Bisakah kita Efektif?

14 Agu

Kalau boleh saya menilai bahwa sebagian besar orang Indonesia itu cenderung boros dalam penggunaan bahasa. Sering kali bahasa yang mereka gunakan ditumpuk-tumpuk dengan bahasa asing. Mungkin buat orang yang bicara itu merasa bangga karena bisa banyak bahasa, tetapi buat saya itu adalah suatu pemborosan dan tidak efektif.

Sebagai contoh, orang-orang yang bekerja di media televisi, radio yang mungkin bangga dengan mencampur bahasa ini. Contoh: Ok-Baiklah kita lanjutkan ke pertanyaan selanjutnya (presenter kuis sebuah televisi), di umpan ke pemain tengah, dan tarik mundur ke belakang (komentator dalam pertandingan bola), naik keatas, turun kebawah, dan lain sebagainya. Bukankah kita semua tahu bahwa arti OK itu adalah baik/baiklah, kenapa harus digabung keduanya. Selanjutnya bukankah kalau mundur itu otomatis dan sudah pasti itu kebelakang, tidak ada mundur kedepan. Naik keatas, bukankah kalau naik itu juga keatas, pernahkah kita melihat ada benda atau apapun itu naik ke bawah, rasanya semuanya kalau naik itu ya pasti ke atas, begitu juga dengan turun ke bawah.

Aneh memang. Saya orang yang agak kritis dengan hal-hal ini. Karena terus terang kalau ada orang yang ngomong seperti itu pasti akan saya protes. Tidak heran kalau semakin hari/tahun di Indonesia terjadi banyak kehilangan bahasa. Jadi pesan saya cobalah untuk berbicara yang efektif….

3 Tanggapan to “Bisakah kita Efektif?”

  1. prayogo Agustus 14, 2006 pada 9:48 am #

    yah, memang begitulah orang Indonesia. Bangga dengan bahasa yang dicampur-campur.

  2. rna-chayank September 16, 2006 pada 3:48 pm #

    Aku setuju banget dengan kk. Jujur aza aku jg sama loch ama kk, sedikit agak kritis kl udah menyangkut soal penggunaan bahasa indonesia. Aneh ya k’ … masyarakat kita justru bangga dengan sesuatu yang salah. Dikirax kl make bahasa yang dicampur2 kyk gitchu akan jauh lebih krenz padahal bener2 pemborosan kata.Heheheheheehehe!!!!

  3. ASRI WIJI ASTUTI September 19, 2014 pada 1:57 am #

    Masa lalu tidak selalu seperti yang Anda inginkan tetapi masa depan bisa didesain agar sesuai dengan keinginan anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: