Opera, IE & Firefox

9 Nov

(maaf tulisan ini bukan untuk menyudutkan suatu produk tertentu)

Memang belum atau lebih tepatnya tidak banyak program browser yang saya pakai. Awalnya pada saat kenal internet (sekitar tahun 2000-an, terlambat ya) saya selalu menggunakan browser IE, karena program ini sudah otomatis ada di dalam operating system-nya windows. Awal, semuanya baik-baik dan enjoy aja menggunakan aplikasi ini. Namun belakangan setelah tahu ternyata banyak program sejenis, tergelitik untuk mencoba beberapa program yang lain. Beberapa program yang sudah saya coba antara lain, sebenarnya belum tepat kalau di sebut antara lain, karena memang baru dua program browser yang saya gunakan atau saya coba.

Pertama saya mencoba browser Mozila Firefox, lama juga saya menggunakan program ini. Dan memang setelah menggunakan program ini, yang namanya IE langsung saya tingalkan (maaf). Karena memang program ini untuk saya jauh lebih bagus, lebih menarik. Dan untuk membuka suatu halaman internet, terbilang sangat bagus. Setelah agak puas menggunakan program ini, kemudian saya mencoba Opera. Dan ternyata Opera juga tidak kalau bagusnya dengan Firefox. Akhirnya dua program terakhir ini yang kemudian saya pakai sampai dengan saat ini. Jika ada suatu halaman internet yang tidak normal di buka di firefox, saya akan lari ke opera. Dan jarang sekali saya membuka IE, hanya dalam kondisi-kondisi tertentu saja saya menggunakannya. Karena memang ada beberapa halaman internet yang hanya atau sempurna jika di buka dengan menggunakan IE. Akhirnya, dengan sudah mencoba beberapa browser tersebut, saat ini untuk berselancar di dunia maya saya menggunakan Opera dan Mozila Firefox.

Berikut perbedaan dari tiga browser tersebut (kelebihan & kekurangannya)
Sumber: Koran Tempo, 17 Mei 2005

FIREFOX
1. Lebih cepat dari Explorer untuk teks,
tapi kira-kira sama untuk mengunduh grafis.
2. Lisensi gratis.
3. Membunuh iklan pop up yang gemar muncul saat halaman baru terbuka.
4. Halaman baru dibuka tanpa jendela baru.
5. Dilengkapi pencegahan masuknya situs yang membaca data komputer.
6. Menyatu dengan RSS.
7. File program kecil, hanya 4.7 MB,
sehingga lebih cepat mengunduh dari internet.
8. Kelemahan: tidak secepat Opera.

OPERA
1. Paling cepat mengunduh dalam beberapa uji coba.
2. Lisensi gratis untuk versi iklan atau US$ 39 untuk versi tanpa iklan.
3. Dilengkapi prangkat untuk memblokir iklan pop up.
4. Bisa mencecah virus pengintip data masuk.
5. Halaman baru dibuka tanpa jendela baru.
6. Opera 8 dilengkapi dengan printah ganti halaman atau
mengubah ukuran jendela dengan suara.
Cukup pasang mikrofon dan aktifkan fasilitas ini.
7. Gampang mengubah tampilan.
8. Pembuka e-mail menyatu.
9. Kelemahan: kompabilitas dengan Explorer kurang,
sehingga sering halaman yang rumit tidak bisa dibuka.

INTERNET EXPLORER
1. Lisensi disatukan Windows, gratis untuk versi Mac.
2. Explorer lebih stabil dibanding browser-lainnya.
Ditambah lagi, sebagian besar situs dibuat dengan
mengacu pada standar yang ada pada Explorer.
3. Dengan menyatu pada sistem operasi Microsof Windows,
sebagian pengguna sudah terbiasa dengan fitur dan tampilan Explorer.
4. Kelemahan: tidak secepat OPERA atau Firefox.


8 Tanggapan to “Opera, IE & Firefox”

  1. Philip Yusenda November 20, 2006 pada 3:21 am #

    Mas Yogo,

    bagian “2. Lisensi gratis untuk versi iklan atau US$ 39 untuk versi tanpa iklan.” untuk Opera udah outdated banget tuh.
    Opera sekarang gratis semua.

  2. prayogo November 20, 2006 pada 7:22 am #

    Yup benar mas Philip….

    Data ini saya ambil dari koran tempo tahun 2005 yang dulu.
    Dan kalau sekarang sudah gratis semua, memang benar, opera dah gratis. Dan memang beberapa data dari koran tempo tersebut masih perlu dikaji ulang. Terus terang itu data agak usang, sedangkan perkembangan TI makin hari makin maju aja.

    Namun, mungkin masih ada beberapa point-2 di atas yang masih relevan sampai saat ini.

  3. smut Mei 3, 2007 pada 12:20 pm #

    weh, tertinggal 1 bulan saja bisa berabe. apalagi banyak bulan yang sudah lewat

  4. ghie Oktober 30, 2007 pada 8:13 am #

    karna q masih sekolah,,,,jd hanya terima kasih saja yang dapat q sampaikan atas infonya tentang perbedaan 3 browser tersebut……………

    thanx……

    see ya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  5. Ivan is the best Mei 4, 2009 pada 9:41 pm #

    kulihat om opera 9.6 betul-betul sangat sempurna, tidak kayak tante firefox yang sering mati/keluar sendiri dan pak IE yang sering macet dan lambat

  6. dian Diachavi Oktober 7, 2009 pada 8:11 pm #

    thanks for your INfo 🙂

  7. lulu wijdatun Oktober 15, 2009 pada 9:00 am #

    thank’s y mas Yogo,,
    aku jadi bisa nyelesein tugas ri guru,,
    mas maksudnya
    “halaman baru dibuka tanpa jendela baru” tu apa y???

    Maksudnya adalah saat membuka halaman baru maka di dashboard komputer kita (bagian bawah) tidak keluar halaman baru.

    cara ngubah ukuran jendela dengan suara gmn??

  8. jupiterboni Juni 18, 2011 pada 6:15 pm #

    gimana dengan GOOGLE CHROME mas yoga……

Tinggalkan Balasan

