya? Saya pikir Belitang itu ada di Sulawesi. Eh… nggak tahunya ada di Sumatera Selatan. Ternyata ilmu saya masih sangat cethek.

    Ngomong-ngomong soal kampung, saya sebenarnya sangat senang tinggal di kampung saya di Sleman sana. Di sana saya diuwongke. Saya ini kanggo di kegiatan-kegiatan kampung. Apalagi, ada teman SMP saya yang jadi Kaur Pembangunan sehingga saya (kalau mau) bisa titip agenda-agenda revolusi ke dalam pembangunan desa. Halah!!!

    Sayangnya, saya kok susah cari makan di kampung. Tahun 2003 saya saking nggak bisa bisnisnya pernah jadi sales alat tulis dengan gaji pokok Rp 250ribu per bulan. Sehari bisa 100km keliling DIY dodolan bolpen. Mau dagangan sendiri kok masih belum berani berspekulasi. Akhirnya, akhir 2003 saya balik lagi ke ibu kota agar bisa cari makan. Namun, panggilan nurani agar balik ke kampung masih selalu terdengar. Mungkin kalau sempat hidup sampai tua saya akan kembali ke kampung lagi. Hidup di sana jadi simbah-simbah dan dipanggili oleh anak-anak kecil dengan sapaan Mbah Kombor.

    Alangkah indahnya….

    Kang Prayogo tentunya juga selalu kangen pada kampung halaman ya?

    He he he, ternyata banyak sekali manfaat dari tulisan saya tentang belitang. Terus terang keinginan saya untuk menulis tentang kampung saya sudah lama sekali, dan alhamdulillah sekrang terselesaikan.

    Kang saya juga sebenarnya pengen banget tinggal di kampung. Kelak suatu hari saya pasti akan kembali ke kampung, saya ingin membangun desa saya. Dan keinginan untuk pulang kampung itu setiap saat selalu tergiang di benak saya.

  20. marini Maret 15, 2007 at 8:02 pm #

    Assalammualaikum.Wr.Wb

    aq tekejut nian waktu baca kampungku belitang ada dInternet. jauh- jauh buka internet akhirnya ktm jg dngn belitang.

    terus sebar en kenalkan kampung kito( belitang) biar semuo wong tau en kenal dng belitang kota lumbung padi.

    salam kenal dari ku(marini)
    asal belitang bk-IX.jelabat ds.serbaguna okut.

    SUKSES YA………………..
    EN TERUZZZZ BERKREASI UNTUK KOTA
    BERSIH
    ELOK
    INDAH
    TERTIB
    ANGGUN
    BELITANG……………………….
    CA YOOOOOOOOOOOOOOOOOOO!!!!!!!!!!!!!!!!
    WONG KITO GALO

    Wassalammualaikum.Wr.Wb

    Saya merasa orang belitang, jadi saya pengen sekali membuat belitang itu di kenal di mana-mana. Kebetulan saat ini saya ada di jakata, dan saya sudah “agak” melek dengan IT. Nah kesempatan ini akan saya gunakan dengan sebaik-2nya. Saya ingin kelak suatu hari jika ada orang yang mencari Belitang, akan di temukan apa itu belitang. Dan terus terang saya ingin membuat Belitang maju. Ini mimpi saya. Terima kasih dah berkunjung, dan salam kenal. btw, kamu skrg ada di mana, di belitang atw di jakarta.

    • adi irawan Januari 8, 2010 at 10:32 am #

      Aku bangga jadi orang belitang, walaupun di dengar itu perkampungan, tapi belitang OKUT itu sangat maju dan makmur. daerah persawahannya luas, perkebunan banyak, dan lain sebagainya.sekarang OKUT sidah dijadikan KOTA TERPADU MANDIRI.dai situlah kita bisa lihat. betapa majunya kota belitang.
      belitang…..tanah kelahiranku.
      aku besar di belitang.
      aku berhasil di berlitang.
      dan akupun berakhir di belitang..

      • azmy Agustus 20, 2010 at 8:10 pm #

        aku juga pernah sekolah di belitang, boy. smpku smp muh harjowingn, smaku sma n 1 bltg, aku keluar dr blt th 1985, merantau dan alhdllh sucs, wlu tak jd bupati, soal siapa yg pimpn, aku cuek aja, yg pentg dia org indonesia asli, karena siapapun dia asl dia indonesia tetap saudaraku, tak perlu mkir mana asli mana pendtg, yg pentg mau membangun negeri, andai anda yg org bltg ingin lihat proses pembauran antar etnis, budaya dan agama, sekali-sekali datanglah ke pangkalpinang prov babel. salam buat sederek yg ada di belitang, salam kompak membangun negeri.

  21. cho-q Maret 18, 2007 at 8:47 am #

    Seneng bisa tau perkembangan belitang,aku jg dr sana tepatnya bk 3 rawa bening.Walaupun asli batak tp belitang/buay madang adlh tumpah darahku.sampean sukarame dimana? Skrg aku di kupang,NTT.Salam kenal.

    Terima kasih kembali atas sambutannya. Saya sukarame rt.01 rw.01. kalau pas di sukarame nanya saja nama saya, pasti semua kenal. karena memang kampung saya penduduknya sedikit (khususnya sukarame). Wah sekarang di NTT ya, salam kenal ya…..

    • paul Mei 29, 2011 at 4:25 pm #

      Hai Coki Antonius Robert…!!!

  22. Tin Maret 22, 2007 at 4:49 pm #

    Alhamdulillah ya…ada orang yg care tentang Belitang
    meskipun susah bgt mudik ke Belitang..tapi aku tetap cinta Belitang
    sayangnya desaku ga disebut, padahal panen raya udah 2x dilaksanakan disana
    desaku namanya Harjowinangun. Penduduknya banyak yg bersekolah tinggi so mereka mencari rezeki di luar belitang dan mereka pada sukses lho
    aku sendiri mulai tinggal dijakarta sejak diterima kerja di depkeu
    Belitang enak, sayangnya kultur or budaya masyarakat masih cenderung kasar…..jadi orang jawa asli suka ngeri kalau ke Belitang;
    Thanks for mas prayogo

    Sumatera atau belitang di anggap kasar, karena orang belum tahu benar bagaimana cultur belitang. Kalau sudha tau maka stigma itu akan tidak benar. Oiya kamu orang belitang ya, jakartanya di mana. Salam kenal ya…..

    • hersut Oktober 26, 2010 at 9:27 pm #

      Bu lek Tin..Apa kabar..
      Lebaran Qurban balek belitang ga?..
      Insya Allah kami lebaran di belitang..

      wassalam,

  23. Giggs Maret 24, 2007 at 9:00 pm #

    emang nich..masa qta sbg putra daerah cm diem aja…yuk rame2 qta bangun belitang..jgn biz kuliah diem aja, kerja dt4 org, AYO pulang bangun daerah qta..ya gak..msh banyak potensi belitang yg blm dgarap, saatnya buat qta2 sbg putra daerah, kalo bkn qta siapa lagi ya gak…

  24. bayu Maret 26, 2007 at 11:19 am #

    Wuihhhh…………….
    Ada juga tentang Belitang ya….
    Sekali-kali mas coba masukin berita sambil di kasih poto.
    Aq juga orang Belitang BK.16 ds. Petanggan

    Good luck ya….

    Kapan2 kalau saya posting lagi tentang belitang akan saya sertakan dengan gambar. Mungkin lain kali saya akan menulis Belitang dari sisi yang lain. Tunggu saja ya…. Salam kenal ya, Kamu Bk 16 ya…..

  25. Itak Maret 27, 2007 at 10:19 am #

    MAs Prayogo, aku mau sekali ke kampung mAs, Belitang SUMSEL kan????
    Aku pingin nyari temenku yang di sana,,,,,,,, Pingin banget,, eee gimana ya kalo naik travel tu aku harus kemana??? MAksudnya mudah g transportasinya,,,, bukan daerah perbukitan kan?????

    Belitang sudah maju mba, kalau mau ke Belitang naik bis saja dari terminal kalideres. Nanti cari mobol putra sulung jurusan Jakarta-Belitang. Ongkosnya sekitar 80 ribuan. Btw temen mba itu Belitangnya di mana? jangan2 di plosok/pedalaman. Sekedar informasi, Belitang sudah maju, dan daerahnya daerah datar (persawahan) bukan perbukitan.

  26. RATIH April 5, 2007 at 9:41 am #

    Aq ini orang Belitang BK XI desa Marga Cinta,sekarang aq ada di palembang.

    Aq sangat senang ketika baca cerita soal Belitang,tapi ada yang tidak percaya apa benar sekarang diBelitang ada perguruan tinggi untuk tingkat S2,kalau ada kampusnya dimana?

    Aq sangat senang ketika baca cerita soal belitang,tapi ada yang tidak percaya apa benar sekarang dibelitang ada perguruan tinggi untuk tingkat S2,kalau ada kampusnya dimana?

    • esol Oktober 13, 2009 at 2:49 pm #

      s2 ada di jl. kh. dewantara bk.10 belitang STIE Trisna negara,..kebetulan aq lagi tugas di Belitang nih,..

  27. IIN April 5, 2007 at 9:54 am #

    iiiiiiih jadi happy aku baca berita soal tempat tinggal ku,perkenalkan aku juga dari belitang di bk 12,akusekarang lagi ada di palembang lagi kuliah,aku seneng mas prayogo mau menulis tentang belitang,jadi belitang lebih di kenal.aku setuju dengan impian mas mau membangun belitang jadi maju.supaya para pemuda pemudi nya gak pada pergi ke daerah lain.kita tingkat kan BELITANG IN THE BEST,cayo rame rame membangun belitang jadi yang terbaik.untuk mas prayogo salam kenal.kapan nak plg ke belitang.

  28. Asnawi April 6, 2007 at 5:41 pm #

    mas yogho, aku orang belitang di BK 12. Aku seneng sekali mas sudah buat website tentang belitang. memang kita orang belitang harus mampu mencipatakan kampung kita sebagai kota yang mampu memberi contoh kepada kecamatan lain yang ada di SUMSEL ini. mas aq sekarang ada di palembang, doakan saya agar succes. bila aq nanti sukses berjanji aq akan ikut membangun kota belitang agar lebih maju lagi.
    alamtku ada di desa nusamaju

  29. Sarono Putro Sasmito April 14, 2007 at 9:38 am #

    Salut karo Mas Prayogo.
    Daerah kelahiranku Tugumulyo Musi Rawas. Sama-sama daerah pertanian dan warganya asal Jawa yang tekun bekerja. Tapi, ada satu hal yang kini mengganjal, warga sering resah karena faktor keamanan. Peristiwa kriminal mudah terjadi dan ini perlu diakhiri. Bagaimana dengan Belitang. Matur nuwun.

    Sarono Putro Sasmito
    Pemimpin Redaksi Buletin Suara Pendidikan dan Redaktur Pelaksana Tabloid Desa Sumsel
    Telp (0711) 7364645 HP 08153801762

  30. Sudaryono Mei 2, 2007 at 6:18 pm #

    mas Prayogo, mbok yo di sertake to poto2ne, biar tambah cakep nih Blogke sampean. salam kangen toex belitang.

  31. Sudaryono Mei 2, 2007 at 6:30 pm #

    mas Prayogo, mbok yo di sertake to poto2ne, biar tambah cakep nih Blogke sampean. salam kangen toex belitang. eh tapi mas udah tau lom kemajuan2 yang terplanning oleh bapak deru, yang menjadikan kawasan lubukharjo sampai daerah jati sari sebagai pusat pengembanganya kotanya. wahhh sekarang udah lebih rame lho….! padahal kita tau dulu gimana rawannya daerah sekitar situ. uuuudahhh SALUT DEH buat bapak Deru, Maju terus Pak

  32. Sudaryono Mei 2, 2007 at 6:34 pm #

    Eh tapi mas udah tau lom kemajuan2 yang terplanning oleh bapak deru, yang menjadikan kawasan lubukharjo sampai daerah jati sari sebagai pusat pengembanganya kotanya. wahhh sekarang udah lebih rame lho….! padahal kita tau dulu gimana rawannya daerah sekitar situ. uuuudahhh SALUT DEH buat bapak Deru, Maju terus Pak

  33. juSt_re Mei 9, 2007 at 11:51 pm #

    waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhh ndak nyangko belitang masuk internet hehehehe………………………….
    tapi.. boleh lah mang operator, di tambahi dikit gambar2 belitang tu cak mano.
    biar uwong uwong lainnyo yang di luar daerah kito tau galo.
    oiiiiiii cak mano kabar belitang ne…
    aku dah setengah taun dak balek.
    kirim salam buat alumni SMPN 1 Belitang angkatan 2001
    terutama yang kuliah di jogja. piye kabare dab?
    yooooooooooo wwwweeeeeeeeeeeeeeeeessssss

  34. herman kabila affandi tamil elam Mei 15, 2007 at 3:41 pm #

    wah belitang. penuh penderitaan (sepertinya). mau nyawah ngutang, habis panen bayar utang (tapi beras murah) banyak garong, gerandong (tukang culik motor), banyak maling, banyak rentenir, kebanyakan klo kuliah jurusanya fkip, gue bukan orang belitang tapi tahu belitang karena saya calon presiden jadi harus tahu penderitaan rakyat dulu. doa in aja deh moga terkabul ye. oya salam buat my family di BK 12 Desa sidowaluyo pak bakri, pak sukardi, lain kali kita dak usah nyawah lagi pindah ke industri aja atau buat kolam ikan terluas di Indonesia. paten 7000/kg, ikan mas 6000/kg, hei bales ke imel gue klo ada yang protes.

  35. ath thayib al jailani Mei 18, 2007 at 4:44 am #

    Belitang jangan terbuai dengan Kota Terpadu Mandiri (KTM). Pemerintah RI telah banyak mengeluarkan alokasi dana untuk KTM ini. Masyarakat harus tanggap dengan kondisi politik di belitang, OKU timur. Hati2-hati2 korupsi ada dimana mana.kepada pak bupati dan wakilnya… tolong sejahterakan rakyat anda. jangan suruh nyangkul terus, capek dech!!!
    buat mas prayogo, jangan cerita kelebihan aja ya… mbok yao seng elek2 di keluarkan. biar masyarakat bisa tau.

    Hidup rakyat !!!!

    Aktivis mahasiswa dari OKU Timur Kuliah di Lampung

  36. Fulana Mei 18, 2007 at 4:57 am #

    Belitang? bolehlahhh!!! ternyata jadi kota juga ya… tapi apa masih pada makan gaplek ?? Kasian yaa… Berarti rakyatnya belum mapan too. tapi ojo khawatir cah… kalo ada sumur diladang boleh kita menumpang mandi kalo masih belum mapan ya kerja harus setengah mati…bener gak mas prayogo…

    Buat temen2 aku di Belitang lulusan SMAN1 belitang 2003, kapan bisa reunian lagi.tuk mas Hadi Buhro wijaya,anwar ,fredy,dhani dll dimana kamu sekarang?? aku kangen !!! kapan bisa besua lagi. ingatkah kau padaku??

    Fulana rahma- Kalimantan selatan

  37. bambang_eko Juni 1, 2007 at 12:33 am #

    Allo mas, lam kenal dari saya. Sama-sama dari belitang

  38. Yudhi Juni 9, 2007 at 1:18 pm #

    Ass, mas prayogo,

    Kebetulan saya lahir di dekat daerahnya mas, saya di Desa trantang sakti- kec martapura, jadi orang tua masih tinggal disana, sama aku yo pujakesuma, sekarang tinggal dan kerja di Industri Pertambangan, di Kaltim, sangatta….jauh ya dari kampung halaman, tapi some day aku pasti akan pulang….kembali kekampung membangun daerah kita tercinta

    Salam Kenal dari Sangatta’

    Yudhi K

  39. Effendi Juni 25, 2007 at 8:33 pm #

    wah saya juga bangga menjadi orang belitang,mas kita harus bisa menjadikan belitang sebagai kota yang unggul.dan saya juga ingin menjadikan desa saya Sumber Agung BK 1 menjadi desa yang dapat di kenal oleh orang,bagaimana tidak di desaku banyak keindahan alam yang belum di ketahui oleh orang lain Thank ya buat Belitang.

  40. Effendi Juni 25, 2007 at 8:35 pm #

    Belitang Jaaya

  41. Effendi Juni 25, 2007 at 8:42 pm #

    Aku orang BK I,tepatnya di Desa Sumber Agung ,weh okeh lo keindahan alam neg desoku,enek air terjun,boyo mutah,tempur,weh pokoke akeh tenan,sampean nek ajeng teng deso kulo meski lewat belitang disek.gak adoh songko ibu kota Gumawang kiri-kiro 15 km,tapi desone rodo pelosok,tapi di jamin puas lo…..
    Hidup Belitang

    • jie September 5, 2009 at 2:43 pm #

      wadoh sbr agung yo lebih seko 15 km no kang.seko gmwg perjalanan stengah jam lebih lho

  42. Edwar Juli 5, 2007 at 10:08 am #

    Halo mas prayogo, sya asli belitang tepatnya belitang BK 10 mas sendiri dimana belitangnya? kalo menurut sya blog mas bagus juga, tapi mas hanya membahas masalah jawa dan kelebihan dari belitang saja, suku di belitang kan banyak mas Ogan,Komering dll…
    Kunjungi blog sya mas…… ok htttp://belitang.wordpress.com

  43. Edwar Juli 5, 2007 at 10:10 am #

    http://belitang.wordpress.com

  44. Vama Juli 16, 2007 at 8:29 pm #

    Hmm, kayaknya Belitang sekarang udah maju banget ya… Dulu ketika saya meninggalkan Belitang (tahun 2000), saya nggak menyangka sedikitpun kalau Belitang bakal maju sedemikian pesat. Saya jadi rindu Belitang nih…
    Oia mas, kalau mas kan “Pujakusuma”. Nah kalau kayak saya apa ya??? Ayah saya orang OKI (Ogan Komering Ilir), Ibu saya orang Jogjakarta, saya lahir di Gumawang (RS. Charitas), dari bayi sampai SMP di Sidodadi & sekarang lagi cari ilmu di Jogjakarta… Nah loh, istilah buat saya apa ya??? Hehehe, bingung??? Sama….Mas Prayogo sekarang dimana? Kerja di Belitang ato merantau…. Hidup Belitang, Hidup OKU Timur…
    Alamat saya di Belitang: Pasar Sidodadi BK 9 Belitang OKUT Sumatera Selatan… Nice to know you…

    • S Cannavaro Januari 9, 2012 at 2:41 pm #

      berarti bisa jg disebut dengan : “Pusumajakusuma”,,
      gimana?
      setuju?

  45. FKMM-OT Juli 17, 2007 at 11:23 am #

    mas prayogo dan pengunjung situs ini…yang terhormat.
    mahasiswa OKU Timur di Lampung punya organisasi baru namanya Forum Koordinasi Mahsiswa Muslim OKu Timur. Silahkan kunjungi situs kami di http://www.fkmm-ot.co.nr.

    buat kang prayogo semangat yoooo
    wassalamualaikum

  46. sugeng Juli 27, 2007 at 2:10 pm #

    Assalamu’alaikum Mas Yoga

    Setelah saya baca blog2 Mas Yoga saya jadi kagum. Wong ndeso bisa mbikin tulisan bermutu. Sekali-kali boleh juga saya diajarin Mas.
    Kita kan sesama Pujakesuma (Putra Jawa Kelahiran Sumatra), sama2 Wong Belitang.

    Klo boleh usul, sekali2 dibahas masalah Grandong yang lagi marak di Belitang.

    Wassalamu’alaikum

  47. joko Agustus 22, 2007 at 9:42 pm #

    assalamualikum wr wb…..
    saya salut dengan tulisannya …….lengkap banget……
    benr bener tulisan yang sangat dibutuh kan, lebih bagusnya lagi klo di kasih foto foto….

    ada cerita dikit nee…
    kita di jogjakarta juga punya komunitas masasiswa Oku Timur ( backgrounnya dari berbagai perguruan tinggi ), yang isinya orang orang dari oku timur……anggotanya dibilang banyak banget ya gag , dibilang sedikit juga ngagak…..jumlahnya ada sekitar 40an orang lebih
    yang saya tau komunitas kita ini baru berdiri 2 tahun yang lalu…
    jadi waktu kita kumpul2 serasa dikampung sendir euy……..
    yang pasti salut buat Oku timur, Oku Timur Bersatu

    semisal temen temen ada yang mo main ke asrama Oku Timur dateng aja ke Asrama Oku Timur, Jl. Tiomoho jogjakarta…

  48. sugeng Agustus 27, 2007 at 4:47 pm #

    Untuk wong2 Belitang yang pengen punya teman dari Belitang bisa kunjungi Situs : sma-belitang.cjb.net
    Thank’s

  49. agus Agustus 27, 2007 at 9:37 pm #

    aku juga orang belitang loo.
    hidup belitag……….

  50. ida Agustus 29, 2007 at 3:01 pm #

    Seneng deh ahirnya bisa ketemu dengan orang belitang karena saya punya teman lama disana yang lama banget gak ketemu.
    Alamatnya di jl Pasar Lama 170 Gumawang Belitang Oku Sumatera Selatan. Tahu gak daerah itu.

  51. abi manyu Agustus 31, 2007 at 7:45 pm #

    Aku wong belitang jugo, sekarang kerjo di Plg. Belitang sekarang emang sudah lebih maju. Tapi sayang kalau malam jalanan gelap gulita.Jadi takut keluar malam, apalagi katanya banyak gerandong. Thanks mas prayogo. Hidup Belitangku………!!!!!

  52. tin September 9, 2007 at 1:17 am #

    Assalamualaikum
    Alhamdulillah sekarang Belitang sangat maju…
    Penduduknya banyak yang makmur.
    Subhanalloh..banyak mobil2 bagus lalu lalang di jalan Belitang.
    Yang lebih menyenangkan transportasi Palembang – Belitang sangat mudah.
    Aku kalau mudik ke Belitang tinggal telepon travel n minta dijemput di bandara SMB II eh tau-tau dah sampai Belitang. Begitu juga kalau mau balik ke Jakarta, diantar sampai bandara SMB II. jadi tidak ada alasan lagi malas mudik ke Belitang. Belitang i love u much.

  53. paci oke September 11, 2007 at 6:10 pm #

    allhamdulillah.. teryata ada orng belitang yang ngerti TI, bukan cuma taunya ke sawah, nderes, grandong, dll…
    salut buat mas prayogo. btw, bagi dunk ilmunya..hehe..

  54. Tomboy September 19, 2007 at 8:13 pm #

    woi…..po kbR wOng BLtg….????!!!
    daK nyaNgkO ye….?Lah MajU qT nie….?saLut niaN aq sM WonG kiTo gALo…….!!!mokAsiH niAn maNG ye, Lah bWt BLtg jd maJu.sukSes teRus bwt MamaNG nyo,Bwt BLtG jd tmBh maju,OK……..??caYo…..!!!!
    o yo….,sLm bwT aLumni SMANSA BLtg angKatan 2003.kawAn2 yG kuL di PLbg,aq kGn kaLian……
    sLm jg bwt Temen2 yg kUL di AngYogyoKarto,ndeSo ne dEwE dAdi maJu daB……??pOdo seMangat yo…..??
    mAJu teruS pantAng muNduR KTM BelItang……..!!!!!
    MERDEKA…………………………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  55. komering September 23, 2007 at 11:30 pm #

    maap cuma ngasih saran, klo ngmng masalah orng jwa jangan terlalu berlebihan biasa aza dong, kota belitang memang sudah di jajah orang jawa pengairan sawah anda dari mana?klo bukan dari sungai komering?trs apa yang didapat orang komering?tidak ada,orang komering mengandalakan sawahnya dari mana?lha airnya kebanyakan dipke “kalian” n kalian juga tidak peduli itu?klo musim oenghujan?klo kemarau?klian mana tau?dan orang asli telah di pinggirkan,bahkan bupati yang dari belitng hanya mementingkan orang belitang?klo ngasih komen biasa aza dong

  56. yeni September 24, 2007 at 2:24 pm #

    kblitang kurang aman,tiap hari ada saja penodongan walaupun makmur tapi rasa aman tidak ada bagaimana,tolong bupati dan jajaran kepolisian blitang diamankan lagi apalgi mau lebaran nih.kalo bisa tembak di tempat aje.

  57. paikem September 24, 2007 at 2:37 pm #

    saya tinggal di blitang,orang tua saya suku jawa trans ke blitang sudahpuluhan tahun,skarang saya ke jakarta ,yang saya rasa di blitang memang serba cukup sandang pangan papan,tapi memang seperti ba yeni katakan di blitang banyak grandong jadi dari sisi lain kita tidak nyaman.mau punya opo-opo takut dijiku wong,di tambah penerangan yang pat-pet tidak terang.wong blitang pekerja keras jadi saling bersaing dari segi apa saja,kecuali bidang keagamaan kurang sekali mesjid selalu kosong.

  58. Khalid Raja Taranggini September 26, 2007 at 11:33 am #

    Banyak anak-anak Belitang bangga dengan daerahnya. Banyak anak-anak belitang yang cerdas karena kuliah di propvinsi lain. Banyak anak-anak Belitang yang menjadi aktivis, penggerak, penggiat tatanan sosial di daerah lain. Banyak anak-anak Belitang yang sukses di daerah lain.

    TAPI

    Kebanyakan anak-anak Belitang yang bangga dengan daerahnya tak mau pulang ke kampungnya. Keanyakan anak-anak belitang yang cerdas karena kuliah di propvinsi lain tak mau menerapkan ilmunya di kampungnya. Kebanyakan anak-anak Belitang yang menjadi aktivis, penggerak, penggiat tatanan sosial di daerah lain tak mau melakukanya di Belitang. Keanyakan anak-anak Belitang yang sukses di daerah lain tak mau mensukseskan daerahnya sendiri.

    Appologinya,
    Nanti, some day, pada waktunya, besok SAYA AKAN PULANG KE BELITANG. dan waktu itu tidak akan datang

    Bagaimana anda biasa bilang SAYA BANGGA DENGAN BELITANG

    Rejosari-BK IX, 26-09-2007

  59. budak BK 6 Oktober 2, 2007 at 2:36 am #

    saya asli dr belitang bk 6 di dusun donoharjo dan sekarang lg kuliah di yogyakarta..
    saya ikut senang kampung kita kan udah jadi Belitang Kota Mandiri..
    mau tanya nih…
    ada nggak warung internet di kota belitang???

  60. pemilik Oktober 2, 2007 at 12:18 pm #

    Salam kenal untuk budak bk 6, kwe donoharjone nangendi, terus jenengmu sopo. Aku wong sukarame…..

    Warnet koyone neng belitang wes enek, tapi mungkin neng gumawang,

  61. Eko.Y Oktober 3, 2007 at 1:16 am #

    hallo mas Prayogo.
    Salam kenal nama saya Eko Yuliandri dr Donoharjo BK6.. aku sdh baca profil mas.
    berarti dulu kita satu sekolahan mas. di SDN Sidorahayu dan di SMU YPPI. aku angkatan 2000.

    salut dengan blog mas prayogo yang menceritakan tanah kelahiran kita…kota kecil Belitang…. we he heee….sekarang jadi gampang deh kalau nyari dimana kota Belitang itu.
    aku jadi ikut bangga mas dengan Belitang yang sudah menjadi KTM Belitang… pokoknya sukses lah buat Pak Deru dan kota Belitang.
    buat Grandong nya semoga gak sukses…!!? he he..

    Maturnuwun…..
    Eh iya… Lebaran nanti mudik nggak mas?

  62. Eko.Y Oktober 3, 2007 at 2:03 am #

    Sorry ada yang ketinggalan…
    terimakasih atas info Warnet nya ya mas…
    kalau pulang ke Sukarame, BK 7 nitip salam sama, Joko Listoyo, Hari Cahyono, Aan, dan semuanya… sama Pak Lurah Malhan..

    Maturnuwun meneh…

  63. elymanto Oktober 19, 2007 at 8:32 pm #

    Seneng lah ahirnya bisa ngumpul dengan orang belitang karena aku dibesarkan disana dari SD2 pasar baru sampe SMP negeri 1 tanah merah.
    Alamat rumah di jl Pinggir kali BK X dekat kantor PU Kecamatan, Gumawang Belitang Oku Sumatera Selatan.

    Ayo kita bangun Belitang, terutama e-govt site nya, agar lebih dikenal masyarakat luas potensi yang ada di belitang, baik potensi alam maupun SDM yang ada.

    Bravo Belitang…………

  64. Siti Oktober 27, 2007 at 1:17 pm #

    Blitang memang ada hebatnya ada juga tidak baiknya. Hebatnya daerahnya cukup maju banyak anak desa terdidik dan jadi oegawai di kota. Tidak baiknya, masih banyak kejahatan, dan kejahatan ini sejak puluhan tahun tidak pernah surut, kecuali waktu ada PETRUS (penembakan misterius).

    Ada yang tahu ada anak daerah Blitang yang berhasil menjadi dosen dan dekan di universitas terkenal di Amerika? Saya kenal orangnya karena beliau pernah ngasih kuliah di IAIN Semarang.

    Ada yang tahu bagaimana transportasi yang baik dari Bandara Palembang ke Belitang? Apa ada nomer telpun yang bisa dihubungi?

    Mana yang lebih baik. Ke Belitang dari Bandara Lampung atau dari Bandara Palembang. Maksud saya lebih dekat mana, jalannya lebih enak mana dan cari transportasinya lebih gampang mana.
    Trimakasih.

    • Iwan Sofuan April 17, 2010 at 8:12 pm #

      lebih baik awak dari plembang bae, kalo naik naik angkutan mending trevel bae soalnyo dianter dan di jemput ditempatcumo telpnyo aku dak tau ……………… lah lamo dak balik dusun.
      aku asli rasuan anaknyo Bp. Sofuan Ibrahim

  65. pariyem Oktober 31, 2007 at 7:01 pm #

    assalamualaikum……………………………..
    apo kbr?????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    wong belitang………………………………….

    selalu aman-aman n sejahtra……………caknyo kito ini udah maju yo……..BTW kapan nak ado MALL di belitang………..kito smua anak2 mudo di belitang selalu mendukung kemajuaan belitang……………amin……..

    salam smu bt tmen alumni MAN………………Kpn kito kumpul2 lagi………..

    …………………….BELITANG TERPADU MANDIRI…………………….

    Wasalam………………..

  66. Herry November 1, 2007 at 10:52 am #

    haloo mas Prayogo….

    saya Herry,,

    saya jga org belitang…

    saya di BK 6..

    tepatnya desa Tekorejo…

    salam knl yahh…

  67. Herry November 1, 2007 at 10:56 am #

    tpi saya skrg lgi di jakrta,,,,

    lgi sekolah…

  68. hery BK X November 8, 2007 at 11:24 am #

    kapan ada bus besar masuk Belitang lagi Mas

    biar nyaman kalau mudik Mas

    semoga PEMDA dapat memfasilitasi terwujudnya trasportasi yang aman dan nyaman

    Maju terus Belitangku wujudkan KOTA MANDIRI yang aman tentram sejahtera

    dari perantauan.

  69. centil November 18, 2007 at 5:05 pm #

    assalamualaikum mas yogo ..
    wah belitang udah maju ya?taun 90an wong sukarame byk yg katrok.
    salam bae samo ahyani and pak sukiman(guru smp 1 gumbel)
    nyak ganta thi solo,soale ning puncak 4 boten saget dahar mas.belitang niku kota terkejam se indonesia.itu dulu kala mas
    BRAVO mas yogo

  70. Tolong siapa yg punya no hp bpk HERMAN DERU? Ak kagum ama dia, dìa aku jadikan FIGUR MASA DEPAE AKU! Tolog kalaw ada yg punya ak minta tolong kirim ke 085832520054
    081928860534

  71. MUHAMMAD BARCENUR November 25, 2007 at 3:04 am #

    Kapan ak dapat meluapkan segenap perasaanku ini, dihadapan pemimpinku yang tercinta? BPK HERMAN DERU , AKu adalah salah seorang dari pengagum kepribadian mu sbagai pemimpin, andaikan saja semua pemimpin sperti mu, ak yakin pastì AKAN MAJU!

  72. hendri Desember 5, 2007 at 8:52 pm #

    Kepada bpk DERU Yth,grandong msh dmn2 tolong d tndk lanjuti,biar BELITANG tetap makmur.hidup PAK DERU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  73. Linda Maret 18, 2008 at 1:54 pm #

    Mas Prayogo, tulisannya tak copy paste di http://sma-belitang.cjb.net boleh nggak? biar belitang lebih banyak dikenal gitu? trims ya. i love belitang.

    Mba Linda, silahkan saja tulisan ini di copy paste di sma-belitang.cjb.net, biar banyak orang semakin tahu tentang Belitang. Saya juga lagi mau membuat lagi tulisan tentang Belitang. Salam kenal ya…

  74. sugeng April 21, 2008 at 4:22 pm #

    Tambahan sedikit nih Mas Yoga……….
    Orang yang ngaku orang Belitang belum tentu dia orang Belitang, mungkin dia dari Kecamatan Buay Madang ataupun Cempaka, orang dari BK 0 sampai BK-16 ngakunya orang Belitang, padahal mereka orang Buay Madang dan Cempaka. Seperti saya orang Jayamulya , BK-12, kecamatan Semendawai Suku II, kalau ditanya orang ya ngakunya orang Belitang. Atau orang Karangbinangun, BK-12 Kecamatan Madang Suku II, ya ngakunya orang Belitang. Bahkan orang dari Nusa Bakti, Nusa Bali, Nusa Jaya, atau Kampung Baru ya ngakunya orang Belitang. Kok bisa begitu ya ? ha…ha…ha…ha…ha…
    Mas Yoga juga gitu, bukan orang Belitang ngakunya orang Belitang……..
    ha…ha…ha…ha…ha…
    Sorry bercanda Mas………………..

  75. achid April 24, 2008 at 2:33 pm #

    saya orang perantau tapi di belitang saya merasa dipankuan ibunda nyaman tentrem apalagi belitang udah maju pesat, selamat buat belitang

  76. prayogo April 24, 2008 at 4:00 pm #

    Buat Mas Achid, beruntunglah sampean mas sudah menemukan ketenteraman dalam hidup. Di hati saya selalu terbesit, suatu saat nanti saya akan kembali ke Belitang, dan saya akan mencoba membangun Belitang dengan kemampuan saya.

  77. yudi irawan Juni 26, 2008 at 10:38 am #

    congratulation for belitang,saya merasa bangga sekali ternyata dibelitang memiliki beragam suku dan budaya yang wajib untuk kita lestarikan,meskipun saya asli org komring,namun saya bangga ternyata masyarakat belitang bisa hidup aman,damai dan tentram.untuk itu saya menghimpau pd sergenap masyarakat belitang bsa menjaga kerukunan tsb…

  78. Paimemag Agustus 3, 2008 at 7:53 am #

    Very nice!!

  79. Edy S September 4, 2008 at 10:36 am #

    Semenjak Belitang III menjadi daerah perkebunan, perubahan semakin pesat, Saya salut dengan Bpk. Bupati OKUT, namun dengan kemajuan perekonomian di Belitang dampak negatifnya banyak juga diantaranya, Miras, Narkoba dan Tempat Warung remang2 mulai bertebaran dan merajalela di belitang, Tolong kepada Bapak Kapolres Belitang III dan Kapolsek Nusa Bakti untuk ditindak lanjuti masalah Miras dan Narkoba. Trims
    Untuk Mas Prayogo Terima Kasih telah memuat tulisan tentang Belitang

  80. ratiman September 9, 2008 at 12:22 pm #

    Salam kenal sama mas Prayogo
    Nama saya ratiman

    Saya juga orang belitang mas,asli saya dari kebumen,tapi mbah saya sudah dari jaman dulu di belitang.
    saya lahir di desa terimoharjo bx.14 kecamatan buay madang belitang.
    Di belitang memang dari dulu sebagai lumbung padi nasional dari jaman presiden Soeharto,itu salah satu bukti nyata bahwa orang jawa memang sangat pintar untuk bidang pertanian.saya sangat bangga jadi orang belitang walaupun saya asli dari jawa.
    Saya sekarang tinggal di cirebon jawa barat,isteri orang cirebon karena saya kerja juga di cirebon.saya sangat kangen sekali suasana daerah saya di belitang,apalagi pas bulan puasa,suasana kerasa sekali .

    Mas prayogo salam sama temen temen di belitang,semoga nanti ada
    orang belitang yang jadi bupati untuk daerah kita.

  81. prayogo September 9, 2008 at 12:47 pm #

    Buat Mas Ratiman, salam kenal kembali ya.

    Senang juga bisa kenalan dengan sampean. Untuk Bupati, bukankah sekarang Bupati OKU Timur sudah orang belitang, Deru namanya, beliau dari Belitang BK 9.

    Untuk pelepas kangen, diblog ini juga ada beberapa foto belitang. Silahkan buka di tulisan yang berjudul, Belitangku Nan Subur.

    Demikian, terima kasih.

  82. Siti September 12, 2008 at 6:26 am #

    Bulan kemarin saya ke Belitang. Waduh Puanasnya minta ampun.
    coba agak dingin kayak di Jawa, wah saya mau tinggal di Belitang.
    herannya, orang komering tetap putih walaupun dari daerah panas. Saya pasti jadi hitem-tem kalo ke belitang.
    salam

  83. Herwanto jaya September 26, 2008 at 8:59 pm #

    13 Tahun Yang lalu,waktu saya masih SMA di Martapura Uper komering itu baru di Bangun,dari dulu belitang sudah kelihatan akan jadi daerah yang maju.
    Sudah 13 tahun juga sejak aku merantau dan berdomisili di Bandung aku belum pernah kembali lagi,malam ini pas kangen dengan martapura lihat Website ini,jadi deh curhat mas.
    13 tahun lalu di tanah merah belitang belum ada sekolah tinggi,sekarang udah ada Sekolah tinggi Pertanian.

    Yah Doa dari saya semoga belitang Tambah maju,dan buat teman-teman yang ada di perantauan jangan lupa kembali pulang.
    Lebaran tahun ini Pulang ah,kuangen tenan sama martapura dan Belitang.
    Hidup Oku Timur.
    Salam dari Bandung

    Herwanto jaya
    Kepala Operasional dan keuangan
    PT.ARTA BOGA CEMERLANG
    Wilayah Jawa barat
    JL SOEKARNO-HATTA 709
    Bandung.

  84. alip Oktober 13, 2008 at 11:05 pm #

    saya sebagai warga belitang sidodadi yang bekerja di Global Tv sebagai editor, saya berharap untuk penulisan daerah belitang jangan dari segi positifnya saja tapi dari segi negatifnya harap di jelaskan juga. maaf atas kata-kata saya, saya saya warga sidodadi sangat senang dan bangga dengan kemajuan daerah kita menjadi kabupaten. tapi yang saya masih menyesalkan didaerah kita terutama belitang soal listriknya, kemarin saat saya pulang ke belitang, kondisi listrik di di belitang sangat memprihatinkan dengan kondisi voltase yang lemah hanya 110 volt, dan terkadang masih mati lampu yang tidak ketahuan apa penyebabnya. pada tekanan listrik yang hanya 110 volt di belitang harus bisa apa, semua bisa merusak alat elektronik rumah tangga. saya hanya mohon, kepada pemerintah daerah belitang oku timur, dimohon penerangan di daerah kita terutama belitang segera di perbesar menjadi 220 volt, jadi semua kegiatan yang ada di belitang tidak terhambat, saya ingin belitang lebih maju kalau pun bisa daerah kita ada transmisi station tv belitang khusus buat belitang yang program acaranya semua bisa menjelaskan dan mempertontonkan kemajuan belitang di media televisi. maksih atas perhatiannya.

    • Oby Prov Desember 13, 2011 at 10:00 am #

      mungkin dari segi keamanannya juga harus di tingkatkan ya !!…..
      Soalnya Grandong ada dimana – mana ?

  85. alip Oktober 13, 2008 at 11:08 pm #

    alamat email saya bisa di alip@globaltv.co.id

  86. darel_kasuluhono@yahoo.com November 14, 2008 at 3:58 pm #

    walaupun saya blm prnh datang ke belitang,,tapi saya kira asyik maen kesana,mgkn klo tuhan mengizinkan yah ,,,, tapi saya byk kenangan dg org belitang yg ternyata org jawa juga

    • wiwi gitara Maret 11, 2010 at 7:39 am #

      la wong belitang ki ramah2,,,, heheheheh

  87. HaGe November 18, 2008 at 5:46 pm #

    1.akhirnya,..ketemu jg akses ke orang2 belitang, OKU TImur, aq dari karangbinangun 1 BK 11.
    iya nie, gmana belitang kabare?
    2. u PLN….listrik juga masih sering mati lampu, voltase juga kurang gimana tu..
    3. oya, kemaren plang belum lama ini, jalanan sekrang suu kalo global dah lumayan bagus lo di sepanjang BK.
    4. boleh juga tu Global TV liputan ke Belitang, masih jarang kayaknya kamera masuk..

    bravo OKU TIMUR

    • namreh Juli 27, 2012 at 11:43 pm #

      lam knal,buat anak krbin,emang siapa asli namanya,q orang tetangga seberang,tepatnya d kilo 7 embun pagi

  88. agus November 21, 2008 at 8:17 am #

    Salam kenal Mas Yog….Saya juga Pujakesuma Mas, sekarang lagi di Palembang. klo kampung saya bukan di Belitang tapi di Pematang Panggang (Mesuji OKI) Mas, ya berbatasan dengan kecamatan Belitang. Pernah beberapa kali main ke Belitang. Belitang Memang daerahnya sudah maju banget Mas. Klo boleh membandingkan dengan Ibukota Kabupaten OKUT masih maju dan rame Belitang. Mudah2an kampungku Pematang Panggang juga bisa maju seperti Belitang.

  89. ROMY Desember 1, 2008 at 4:29 pm #

    Salam kenal mas prayogo….Mas saya tu budak dari BK I tepatnya desa Tj. Mas, tapi aku sekarang kuliah di Malang. Aku tu lahir di OKU, besar di OKU tapi aku masih keturunan jawa. Gimana mas kabarnya OKU Timur, masih rawan ya? Mas alamatnya sampean tu dimana (yang komplet yo), siapa tau jika aku balek ke OKU Timur aku bisa main ke rumahnya sampean. trimakasih

  90. anna Desember 11, 2008 at 5:41 pm #

    salam kenal mas..
    wah iseng2 nyari belitang nemu juga :D

    • yudi nugroho Juli 7, 2009 at 9:59 am #

      slm2 bwt sobat q (phrul, franky, haby, widi genduuut. pu2t, ratih, dita dkk) yg ada di mana aje brd….. ni yudi Nugroho alumni SLTP N 1 Belitang. (wong bk x tuguharum 1). salam sukses “kesuksesan dapat diraih apabila kita dapat mengafirmasikan apa yang ada dalam pikiran kita utk dpt mewujudkannya”.

      • sartono hadiwinata Juli 17, 2009 at 8:39 pm #

        kau SMA lanjut di YPB kan?

    • yudi nugroho Juli 7, 2009 at 10:04 am #

      anna tinggal dimana?

  91. lEO Desember 30, 2008 at 10:23 pm #

    Aku juga ikut bangga dengan belitang walaupun kampungku masuk ke kecamatan (dulu) Cempaka, sekitar 4 jam dari Gumawang. Saya alumni SMP Negeri 1 Tanah Merah lulus tahun 1986. jadi pengen mudik juga nich…

  92. rendi Januari 22, 2009 at 9:41 am #

    kalu aku sih seneng dong belitang sudah mulai maju walau masih ketinggal jauh sama kota kota lain. tapi ada wadah gak sih yang mentediakan berita – berita atau kabar dari belitang . kaena aku tidak di belitang dan biar aku bisa yau perkembangan belitang gitu lokalo ada kasih tau ya

  93. rendi Januari 22, 2009 at 9:51 am #

    halo wong blitang semua apa kabar . aku sangat senang sekarang belitan gdah mulai maju walau pun msih ketingglan sama kota kota lain. ada situs gak sih yang menyediakan kabar kabar dari belitang karena aku sekarang gak di belitang kalau da kasih tau ya

  94. woko Januari 22, 2009 at 8:31 pm #

    mas prayogo….mari kita bangun oku timur kita,caranya jangan hanya yang baik2 aja yang dipublikasikan tapi yang janggal2 atau yang merugikan masyarakat oku timur juga dipubikasikan agar dapat terdiaknosa oleh semua pihak……

  95. sapayona Januari 27, 2009 at 7:58 pm #

    Sebeuimnya saya ucapkan salam kenal kepada mas prayogo,coment saya mungkin sudah ketinggalan Omong2 dengan kemajuan belitang saya mau sampaikan juga pembangunan struktur belitang yang kurang mendapat perhatian satu contoh jalan yang dari Desa tugu harum masih berupa tanah(makadam) padahal desa ini bisa dibilang termasuk kota gumawang,iseng2 lebaran kemarin main2 ke gumawang Oaalah kok jalannya sama di tahun 90 an , (Masi banyak tanah merahnya) Ha ha ha ha ha .maaf nggak nyambung yaa.

  96. Rizki Februari 21, 2009 at 4:36 pm #

    Apa kbrX org2 Belitang[???????????????????????????????????]

    Caknyo lh maju belitang nech………………….
    Teruske be yo majui belitang…………….
    sorry kito dak pacak berpartisipasi d’sano sekarang……….

    Tapi tenang be….Amun lh sukses nanti Qto majui belitang kito terCinta……..

    KeEp SpirRrit…………

  97. Y Sugiyanto Februari 25, 2009 at 12:36 am #

    Thanks Dhen Bagus Yoga, sebagai orang yang jauh lebih tua, saya harus katakan bahwa sampean telah jadi sarana komunikasi orang Belitang dan sekitarnya (OBS). Akhir tahun 1969 saya telah tinggalkan Belitang dan sekitarnya, persisnya Desa Karang Binangun BK 12, ke Yogya (10 th) dst dst sampai kemudian ke Medan (20 tahun), Sampit Kalimantan Tengah (5 th) dan sekarng di Bogor coret. Akhir 2008 kemarin saya pulang kampung, lihat Belitang dan sekitarnya yang tentu sudah sangat berbeda dibandingkan 40 tahun yang lalu. Maafkan saya, karena sampai saat ini saya belum menyumbangkan apapun untuk Belitang dan sekitarnya

    • mirwan P. Hartawan Januari 10, 2012 at 4:34 pm #

      rasa cinta dan bangga kita sebagai orang belitang itu sdh sumbangan mas……..he..he..he (sama aq jg belum nyumbang)

  98. woko bk 15 Maret 10, 2009 at 10:17 pm #

    saat ini belitang lagi panen raya….1 minggu sebelum panen,harga beras Rp.4800/kg anehnya begitu panen mulai ramai harga beras turun sampai Rp.4200/kg dan seterusnya.apa penyebabnya apakah permainan tengkulak atau ekonomi petani,atau mungkin banyaknya hasil panen…..sekedar info lumbung beras nasional selalu kurang,jadi tidak mungkin klu meluapnya hasil panen menyebabkan turunya harga beras, bagaimana petani mau maju..padahal 90% masyarakat belitang adalah petani……mari kita bangun belitang……… terima kasih mas.prayogo………..

  99. newanto bk 15 Maret 17, 2009 at 12:26 pm #

    aku budak bk 15 tepatnya desa rejosari..aku merantau dah 10 tahun….ternyata blitang lah maju…..salam semuanya buat orang blitang…maju terus pantang mundur..

    • T.prambudi Juni 3, 2010 at 2:14 am #

      aku juga orang bk 15 rejosari. sekarang kerja di pengeboran minyak.salam buat semua kawan di belitang…terutam a aluni sdn rejosari. murid bpk alm S.PRAMONO

  100. Yudi Armansah Maret 24, 2009 at 8:53 am #

    Wes… Tambah rame mas Yoga..

    Memang lah wong belitang wis mengudara… hehehe..

    enake.. Lebaran sesuk kumpul wae, para bloger asal belitang.

    Piye mas ??.,

  101. prayogo Maret 24, 2009 at 11:07 am #

    Wah saya setuju sekali kalau lebaran nanti kita bisa kumpul2, khususnya para bloger asal belitang. Mungkin perlu kita buat semacam panitia kecil untuk pertemuan itu….

    Mohon tindaklanjutnya…..

  102. woko bk 15 April 28, 2009 at 11:13 pm #

    ngacung…daftar…… siap jadi panitia..menawakan diri hehehe….

  103. taufik Mei 10, 2009 at 7:25 pm #

    dk cuma di daerah belitang bae yang sering ado gerandong, tp di daerah mesuji makmur juga sering ado gerandong!

  104. eko is Mei 14, 2009 at 5:01 pm #

    hallo mas yoga salam kenal aku wong bk 12

  105. eko is Mei 15, 2009 at 5:48 pm #

    salam super kangge tiang belitang sedoyo

  106. sudaryanto Mei 19, 2009 at 11:59 am #

    Salut… buat bocah BELITANG…..

    Mas Prayogo selamat ya….
    Salam kenal dari saya. Begitu bermacam – macam coment orang belitang, saya dilahirkan di desa Margomulyo, Belitang II dan saya keturunan orang jogya yang transmigrasi di tahun 1970. Saya tambahkan lagi bahwa belitang masih punya satu industri yang belum di sebutkan. Industri perkebunan Karet, Desa saya dulu kehidupan masyarakatnya berladang ( petani) dengan adanya program Perkebunan Inti Rakyat (PIR) pada tahun 1987 alhamdullilah dapat dinikmati mulai tahun 1993. Pada masa itu belum terlihat perubahan yang signifikan. Kemudian di tahun 1998 harga terus naik hingga mencapai 13.000 per kg. Padahal saatitu krisis moneter yang melanda negara kita sebagian besar menangis. kesejahteraan masyarakat pun terus meningkat hingga saat ini.
    Jadi Kec belitang bukan saja lumbung padi bagi sum-sel tetapi juga sebagai tempat industri perkebunan karet.

    Terima kasih atas adanya web ini. “BERKEMBANG TERUS BELITANGKU”

    Salam

    Sudaryanto

  107. taufik wong mesuji makmur Mei 29, 2009 at 9:08 pm #

    mang d tmpt kau tu banyak dak gerandong! aman aku banyak nian gerandong. kalo pacak di basmi bae bareng2! soalnyo tempat aq dk do polisi.

  108. maryadi Juni 1, 2009 at 10:09 pm #

    mas coba lebih bagus lagi kalau di tambah gambar biar orang bisa liat kesuburan tanah belitang yang di katakan sebagai lumbumg padi bagi sumatera selatang,
    dan saya tinggal di bk 16 tepatnya di desa karang sambung or sukamulya
    sampean sendiri orang mana mas

    • ali makhrus Agustus 26, 2010 at 7:10 pm #

      sori ya mas nebeng kertasnya, aku dari desa sriwangi belakang mts tapi aku sekarang msh di malaysia kerja sebagai kuli bangunan?

  109. prayogo Juni 2, 2009 at 8:58 am #

    Buat mas Maryadi, terima kasih sekali atas kunjungannya. Asal saya dari Bk. 6, Ds. Sukarame, OKU Timur.

    • sartono hadiwinata Juli 17, 2009 at 8:31 pm #

      mas aku salut bwt karya anda, teman – temanku jadi tw ky mana kampungku disana..

    • jie Agustus 26, 2009 at 4:12 am #

      salam buat darsono dari temennya bk 6 SRIMULYO yah skrg dia dmn?

  110. Irwan Juni 15, 2009 at 1:33 pm #

    Mas, Salam Kenal saya juga dari Belitang. sekarang di Jakarta
    kunjungi juga cerita saya tentang Alumni SMAN1 Belitang
    di http://vbasic6.wordpress.com

  111. eko is Juni 16, 2009 at 7:40 pm #

    mas yoga

  112. dayat Juni 19, 2009 at 7:48 pm #

    mz,seneng sampeann iso cerito kelahiran deso ku?aku yo wong jowo, tp lahir neng blitang bk 3, rawa bening, cerak pasar! tp aku saiki neng jakarta.truz mz prayogo saiki neng di?

  113. INDRA WILUYO Juli 4, 2009 at 9:04 am #

    Saya sangant seneng banget atas karya tulis kang ogo, mudah_mudahan masyarakat belitang makin perduli dengan kampung halaman kita, semoga belitang tambah maju dan berkembang apalagi di pimpin oleh bapak deru.
    memang belitang daerah yang ter indah bagi kita semua.
    salam kenal dr INDRA salah satu mahasiswa yang ada di palembang.
    asal dari kampung BK 6 sukarame.

  114. sartono hadiwinata Juli 17, 2009 at 8:28 pm #

    selalu salut bwt belitangku

  115. Rudy Agustus 6, 2009 at 10:49 am #

    Assalamualikum, saudara saudaraku—Aku pulo wong Belitang, di BK 0, desa cipta mudo,Buay Madang. kalau ke Gumawang tu, dari martopuro pasti lewat rumahku, pas pinggir jalan. SMP ku neng Mudosentoso,sadurunge neng SMP sumber asri, BK telu, mugi mugi wonten kanca se angkatan tahun 1982—saiki aku neng Jakarta, wis merantau ke Padang, Sulawesi (Soroako), Kalimantan (timur, selatan), terahir iki mbalik neng Jakarta.Insyaallah lebaran iki mulih sik neng Belitang, ruindu… buanget deh..salam buat teman teman sakabehe…

  116. ayub Agustus 25, 2009 at 7:58 am #

    assalamualikum,buat orang belitang piye kabare saiki,apik apik wae.
    aku sih bukan orang belitang ,tapi pernah ke belitang sudah agak lama,aku mau tanya kondisi keamanan belitang skarang pasca pembentukan OKU timur,apa sudah lebih aman?karena yang aku tau dulu kalau orang belitang kluar malam selepas maghrib atau malah sore ga berani sendirian pake motor / khawatir motore di jaluk wong alias di rampok.aku banyak denger cerita perampokan motor siang bolong ,atau sapi diambil dll.Mudah mudahan skarang dah aman ya mas.biar belitang tambah makmur dan maju menuju kota terpadu.Kalo dari segi kesejahteraan orang belitang memang sudah rata rata sejahtera terutama pendatang (jawa).cuman masalah keamanan agak kurang.Dulu kesan ku kalo ke belitang slepas keluar dari bakauhuni begitu asing,karena mobil yg aku tumpangi berangkat malam ga berani sendirian selalu konvoi,lain sama di jawa.apalgi selepas martapura menuju belitang aga gimana gitu.Tapi mudah mudahan skarang dah aman ya mas.buat aparat tolong keamanan di tingkatkan kalau perlu tembak di tempat biar gerandong kapok.terima kasih salam buat warga belitang smua.

  117. FLASH JUGA Agustus 30, 2009 at 11:54 pm #

    assalamualikum,…..salam kenal buat mas prayogo…………………….
    saya orang belitang tepatnya di RANTAU JAYA belakang SMAN1 Belitang ( kalau dulu tanah merah KV 5) yang jelas gak susah lagi mencari kawan apa lagi dah ado tempatnyo di sini, cerita tentang kampung halaman kita dan perkembangannya……….
    apa lagi orang belitang sudah banyak tersebar di beberapa daerah di indonesia jadi mereka yang gak sempat pulang kampung bisa mencari tahu keadaan kampungnya di sini, o. iya sedikit cerita mas prayogo.
    saya alumni dari jogjakarta alhmdulillah sudah selesai sekarang mengabdi di okutimur ( belitang ) menjadi pendidik di SMAN di belitang, kalo ada adik2 atau saudara yang mau main kejogjakarta sudilah kiranya maen ke asrama kita IKPM OKU TIMUR YOGYAKARTA (Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa OKU Timur), mas prayogo kalau bisa ditampilkan foto2 nya juga biar tambah asik, OKU TIMUR SEMAKIN LAMA SEMAKIN BERKEMBANG PEMBANGUNANNYA, SUDAH ADA OKU TIMUR POST, WARNET BANYAK, DAN GAK KETINGGALAN UNTUK BUPATI KITA
    H. HERMAN DERU SELAMAT DAN SUKSES TELAH MENDAPATKAN PENGHARGAAN LANGSUNG DARI PRESIDEN KITA SOSILO BAMBANG YUDHOYONO.

    SEBIDUK SEHALUAN OKU TIMUR SEMAKIN MAJU
    terimakasih

  118. yhogi Oktober 19, 2009 at 3:52 pm #

    I LOVE BELITANG

  119. yhogi Oktober 19, 2009 at 3:54 pm #

    saya bangga juga dengan pendidikan oi belitang

  120. Arif Wibowo Oktober 24, 2009 at 6:36 pm #

    i love u belitang,,

  121. heru November 8, 2009 at 12:26 pm #

    Belitang memank the best

  122. ipikriyadi November 19, 2009 at 10:21 am #

    salam untuk orang belitang, aq orang bk 16 asli komring,aq dr tahun 1994 sudah meninggalkan belitang, pindahke jakarta,posisi rumah qu persis depan pasar petanggan, aq sangat rindu sekali kampung halaman qu sekarang belitang maju pesat mulai dari pertanian sampaike perkebunan,aq sudah lama g pulang sukses untuk belitang

    • Albertus Edy Basuki September 3, 2011 at 11:41 am #

      riyadi aku wong belitang alumni sma xaverius belitang th 1991 kenal temanku rosdiana tingal di pertangan bk 16 dekat masjid nama lengkap albertus edy basuki ( FB) salam sukses buat belitang terus maju uuu

    • iskandar ca putra cahya ani asli kombet alias pujakesuma Desember 26, 2012 at 7:47 pm #

      sama dong saya juga asli kelahiran petanggan meninggal kampung th 1988 sekarang di jawa timur madiun bekerja di bekasi asli kombet desa saya di trimoharjo bk14

  123. neli November 19, 2009 at 2:19 pm #

    mas saya anak gumawang bk 10 pasar lama sdh lama tidak balik kampung pengen nyari teman lama smp ypb lulus th 1986

  124. maryadi November 20, 2009 at 7:05 pm #

    selamat dan tambah maju terus belitang ku, salam kenal semuanya dari saya,

  125. forum mahasiswa islam belitang FORMASIB November 20, 2009 at 7:07 pm #

    MELALUI ORGANISASI INI SAYA INGIN MEMAJUKAN BELITANG UNTUK SELALU JAYA,……………..

  126. iwan.st Desember 2, 2009 at 8:36 pm #

    ASLMLKM mas Yoga,, lam knl drqu iwan ank (JATISARI MADANG Suku 1)..,aq sk ma artklny n qu tngg episode slanjutnya moga sukses sll,, untk Belitang moga smakin maju.

  127. saifudin Desember 14, 2009 at 9:31 am #

    aku di lahirkan di blitang,,pengen sekali aku berbuat sesuatu untuk blitang,,
    di kota kecil itu aku di lahirkan dan di besarkan penuh kasih sayang…andai aku bisa aku ingin kembali ke blitang lagi…dan mengapdi untuk daerah ku…semoga blitang lebih maju dan melahirkan generasi muda yang berprestasi yang berguna bagi agama,bangsa dan negara…amiiieennn..

  128. Erwanto Slamet Priyono Desember 21, 2009 at 10:47 pm #

    Prayogo Yth..
    Salut dengan cerita anda…benar adanya Belitang khususnya sekarang lebih maju pembangunan pesat pengetahuan masyarakat dan pengenalan IT remaja juga bertambah hebat…
    Saya juga Pujakesuma lahir di Desa Kumpul Rejo BK.4 Kec. Buay Madang Timur kurang lebih 13 km dari Belitang…
    Semua pembangunan lancar namun listrik kita masih minim voltase entah kapan akan stabil…kita tunggu aja…BRAVO BELITANG…Thanks semuanya…amien..

  129. hadi Desember 25, 2009 at 11:49 pm #

    Perkenalkan sy Hadi asal dr Malang,,sdh lbh dr 30thn ibu sy mencari saudaranya yg bernama MUHAIMIN(biasa dipanggil Mas Temu)jg berasal dr Malang,yg wkt itu berada di OKU,tp ibu sy tidak tahu alamat tepat,krn sewaktu ibu sy main ke OKU 30thn lalu masih blm spt skg..sy bharap dr anda2 sekalian yg kenal dg saudara Ibu sy,,bs hub sy di 081311299744,sy bharap Ibu sy dpt menemui saudaranya..trm ksh.

  130. edawati Desember 26, 2009 at 4:16 pm #

    saya anak belitang asli, ibu bapak orang gumawang tapi saya dari kecil sampai sekarang tinggal dijakarta, saya ingin kembali kesana tapi karena faktor pekerjaan dan keluarga tinggal dijakarta saya hanya sekali2 datang ke belitang bk9, saya pernah bisnis di belitang tapi gatot (gagal total) tapi saya yakin suatu saat saya pasti kembali kebelitang dan ingin bisnis kembali dan saya yakin pasti berhasil dan saya ingin melihat belitang maju terutama penduduk aslinya ok.

  131. adi irawan Januari 8, 2010 at 11:15 am #

    Aku bangga jadi orang belitang, walaupun di dengar itu perkampungan, tapi belitang OKUT itu sangat maju dan makmur. daerah persawahannya luas, perkebunan banyak, dan lain sebagainya.sekarang OKUT sidah dijadikan KOTA TERPADU MANDIRI.dai situlah kita bisa lihat. betapa majunya kota belitang.
    belitang…..tanah kelahiranku.
    aku besar di belitang.
    aku berhasil di berlitang.
    dan akupun berakhir di belitang..

    • maya sari Februari 5, 2010 at 2:01 pm #

      amiiiinnnn…
      moga belitang jadi salah satu daerah yang membanggakan bagi kita semua.

      • ades Oktober 10, 2010 at 11:31 am #

        yo qu jgo bangga jdi wong blitang walaupun kto wong blitang deso tpi enaak nian hidp di sno…. aku pngen blek ke blitang…!

  132. amarmuslimin(mimin) Januari 17, 2010 at 10:27 pm #

    amar muslmin(mimi

    ga nyangka belitang nongol d internet… jadi makin bangga saya jd orang belitang,walau sekarang saya tnggal d jakarta…. tp saya tetep mrsa orang belitang,mudah”an ke depanya belitang tambah maju…
    oia… klo bisa ke dpanya desa saya d masukin dong… biar tambah keren gitu.. he..he.. nma desa saya srimulyo…. bk 16…

  133. Andhy Moultow Februari 18, 2010 at 10:22 pm #

    Allhamdullillah……
    sekarang kota kelahiran ku dh banyak dikenal oleh orang2 luar..
    Jadi pengin pulang neh ke Belitang..

  134. leny fitriah Maret 2, 2010 at 11:03 am #

    Belitang adalah tempat yang selalu aku banggakan So Belitang adalah tempat kelahiranku dan semua keluargaku tinggal dibelitang. Saaai ini aku kangen banget sama keluargaku jdi pengen pulang kumpul2 sama keluarga….

  135. sukamto Maret 5, 2010 at 1:16 pm #

    saya lahir di tanjung mas bk 3 pd thn 1973, dari jaman saya kecil memang belitang sdh terkenal pertanianya,namun saya di besarkan di cahya maju dsn 2( bk 30 batas aliran air irigasi ) hingga tamat sma dan ahirya saya hijrah ke jakarta. alasan saya hijrah kp. saya tdk sebaik daerah belitang yg irigasinya tdk kenal musim yang membuat saya tdk punya ide ide utk pertanian krn tdk adanya air, sedangkan di kpg. saya hanya mengandalkan air hujan hingga sampai saat ini . saya juga pengen jalur irigasi di sambung hingga ke daerah persawahan lainya .karna kp.saya juga wilayah persawahan namun tidak ada irigasinya.HINGGA WILAYAH KITA MENJADI LUMBUNG PADI YANG TAK TERKALAHKAN.giTuuu BunGG???????
    O iya nama saya juga “O” sukamto

  136. wiwi gitara Maret 11, 2010 at 7:36 am #

    peh……. belitang,,,, mantap yo,,,,,
    heheh masuk internet,,,,
    belitang maju teruuuuuuuuuuuuuuus////// oce……

  137. Iwan Sofuan April 17, 2010 at 8:23 pm #

    mantap…………………
    ini memang tiada duanya……………
    sukses belitang, tempat aku sekalah dan tumbuh jadi dewasa, banyak kenangan manis sama kawan2, aku alumni SMA PGRI belitang angkatan 87/88. maju terus kampungku tak kan kulupa kan kau dari hati ku.aku asli komring Rasuan gudangnyo duku ………………..

    sukses ya.

    Iwan Sofuan

    • s Mei 11, 2010 at 3:29 pm #

      Ass,
      Sy dari Tanjung Sari , tinggal di Sidowaluyo BK XII, alumni SMEA PGRI BELITANG BK XI angkatan 87/88, yang sekarang menjadi SMK PGRI 2 Belitang.
      Belitang pancen OY… smpk sy tidak bisa melupakanmu BELITANG, kenangan manis dan pahit yang saya alami membuat saya ingin kembali, meskipun sy bkn orang Belitang…….. I LOVE YOU BELITANG, Maju Terus dan Sukses Selalu Yaaa…..

  138. yana Mei 15, 2010 at 12:35 pm #

    aku kangen dengan daerah belitang ,rasanya pingin pulang kalau ak melihat gambar daerah sana,tpi sayang tidak ada cuti …….

  139. Sujianto Mei 21, 2010 at 1:03 am #

    Salut buat Belitang. Saya dari Lampung Tengah. 4 hari berkunjung ke Belitang. Saudaraku banyak yang tinggal di Belitang, di BK-9 dan BK-14. Semua persis dengan yang anda gambarkan.Saya sudah melihat lokasi pembangunan Kota Terpadu Mandiri. Semoga Belitang semakin maju dan berkembang.

  140. Efri Lestari Mei 26, 2010 at 10:18 pm #

    Ya. Saya tau Belitang ini mempunyai prospek yang bagus. Dgn kondisi alam yang mendukung. Tinggal bagaimana kreatifitas SDMnya saja. Menurut anda apa yang menjadi kendala untuk kemajuan Belitang, apa upaya yg harus dilakukan supaya para SDM tidak meninggalkan kampung halaman..??
    Masih banyak faktor2 kelemahan Bltng ini. Secara teknis, fasilitas sangat tdk mendukung. Contoh : Seringnya mati lampu.

    Belitang’s Rahmatan Lil’alamiin

  141. hakriswanto Mei 30, 2010 at 7:17 pm #

    aku arek surabaya yang punya saudara dari ibu yang tinggal di belitang. tepatnya desa karang menjangan bk 25. Adakah yg dapat memberi informasi daerah tsb.

  142. sulistyo af Mei 30, 2010 at 10:33 pm #

    luar biasa bagus sekali buat komunitas bosss

  143. heru prayogo Juni 3, 2010 at 10:52 pm #

    wah….wah….., akeh tenan komene,,,,,,,,,,,,, web’e di gawe seng tambah akeh and apik kata2ne, ben podo reti karo seng jenenge belitang…….

  144. sumardi Juni 6, 2010 at 3:15 pm #

    Blognya oke juga mas, dadi inget kampung, saran aja.. tampilan fotonya banyakin lagi ya mas,

  145. nurul Juni 7, 2010 at 3:22 pm #

    makin hebat belitang, sy dl jg besar di sana….perbnyk foto profil belitang dong mas….

  146. sumardi Juni 10, 2010 at 9:55 am #

    Sudah ada facebook / twitter belum mas? khusus untuk orang belitang & sekitarnya untuk saling tukar informasi seputar kampung belitang dan menjalin persaudaraan biar tambah seru lagi bozzzz…..

    • prayogo Juni 10, 2010 at 10:17 am #

      @ Sumardi:

      Mas Sumardi, terima kasih atas kunjungannya ke blog ini. Untuk komunitas orang Belitang di Facebook, silahkan kunjungi Belitang Oku Timur Comunity.

      Demikian.

      • sumardi Juni 10, 2010 at 1:23 pm #

        Ok, Thanks ya bozz….

  147. tino Juni 16, 2010 at 6:55 pm #

    jadi pengen pulang ke belitang

  148. ky komring Juni 19, 2010 at 5:04 pm #

    q cinta belitang q cinta oku timur “jangan lupakan sejarah” dr mana km berasal dan jangan sukuisme karena itu yg membuat perpecahan

    • elymanto Agustus 20, 2010 at 1:51 am #

      benar kiyai, itulah istimewanya di belitang. aku tinggal di gumawang sejak tahun 1962 sampai kutinggal merantau ke jakarta tahun 1974, tidak pernah terdengar keributan antar suku atau agama disana. Karena kerukunan antar suku disana dan masing-masing saling menghormati ke bhinnekaan.
      Info tambahan buat mas prayogo, suku dibelitang juga ada selain jawa; seperti, Bali (didesa Nusa raya,n.bakti dst.). Lampung (kiting), Ogan.

      BRAVO BELITANG.

      SEBIDUK SEHALUAN OKU TIMUR SEMAKIN MAJU
      terimakasih

    • jln.h awi no.2 bekasi Desember 26, 2012 at 7:04 pm #

      saya meninggal belitang th 1988 tamat sekolah juga tahun itu juga alumni stm yplp pgri jurusan listrik alumni pertama smp negeri krg binanggun bk11 alamat kampung di belitang nya desa trimoharjo bk14 kp 111 meninggal kan kampung tahun itu juga sekarang menetap di jawa timur khusus nya di kota madiun dengan maju nya kota ku belitang saya ucapkan jaya lah slalu kota ku bagi temen temen khusus nya wong kito galo ora mandang kuwi tiang pundi tak tompo neng facebook ku iskandar can@yahoo.com masalahe aku yo wong komering tulen sing wis dadi wong jowo dan tak lupa bagi alumni smp n krg binangun wis yo lain x di sambung radu pay yo donti di sambung lagi tak tunggu di facebook

      • iskandar ca putra cahya ani asli kombet alias pujakesuma Desember 26, 2012 at 7:13 pm #

        buat teman teman ku yang berada di gumawang,petanggan tempat kelahiran ku dan tak lupa buat kyai duan ayuk erna,dan keponakkan ku yang ganteng dan cantik cantik yang jelas aku kangen kampung halamanku ,nyak ngiram, dengan ini saya melihat kemajuan kota ku aku bangga sbg putra okut jaya lah slalu

  149. ryan Juli 26, 2010 at 11:52 pm #

    belitang tanah kelahiranku,tpat ny di BK 11yosowinangunke.Belitang Madang Raya,aku bangga mnjd orng belitang…pokokny buat blitang,aku Cinta Belitang….Sukses slalu….

    • Sumardy Maret 26, 2011 at 3:30 pm #

      yosowinangun mana ya???? lam kenal ya…. dari orang kampung sebelah… Kr Bin Kp II, Tapi saya saat ini tinggal di Tangerang Kota…..

      • namreh Juli 27, 2012 at 11:54 pm #

        lam kenal mas sumardi,bicara tentang krbin q agak kenal lho orang2 krbin kp 2,q orang kilo 7,herman

    • iskandar ca putra cahya ani asli kombet alias pujakesuma Desember 26, 2012 at 7:19 pm #

      guay kawan kawan say wat di belitang,petanggan,trimoharjo bk14 aku tunggu khabar nya dan saya menunggu teman teman ku yang dulu kemana nya tolong info nya

  150. Jabon Juli 31, 2010 at 11:22 pm #

    kalau kamung saya masih di daerah pegunungan …. jadi sawahya terasinging …..

  151. Jabon Juli 31, 2010 at 11:22 pm #

    namun udara di kampung saya masih sangat sejuk dan nyaman …..

  152. Jabon Juli 31, 2010 at 11:23 pm #

    san kampung saya berada di daerah sukorejo kendal jawa tengah ….

    ok salam kenal saja ya …. salam sukses

  153. Achmed Agustus 6, 2010 at 4:06 am #

    Kalau dengar nama belitang hatiku langsung teriris. Airmata tak bisa dibendung. Aku dulu pernah punya tambatan hati disana. Sekarang ia sudah bersuami tapi kami tetap saudara. Kalau ada yang kenal nurazizah guru sman1 belitang tolong sampaikan salam saya untuk dia. Terimakasih. Dia anak purwodadi bk 16. Salam dari saya achmad cilacap

    • azmy Agustus 20, 2010 at 8:39 pm #

      mas awake podo, aku juga pernah kehilangan yg sangatttttttttttttttt. skrg dia sudh jadi mlk org, tp kita hrs ikhlas mas. andai ada alumni sma negeri 1 bltg angkatan 1984/1985 yg membaca celotehku ini, titip slm buat mbak Nurma kls 3 ips 3. buat mas acmed salam suces selalu

  154. Romsyah Agustus 12, 2010 at 11:34 am #

    Wah makin rindu rasanya untuk segera Pulang Kampung,,,apa lagi sekarang bulan Puasa,,,dan serasa sudah makin dekat aja sama kampung..

    Salam buat semua dari aku anak Belitang (Romsyah BK X puncak 3)

    • didik Agustus 20, 2010 at 4:12 pm #

      ini bener wak adit y…….

      • Romsyah Agustus 25, 2010 at 9:12 am #

        Iya Dik

  155. ita' Agustus 19, 2010 at 3:57 pm #

    boleh tanya ggak mbak, bus di belitang ada nggak yang menuju surabaya?
    yang dari belitang langsung… bukan dari martapura.

  156. adam's tantowie Agustus 20, 2010 at 4:09 pm #

    OKU TIMUR sejuk hawanya……….
    Belitang banyak pelajarnya……….
    Banyak suku beragam budaya………..
    tapi kita tetap satu jua…..

  157. Marsudi Agustus 25, 2010 at 9:42 am #

    wah memang benar Belitang cepet perkembangannya… aku asli belitang dari desa Kutosari Belitang III.. aku dah lama merantau.. mulai dari ke Ciamis, Jogja dan sekarang di Depok… memang dibandingkan daerah2 jawa belitang ga kalah… Salam Kenal dari aku Marsudi Eko Santoso……

  158. gopex blt Agustus 26, 2010 at 11:23 am #

    wah…jd pngn pulkam nh….tambah lg dong photo” nya….

  159. Maftukhah September 28, 2010 at 3:53 pm #

    hmmmmmmm bagus ya ceritanya?
    hehehehehe

    gek q mampir tempat kau yo?
    dari tempat nenekku deket nian uy ( rasuan )…:D

  160. ekohandoyo Oktober 5, 2010 at 11:21 am #

    hallo mas yogo blh kenal kan,saya juga orang blitang tinggal di Bk 6,tugas di aceh sekarang sdang dik di bogor

  161. ageng_raha Oktober 20, 2010 at 9:41 pm #

    bwat putra-putri remaja belitang, bkinlah belitang bangga pada kalian…
    bangga akan prestasi yg klian capai(positif).

  162. ahmad ali Oktober 26, 2010 at 10:13 am #

    SALAM mbois, by SUKARAJA CITY BK.O

  163. potret oku timur Januari 9, 2011 at 2:30 pm #

    maju terus belitang, maju terus oku timur, maju terus indonesia, jangan lupa mampir tempat ku ya???

  164. rina bk 16 ptggn Januari 19, 2011 at 9:58 pm #

    saya asli belitang,buat tmn2 alumni Smpn 4 cempaka angkatan thn 1994,salam kangeeeeeen..kpn kt reunian lg,buat mas yogo salam kenal..?
    pokoknya BELITANG is the best.

    • iskandar ca putra cahya ani asli kombet alias pujakesuma Desember 26, 2012 at 7:28 pm #

      salam kenal juga aku juga kelahiran petanggan alumni pertama smp negeri krg binangun sekarang di jawa timur madiun bekerja di bekasi timur teman akrab saya dulu jailani hda saya tunggu balasan nya

  165. JOKO SANTOSO Januari 28, 2011 at 9:48 am #

    Saya orang BK 1 tempat saya Di sritanjung atau sekarang di buay pemuka bangsa raja…..maju terus OKU…!!!!!!

  166. ana komering (bk 20) Januari 30, 2011 at 6:48 pm #

    alhmdulilah..saya ni jga orang sli belitang .. orang komring ulu..aku snng skli mmbcnya..stlh skian lma nya aku mrntau di riau (pekanbaru) .. aku jdi pngin plng ke kampungku ..desa batumas….mksh britanya..

  167. warsono Maret 6, 2011 at 8:31 pm #

    Semoga Belitang dan OKU TIMUR lebih maju lagi , semoga ada yang mau nulis tentang pariwisata OKU TIMUR dan tentunya dengan jaminan keamanan nya

  168. Ade Supendi, Sp Maret 15, 2011 at 8:50 am #

    Alhamdullah ternya kampung halamaku sekarang sudah mulai tertata rapi dan sebagai putra daerah mari kita tunjukan bahwa belitang akan menjadi salah satu kota wisata karena kekayaanya Khususnya dilihat dari segi pertanian semoga kota Belitang dapat di kenal bukan hanya di indonesia tercinta tapi bisa ke Mancanegara amien.

    • pupud April 5, 2011 at 3:23 pm #

      amiin, sukses ajja buad belitang KTM

  169. dira April 25, 2011 at 3:38 pm #

    amin….ya mudah-mudahan belitang menjadi lebih baik,baik sarana maupun prasaranaya..lihat tuh,jalan baru dibangun kok dah rusak…(hemmm kok bisa ya???hahahah)….

  170. pemeditasi Mei 24, 2011 at 10:45 am #

    Salam kena,
    Saya Pak Djumadi, pernah hidup di Muda Sentosa (BK I), sekarang di Yoogyakarta, 4 tahun lagi pensiun. Suatu hari bila saya bisa ke daerah Belitang, saya akan mampir. Terima kasih dan selamat berjuang!

