Karena Terlalu Biasa

21 Sep

Karena terlalu biasa menggunakan komputer dan internet, maka dalam kehidupan nyatapun terkadang saya juga merasa seakan-akan berada di dalam kehidupan/dunia komputer. Kebiasaan ini muncul karena setiap hari saya selalu berhubungan dengan komputer, hanya hari-hari libur saja saya tidak berada di depan komputer. Kebiasaan itu sendiri menurut saya bisa memunculkan dua makna, pertama kebiasaan yang menjadikan kebaikan dan kebiasaan yang menjadikan keburukan.

Pertama kebiasaan yang menjadikan kebaikan, misal kebiasaan kalau pergi ke masjid selalu membawa uang yang nantinya akan di masukan ke kotak amal. Kebiasaan sebelum mau berpergian selalu mengecek kembali perlengkapan yang ada di dompet, seperti uang, KTP, SIM, ATM dan lain-lain. Kedua kebiasaan yang buruk, satu misal latah, di saat ngobrol dengan orang penting karena punya sikap latah tiba-tiba jadi latah, dan kebiasaan buruk lainnya.

Kembali ke tema yang diatas tentang kebiasaan saya dalam berkomputer dan berinternet. Dalam mengoperasikan komputer saya selalu menggunakan fungsi copy-paste, undo, edit, search dan lain-lain. Kebiasaan-kebiasaan ini yang terkadang tanpa sadar ikut dengan sendirinya di saat saya tidak berada di depan komputer. Misal saat menghapus satu pesan pendek (SMS) ternyata salah pilih, nah terkadang saya mencari fungsi undo atau cari pilihan recyle bin. Di saat lupa meletakan sesuatu di dalam kamar tiba-tiba saya ingat fungsi search yang ada di dalam komputer. Andai fungsi search ini ada di alam nyata pasti akan banyak sekali barang-barang yang hilang akan cepat ditemukan. Akan banyak sekali barang bukti yang sengaja dihilangkan oleh tersangka dalam kasus perkara yang disidangkan. Namun kalau fungsi ini ada pasti banyak dukun atau orang pintar yang akan kehilangan pekerjaannya. Karena fungsi mereka untuk menemukan sesuatu sudah tergantikan dengan adanya fungsi search atau pencarian.

Di saat membaca entah itu buku, koran atau majalah jika menemui sesuatu yang saya tidak tahu makna dan pengertiannya. Saya selalu ingat kalau di internet ada website yang bisa menjawab ketidaktahuan saya itu. Di internet sejauh yang saya tau, ada dua website yang bisa menjawab ketidakmengertian saya, wikipedia dan answer dot com. Kalau di wikipedia indonesia tidak lengkap maka saya akan lari ke answers dot com, jelas sekali kalau di answers lebih lengkap, namun situs ini berbasiskan bahasa inggris. Apa saja yang tidak diketahui tinggal masukkan keywordnya, maka web itu akan memberikan jawaban dengan memisah-misahkan per katagori dari keyword yang kita masukkan, sungguh sangat menarik dan sangat membantu. Inilah salah satu kegunaan dan keuntugan dari perkembangan tekonologi informasi, terutama di bidang komunikasi/internet.

Namun sayang, rasanya pendapat atau keinginan saya di atas tidak akan mungkin terjadi. Karena antara dunia nyata dan fana akan selalu berbeda. Jarang sekali ada kaitan antara dunia nyata sama fana, walapun mungkin ada beberapa bidang yang memang ada kaitannya.

2 Tanggapan to “Karena Terlalu Biasa”

  1. afin September 22, 2006 pada 6:11 am #

    wah karena terlalu biasa juga bila anda muslim selamat berpuasa, sorry gak nyambung ma tulisannya

  2. prayogo November 24, 2006 pada 10:30 am #

    Memang kebannyakan orang-orang kita selalu begitu, dalam banyak hal selau membiasakan diri dengan kebiasaan. Padahal belum tentu kebiasaan itu baik atau bagus.

Tinggalkan Balasan