  171. wahyu Juni 4, 2011 at 1:48 pm #

    slm kenal gan,,saya orang jawa tengah tepatnya wonosobo,tpi pernah brdomisili di belitang bk 10,tepatnya di harjomulyo km 3 rasuan,kan di harjomulyo lagi di bangun KTM sudah jadi blum ya…

  172. fauji Juli 3, 2011 at 4:38 pm #

    wah salut buat penulisnya..
    sy juga kelahiran blitang bk 2..
    saat ini telah menetap di jakarta kira2 10 tahun,
    alkhamdulillah saat ini ada usaha kecil2an..

    ingin sekali buka usaha di kampung..
    tapi masuh kwatir masalh keamanan…

    image yang melekat bahwa blitang RAWAN sulit untuk di hilangkan….

    • Sartono / Adjust September 19, 2011 at 3:11 pm #

      salam kenal buat temen – temen yg ada di belitang, aku lahir di desa Donoharjo BK-6, sekarang menetap di Kota Bekasi, tepatnya di wilayah Kota Legenda,.
      Kalau bicara soal Belitang emang gak ada habisnya dah, apa yang udah di tulis temen2 diatas semua bener, yang kurang cumas satu, kenapa aku gak punya banyak tanah di sono, cuma biarpun begitu ( ke jakarta aku kan kembali ), Belitang Tanah kelahiranku, cintaku, hidup dan matiku………!

  173. Ilal qoiri September 22, 2011 at 7:21 pm #

    Mas aku asli putra blitang 3 asli nusa tenggara emang mas oku timur banyak kemajuan. Tapi bayak jugo kekurangan contoh bangunan jalan sejak aku lahir sampek mak ini lum pernah ngerasoke jalan lemak. Mon dak pecayo jingok bae mak mano jalan nusa jaya nusa tenggara

    • pupud Oktober 5, 2011 at 10:47 am #

      hhe..
      bener banget itu. kemaren aku berkunjung kerumah keluarga di belitang, eeh, pas lewat nusa tenggara jalannya masih jelek !
      perlu di perbaharui itu :)

  174. pupud Oktober 5, 2011 at 10:41 am #

    hmm, dasyat banget infonya..
    cukup memuaskan bagi saya yg aslinya kelahiran belitang :)
    sukses buat belitang yg skarang kabarnya pendidikannya semakin maju. sdah banyak universitas yg didirikan .

  175. rhonysyn Oktober 16, 2011 at 12:15 pm #

    untuk sahabat blogger belitang, main2 dong ke gubuk ane yak…??
    Toko Flamboyant Gumawang http://flamboyant-interior.blogspot.com/
    terima kasih banyak yo…??

  176. SUKRI. MR November 20, 2011 at 9:22 pm #

    dengan membaca tulisan mas “Prayogo” bangga rasanya jadi putra belitang, terobati rasanya setelah sekian lama meninggalkan kampung halaman, mas prayogo sekaligus mengingatkan masa-masa kecil sampai ke SMA Negeri 1 Belitang, aliran sungai membuat ingatan kita segar kembali………… selamat mas….. maju belitangku

  177. Oby Prov Desember 13, 2011 at 10:13 am #

    Salut buat MAs Prayogo selaku penulisnya, gemetar saya mbacanya jadi pingin pulang KAmpung ,…… ingat ngejar – Ngejar Bus MINANGA mau berangkat sekolah , karena Bus nya gak mau di hentikan ama anak sekolah ( bayrnya cmn Rp.100 ) he..he..
    Ayo podo Ndaut .. wes musim Tandur !!!!

  178. mamad Desember 20, 2011 at 11:17 am #

    saya juga punya memory kecil ketika di belitang..
    MAN gumawang. yah…
    semakin jaya aja belitang…
    lanjut mz prayogo

  179. Ira Wahyuni Januari 8, 2012 at 1:45 pm #

    terima kasih ceritanya…aku butuh info ttg belitang dan ku dapatkan dari tulisan ini..
    yah begitulah suku jawa, rajin, gesit dan ulet…dikampungku jg ceritanya bgtu…ttp masy jawa hy sedikit…jd kemajuannya jg lambat….
    sejak ada transmigrasi dari jawa, kampungku jadi sedikit maju terutama di bidang pertanian….sehingga penduduk asli disebut “pemalas”….enak tak enak deh…ye…ye..ye…

    ceritakan ttg kampungmu…yuk berbagi cerita

    • S Cannavaro Januari 9, 2012 at 2:45 pm #

      pemalas???
      ati2 mbak kalau komen..

    • SolihinSyam April 2, 2012 at 11:19 am #

      “pemalas” ya jangan gitu lah mari kita budayakan saling membangun, memang sih perantau itu lebih gigih ketimbang penduduk asli, seperti di jogja penduduk asli banyak yang tinggal di luar kota, ke Gunung merapi, ke kali code dll hampir jadi suku (maaf) terAsing, spt di sepanjang jln maioboro tinggal satu toko yang pemilihknya pribumi, tapi lain di belitang pemilik toko di pasar gumawang hampir pemiliknya orang pribumi yang penghasilannya rata-rata………… takut aku kasih tau nanti banyak yang pengen, itu baelah. Di BK 10 ( gumawang ) ada TKIT At-Taqwa yang menawarkan pendidikan berkualitas, full dengan kasih sayang uang masuk tahun ini Rp 3,600,000.00, alhamdulillah peminatnya melebihi koata yang ada.

    • iskandar ca putra cahya ani asli kombet alias pujakesuma Desember 27, 2012 at 8:19 pm #

      ojo gono mbak lek komen sing bener aku asli wong belitang khusus se deso trimoharjo bk14 neng jawa timur wis 18 tahun kabeh kuwi sami mawon

  180. Zheny purwanti Januari 9, 2012 at 2:39 pm #

    Wah blitank. . .
    Sukses selalu ya?

  181. Sigit Januari 22, 2012 at 12:04 pm #

    Saya juga orang Belitang, dan saat ini rutin selalu ke Belitang,.1 BULAN bisa 1 -2 x ke belitang. Trims anda telah berbuat mengangkat nama Belitang bahkan OKU Timur, Namun USUL SEDIKIT : Membaca artikel ini SAYA SANGAT MIRIS sbb yang di tonjolkan diartikel ini adalah keberhasilan. Tapi rasanya kita tidak buta dengan banyaknya Kegagalan. Kenapa spt Tegangan Voltase PLN yang tak stabil bahkan sering mati (Minimal 3x/hari) atau Jalan yang banyak hancur kayak kubangan kerbau. Atau KKN-nya tinggi (masuk PNS Minmal 100 Jt) atau Mau dapat tender, harus setor upeti dulu ke pejabat daerah. MENGAPA TIDAK DIMUAT DIARTIKEL INI. Janganlahlah kita BERPIHAK dalam memberikan Informasi ada baiknya kita Obyektif. KALAU SEPERTI INI, Ini informasi KAPAN ORANG INDONESIA bisa MAJU.

    • Andik Santoso April 13, 2012 at 12:49 am #

      KALO PEJABAT BELITANG MO PADA KKN, TERSERAH, TOH RAKTANYA PADA MAKMUR, KALO JALAN PADA ANCUR, WAJAR, KARENA KESUKSESAN ORANG OKU TIMUR, JADI BANYAK YANG MEMBELI KENDARAAN RODA 4,TERUTAMA TRUK, MAS KAN SERING KE BELITANG, TENTU MAS TAU KAN? COBA AJA MAS ITUNG, DALAM 1 MENIT, BERAPA AJA KENDARAAN LEWAT,

      • Dedi Purnomo November 21, 2012 at 11:18 pm #

        Bukan hanya truk loh mas yang bisa ngancurin jalan. Mobil pribadi juga bisa ngerusak aspal. Bahkan kerusakan yang ditimbulkan oleh mobil pribadi itu lebih dahsyat.
        TERUTAMA MOBIL PRIBADI PEJABAT YANG DIBELI DARI DANA APBD YANG SEHARUSNYA UNTUK MEMBANGUN JALAN RAYA.

        Tapi yah saya yakin kok kalau jalan di OKU Timur rusak BUKAN karena dana pembangunannya yang dialih fungsikan untuk membeli mobil pejabatnya…!!

        Semoga saja.
        Amiiin. :)
        hehe,,

    • zainal abidin Maret 14, 2013 at 7:53 am #

      saya ikut setuju dengan saranan saudara sigit.emangnya satu kebenaran apa yang diperkatakan oleh saudara itu.jalan dari blitang ke tugu mulyo yang hanya lebih kurang 3-4 km itu,untuk diaspal aja ambil masa 4-5 tahun.gangguan bekalan listrik nya setiap hari pasti berlaku,tambahan penduduk yang tidak menghormati lampu isyarat jalanraya.sampah -sarap bertaburan..saya tinggal dimalaysia dan ikut pulang juga keblitang,namun untuk melihat kemajuan secara produktif,itu belum pasti di blitang..

  182. Riansyah Januari 23, 2012 at 12:46 pm #

    Belitang t4 aku lahir. .dari tanah dan air belitang kami hidup bahagia.belitang di dada ku

  183. fikri Februari 22, 2012 at 6:53 am #

    Saya mau tau kalo desa trimoharjo kp2 bk 14 kec.semendawai suku lll kira2 brpa km dari martapura atau dr pintu gerbang kota belitang.tolong infonya ya thx

    • SolihinSyam April 2, 2012 at 10:10 am #

      dari martapura ke belitang bk 10 Kira2 50 Km , dari bk 10 ke trimo harjo kira2 10 Km

      • fikri April 23, 2012 at 9:05 pm #

        Thx ya infonya

  184. Anna Aj Februari 27, 2012 at 8:12 pm #

    semoga belitang tetap maju dan jaya di oku timur,,,,kira-kira musim panen di karang binangun petani nya tambah sukses dan makmur,,,

  185. Sutaryono Maret 10, 2012 at 10:59 am #

    JKMKL

  186. Sutaryono Maret 10, 2012 at 11:00 am #

    BBBBBBBBBBBBBBBBBBBB

  187. Sutaryono Maret 10, 2012 at 11:26 am #

    Sory…… !!! Bro awalnya coba coba …………………………………………………
    buat adinda prayogo..? ini kanda alumni SMA YPPI Th 1997, Putra belitang asli merantau ke bandar lampung karna tugas dari tahun 1998 sampai sekarang, Tlg Hub No. 082177149654, Ditunggu…………………………………………………………………………………!!!!

  188. SolihinSyam April 2, 2012 at 9:41 am #

    salutdeh untuk prayogo,tapi belum tauya perkembangan saat ini ?anak tk di desa-desa perkaretan sangunya 10rb per hari ini sangat, maka dosen Stiper Abdl Muin St MM yg ada di jogja mengatakan “Oku Timur Luar biasa Pemampaatan SDA sangat maksimal dan masih tersedia banyak peluang di sana ” mari tanamkan inves Anda melalui saya juga boleh .

  189. Andik Santoso April 13, 2012 at 12:42 am #

    ada lagi mas lihin, didaerah perkaretan khususnya,
    sekarang anak sd juga ke sekolah gak ada yang pake sepeda, semuanya pake motor, rata-rata per rumah punya 2-3 unit,

    pokoknya OKU TIMUR mantaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaap,
    salam SEBIDUK SEHALUAN………

  190. suwarnotanjung Mei 22, 2012 at 11:02 am #

    suwarnotanjung,

    Sugeng tepang Mas Prayogo, selamat ya Blog Anda banyak sekali pengunjungnya dan ternyata banyak yang yang mengomentari bahwa Belitang adalah daerah yang “Gemah ripah loh jinawi”

    Panjenengan wonten Jakartane sebelah pundi, istri saya juga orang Belitang Desa Nusa Jaya, saya sendiri Pujakesuma dari Lampung yang sekarang tinggal di Tangerang.

    Salam kenal mas.

  191. BAWAY Mei 26, 2012 at 12:06 am #

    AMIN YA ROBAL ALAMIN.AKU BISA BERTEMU DNG WONG KITO GALO LAM KENAL SEMUA DARI MAKMUR KOMERING

  192. mrx Juni 22, 2012 at 4:01 pm #

    woi,, ak dari pancatunggal,, belitang bupati ny anchur

  193. bayu andrian Agustus 27, 2012 at 2:30 pm #

    1 tahun lagi saya keluar dari Belitang untuk menuntut ilmu (kuliah ) ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
    pastinya kangen bangetttttttttttttttttttt ma keluarga,,,,,,,,,,,

    Belitangggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg Luph u Fulll,,,

  194. finna Agustus 27, 2012 at 2:36 pm #

    walaupun Belitang banyak gerandong aku tetep cinto belitang,,,,,,,suka duka telah ku lalui bersaa ortu adixxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    adiiiiiikkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk ,

  195. Achmad Rachbini September 4, 2012 at 10:00 am #

    aku suka belitang, daerah pertanian yang sangat makmur, aku sendiri bukan kelahiran belitang tapi aku sangat mengenal daerah ini. hanya saja dengan adanya KTM jangan sampai daerah ini yang menjadi lumbung beras sumatera selatan berubah menjadi perkotaan, sehingga masyarakat yang sejak dulunya hidup dari pertanian dan telah hidup makmur dan berkecukupan meninggalkan profesi sbgai petani.

    sebagai pendatang yang kebetulan saat ini bekerja di daerah oku timur aku sangat takjub melihat kemajuan belitang yang begitu cepat dan pesat.

  196. zainalabidin September 20, 2012 at 3:45 pm #

    aku pernah kawin dan punya anak(mohd afdal namanya ) di blitang ( pelita jaya) .aku orang malaysia,amat senang sekali tinggal disana.pada perkiraan ku,umur bisa panjang dan sihat walafiat.namun ,ada perkara yang harus di segerakan.jalanraya harus diaspal dengan lebih bagus lagi.kemudahan asas harus dipertingkatkan.. bersesuaian dengan negeri jelapang padi(lumbung padi ) buat sumatera selatan.rindu yang teramat untuk kembali kesana

  197. ari andrianus kesuma Oktober 24, 2012 at 2:23 am #

    Ari andrianus kesuma

    aku lahir di belitang tepatnya di rs charitas , sd xaverius , sekarang tinggal di washing dc, usa. aku selalu kangen sam belitang . kalo pulang ke indonesia , pasti balik ke belitang . masih ada saudara yg tinggal di sana , sama kampung baru!

  198. ari andrianus kesuma Oktober 24, 2012 at 2:27 am #

    Ari andrianus kesuma

    aku lahir di belitang tepatnya di rs charitas , sd xaverius , sekarang tinggal di washing dc, usa. aku selalu kangen sama belitang . kalo pulang ke indonesia , pasti balik ke belitang . masih ada saudara yg tinggal di sana , sama kampung baru!
    Yang paling ngangeni makanannya . masakan padang sama sambel ijo. huahhhh . kawan2 yg masih tinggal di sana daerah sekaloah charitas sama sekolahan xaverius

  199. s November 5, 2012 at 11:19 pm #

    Aku anake buk sri trimoharjo bk 14 yg punya orkes tunas muda. Thn 70an

    • iskandar ca putra cahya ani asli kombet alias pujakesuma Desember 26, 2012 at 7:36 pm #

      kamu anak nya yang siapa masalah nya saya ingat mas timbul,terus mbak rubayati,kalih mbak yun aku mas iskandar asli trimoharjo saniki teng jawa timur madiun nyambut teng bekasi tulung di ed di facebook yo salam kagem mas gun pripun khabare rek pun kagunggan putro pinten

  200. Dedi Purnomo November 21, 2012 at 10:51 pm #

    Wah jan rasane kudu muleh nek bar moco postingan iki. Salam kenal mas sakeng kulo tiang jawi lahiran belitang. but, now i live in jakarta.
    Ribet ya…?
    hahahaaaaa
    Mari mampir juga ke blog saya mas klik disini

  201. yuni November 22, 2012 at 7:11 pm #

    seneng juga, kengen juga,, mulai berkmbang pula,, belitang,,

  202. Raden Rio Imamratuwijaya November 26, 2012 at 8:16 am #

    hei, saya juga dr belitang tepat_y d BK 0 desa tebat jaya…
    saya bangga dg daerah blitang yg sekarang sdah mnjdi kota terpadu mandiri dan mnjadi makmur, saya skrg ge mnntut ilmu d palembang insyaallah stlah lu2s sya kmbli k blitang untuk mngmbangkn dan mnciptakan blitang sehat sejahtera… di blitang selain banyak universitas2 skrg da juga SMK kesehatan Lean Pury yg didirikan oleh anak_y bupati qta yaitu percha lean pury jdi q berhrap di blitang didirikan jga universitas kesehatan dan di universitas2 lain_y d tambah jurusan sperti OLGA, Matematika, Kimia dll biar pemuda-pemudi d blitang wktu mnntut ilmu tdak kmna2 dan daerah blitang bisa maju…
    dan satu ge, qta tw d blitang tu da beragam suku jdi q berharap tdak ada sukuisme yg mnjdikan perpecahan, dan antar suku jgn da perselisihan dg adanya kebersamaan antar suku maka insyaallah qta dpt mmbangun daerah qta dg semangat kebersamaan karna kebersamaan itu sangatlah indah… :)

  203. SIDIQ Desember 10, 2012 at 12:53 am #

    terima kasih infonya, sangat membentu.
    tapi kalo mas prayogo ini ada data tentang awal kolonisasi di Belitang dan awal pembangunan Bendungan Perjaya boleh di share mas. kalo gag saya minta tolong dikirim ke e-mail saya ini mas. terima kasih banyak.

  204. SIDIQ Desember 10, 2012 at 12:54 am #

    sidiqsaputra9@gmail.com, emailnya

  205. elnino Februari 25, 2013 at 10:59 am #

    Saya jg orang belitang..desa sriwangi kerujon..

  206. Vivi Miliarti Maret 13, 2013 at 4:24 pm #

    saya senang dengan postingan anda yg mengangkat belitang tanah kelahiran saya juga.
    Tp mohon maaf mas, saya kurang setuju jika anda bilang budaya komering sdh tdk menonjol, saya orang komering sepengetahuan saya dan sejauh yang saya alami suku komering tetap pada budaya yang kuat bahkan adat istiadat itu tetap kental saya rasakan.

    • zainal abidin Maret 14, 2013 at 7:43 am #

      vivi,anda masih tinggal di blitang ya.ada kenal sesiapa di pelita jaya

  207. agu nadi Juni 22, 2013 at 6:08 am #

    saudara-saudara…
    rencananya agustus nanti aku mo ke BLITANG..
    enaknya klo dari jakarta pakek bis apa ya,,,,,?

  208. solihin Juni 22, 2013 at 3:57 pm #

    sekedar bagi info q orang perantauandr jawa tp soulmate q orng komering walupun berbeda nasib mereka jauh menghormati kita jadi di mana bumi di pijak di situ langit di junjung;; say hati mak ganta idan lagi;;lintas timur

  209. kusmantobltng Januari 26, 2014 at 11:46 am #

    halo mas brow..aku kusmanto aku alumni stm pgri blt;lulus tahun 89,
    apa di sini ada yg lulusan 89.tlg infonya, aku skr tinggal di surabaya
    tolong jawab !!

  210. Soegasame Februari 8, 2014 at 10:34 am #

    Wah keren yoo.saya juga udah pernah ke belitang waktu jadi sopir travel,tapi sayang jalannya rusak,dan banyak pungli…

  211. hendra roy christian Februari 16, 2014 at 9:53 am #

    slam kenal dr kampung kelhiran q pujakesuma BELITANG II .bk 24 kelirejo
    smoga sukses wong belitang .
    salam” untuk SMA NI BELITANG II . n untuk dsa .kelirejo .totorejo.sumber jaya.karang jaya.darma buana. sumber sari.raman jaya .batu mas .kemuning.sri mulyo .petanggan.purwo dadi.sumber mulyo.karang manik .margo mulyo .sri bantolo.nusa agung .nusa jaya.dll
    slam knal smua dr q HENDRA kelirejo bk 24

  212. mohammad iqbal Februari 21, 2014 at 9:47 am #

    buat mas prayogo salam kenal>>>>>>> saya iqbal asal dari desa tegal rejo BK 10 anak dari pak tamiyis saya tingal di jakarta merantau tahun 2003 bekerja di pharmasi PT. SOHO ……… saya kagum dengan perkembangan belitang yang semakin maju jaya daerahnya pingin rasanya balik lagi ke kampung tapi aplah daya pekerjaan dan anak istri ada di jakarta………

  213. Angela Juni 28, 2014 at 2:54 pm #

    Halo, saya juga lahir di Belitang, tepatnya di BK 10, tp cuma numpang lahir doang sih… -_-V ibu saya jg keturunan transmigran, lahir dan besar di sana, jd beliau jg ingin Belitang jd kampung halaman saya walaupun saya hrus besatlr di Bekasi. Saya jg kagum dgn kampung halaman saya ini. walaupun saya tidak terlalu mahir berbicara bahasa tradisional (jawa & palembang) btw, saat ini saya sdg mudik ke Belitang, mengunjungi mbah ^^

  214. Alex Juli 9, 2014 at 6:18 am #

    Cara bedain mana komerin dan jawa, kalau jawa PASTI ITEM2 !! :)

    dimana ada jawa pasti daerah jadi kumuh. komering dlu asri, eh sekarang pasarnya jadi kumuh di penuhin jawa yg jualan seenak udel.

    Fakta, NYAK JA ASLI KOMERING !

  215. Ardi Saputra Juli 22, 2014 at 9:16 am #

    sampean bk7 nya dimana mas, saya di pancatunggal, sampean tau desa pancatunggal?

  216. wonk belitang Agustus 20, 2014 at 6:37 am #

    di belitang itu sekarang rada susah lho bedain yg jawa ataupun komering, apalagi generasi mudanya (usia 20 thun kebawah). yg jawa gk bisa ngomong jawa, yg komering gitu juga gkbisa ngomong komering, rata2 ngomong PLEMBANG. kakak iparku orang jawa asli lahir di palembang, tiap lebaran mudik ke jawa tengah, tp ngomongnyo plembang nian, hobinyo makan pempek samo tekwan…hehehehe…

    yg lebih aneh bapakku samo temen bisnisnya orang jawa, dua2nya kadang ngomong pake bahasa jawa, kadang pake bahasa komering. bilingual dah dua-duanya (sama-sama bisa ngomong jawa n komering)

  217. orang awam September 5, 2014 at 9:21 am #

    mau orang jawa ,orang komering ,orang sunda, orang bugis, orang malaysia, orang pedalaman, orang pendatang, orang asli………….whatever……!!!! yang pasti siapa yang kerja dia yang sukses…… klo ada yang bilang orang asli di jajah orang pendatang … PINTERRRRR banget tuh orang…!!!! …… kita ni hidup di bumi yang punya yang ngasih nyawa… gak ada tanah milik nenek moyang…gak ada namanya tanah milik adat… ini tanah milik yang ngasih nafas loe2 semua……

  218. Dhira pujakesuma September 7, 2014 at 10:40 pm #

    Aku bangga lahir di Belitang…

  219. kader yustian September 23, 2014 at 12:58 pm #

    alang lemak nyo gan betinggal di Blitang?
    tp sayange dalane ijek arep di renovasi gan,

  220. desrahyudi Oktober 9, 2014 at 4:32 pm #

    1998 sampai dengan 2000 saya pernah jadi warga belitang, ingin rasannya kesana lagi

  221. Stefanus Boby Ardy Chandra Oktober 27, 2014 at 1:05 am #

    “Pada dasarnya belitang itu indah. Belitang itu ngangeni. Semoga saja semakin majunya jaman. Belitang juga semakin maju. Dari segala bidang. Bukan hanya soal kemajuan teknologi namun didukung pula kualitas sumber daya manusia yang produktif, proaktif dan tentunya seimbang sesuai dengan perkembangan Iptek. Para generasi muda, mulailah menyadari bahwa mutu dari setiap SDM sangan berperan penting dalam pencapaian kemakmuran suatu daerah”.
    Suatu saat aku akan kembali ke kampung halaman ku tercinta ini. Ds. Sidowaluyo, Belitang Oku Timur. Kangen rasanya saat-saat mata terbuka dikala dipagi mulai datang, mencium wanginya udara pagi didesa ku tercinta. OKU Timur bukan ku tak ingin mengabdi ditanah kelahiranku, namun untuk saat ini aku harus meninggalkanmu untuk beberapa saat, bukan ku membencimu melainkan masih dalam tahap belajar menjalani hidup yg penuh dengan kompetisi yg begitu ketatnya. Untuk sementara waktu jiwa ini masih dibutuhkan dikota lain, memenuhi tanggung jawab sebagai profesional muda,
    Memang aku bukan siapa-siapa, jika suatu saat jiwa ini dibutuhkan untuk mu OKU Timur, aku akan kembali dan bersamamu lagi,..
    7 (Tujuh) tahun bukan waktu yg sebentar, kerinduan akan Kota tercinta teramat sangat dalam, hy… para sahabat, kawan, sekampung terimakasih menjadi pengobat rindu, kelak kita berjumpa diwaktu yg tepat, tertawa bersama melintasi sawah nan menghijau, Jangan saling membenci ya, jangan saling menyakiti, kita semua saudara, Pakai waktu untuk membuat kota kita maju, mencari ilmu dan saling membantu itu cara pemuda yang hidup dalam terang di era baru. Positifkan pikiran, satukan hati, melangkah bersama menuju OKU Timur yang Bersinar…. Salam Rindu,…

    • andi buba ginting November 23, 2014 at 10:38 pm #

      saya pernah sekolah di SMK pertanian BK IX lulus tahun 1998,selama 3 tahun di BK IX cukup tahu bahwa belitang merupakan daerah pertanian yang di dominasi persawahan,dan perikanan.warganya pun beraneka ragam mulai dari suku asli,jawa,bali,batak Dll,
      saya mencari kawan yang sekolah di SMK pertanian BK IX tahun 1998 saya kangen dengan teman teman….andibuba.ginting@yahoo.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: