My Dream, apa maknanya?

22 Nov

bermimpiTidak seperti biasanya dalam tidur-tidur malamku mimpi yang aneh-aneh. Buat saya mimpi semalam merupakan mimpi yang agak aneh. Kenapa, karena saya semalam bermimpi dan anehnya setelah terjaga mimpi tersebut berlanjut (seperti bersambung). Dalam mimpi semalam saya terjaga sebanyak tiga kali. Mimpi yang aneh, yang sebelumnya saya tidak pernah mengalaminya.

Pertama, saya mimpi seolah-olah saya tergabung dalam satu kelompok keagamaan, entah apa namanya. Kelompok tersebut berpakaian serba hitam, termasuk saya. Dalam sebuah perjalanan, saya berhenti di sebuah perkampungan. Kemudian saya dikenalkan dengan ketua suatu kelompok. Dan saya diberi beberapa wejangan atau masukan dan akhirnya saya masuk dalam kelompok tersebut (ini awal saya masuk dan bergabung dengan kelompok ini, sebelum ketemu dengam kelompok ini, saya seaakan-akan orang yang bingung, cemas, dll). Tetapi ada keraguan di dalam hati saya untuk ikut dan bergabung dengan kelompok tersebut. Karena saya tidak mau terlibat dengan kelompok-kelompok yang nantinya ke depan akan membuat saya sengsara. Di saat keraguan itu mengelayuti pikiranku, terbersit keinginan untuk kembali ke tempat asal saya. Namun ketika saya tanya alamat asal saya, seolah-olah tempat tinggal saya tersebut jauh sekali. Yang pada akhirnya membuat saya mengurungkan diri untuk pulang dan keluar dari kelompok tersebut.

Suatu hari rombongan kami harus pergi (entah kemana) dalam perjalanan kami di hadang oleh sekumpulan orang (seakan-akan mereka aparat negara). Tetapi anehnya dalam perjalanan tersebut saya di tandu (di bawa seperti orang terluka, padahal saya sehat). Ketika saya tanya, ”kenapa saya di tandu?, mereka menjawab ”demi keamanan”. Seakan-akan dalam rombongan tersebut hanya saya orang yang di cari-cari. Dengan taktik di tandu tersebut, akhirnya kami aman melewati pemeriksaan tersebut. Kami kembali berjalan, dan tiba-tiba di depan ada kerusuhan, saya mengucapkan zikir, Allah, Allah, Allah, sampai berkali-kali, namun anehnya entah zikir yang keberapa mulut saya tidak bisa melanjutkan kalimat tersebut. Mulut saya seakan-akan terkunci, ada sesuatu yang menganjal di bawah mulut saya. Dan saya tidak bisa mengeluarkan kata-kata, hanya di dalam hati saya mengucapkan kalimat, Allah, Allah, ada apa ini?. Tiba-tiba karena saya tidak bisa berucap, dengan tersentak saya terbangun dari tidur, ada apa ini?

Kemudian saya tertidur lagi dan mimpi berlajut. Di mimpi ”episode ke 2” ini saya di perlihatkan dengan seorang perempuan yang berwajah cantik dengan pakaian berjilbab serba hitam (seperti pakaian kelompok kami). Wanita tersebut seakan-akan jodoh saya di dunia, siapa dia?, sepertinya saya pernah ketemu dan kenal. Kemudian setelah pertemuan tersebut, saya kembali berjalan-jalan. Tetapi lagi-lagi di saat saya berjalan dan berzikir mengucapkan kalimat Allah, Allah, Allah, mulut saya lagi-lagi tidak bisa berucap, ada sesuatu yang menganjal di tenggorokan saya, lalu hanya dalam hati saya bisa mengucapkan kalimat tersebut. Kembali saya tersentak dan terjaga dari tidur, ada apa ini?

Demikian dengan mimpi ”episode ke 3”, lagi-lagi dalam mimpi tersebut saya tidak bisa mengucapkan kalimat zikir: Allah, Allah, Allah. Seperti biasa, ada sesuatu yang menganjal. Laksana orang yang mau menghadapi sakaratul maut, tetapi saya tidak bisa mengucapkan kalimat tersebut, ada apa ini?

Mungkin mimpi, hanyalah mimpi, tetapi mimpi semalam membuat saya berpikir, ada apa dengan mimpi saya semalam? Pernah saya membaca tentang pembagian waktu-waktu mimpi (saya lupa sumbernya). Jika kita mimpi sebelum pukul 24.00, maka itu hanya mimpi (bunga tidur), kemudian jika kita mimpi pukul 24.00 sampai waktu tiba solat subuh, maka mimpi apapun kita, itu ada maknanya. Dan kalau kita mimpi setelah solat subuh sampai pagi, lagi-lagi itu hanya bunganya tidur. Dan untuk mimpi saya semalam, itu terjadi sekitar pukul 24.00 sampai 02.00 WIB. Apa makna dari mimpi saya?

Saya berharap semoga mimpi ini tidak menjadikan pertanda buruk untuk saya. Tetapi mungkin ada satu makna di balik mimpi saya semalam, bahwa saya harus lebih meningkatkan Iman saya kepada Sang Pencipta, Allah Aza Wajala. Mungkin mimpi ini peringatan untuk saya. Ya Allah, ampunilah segala khilaf dan dosa yang pernah hamba-MU ini lakukan, ampuni Ya Allah. AMIN.

6 Tanggapan to “My Dream, apa maknanya?”

  1. prayogo November 24, 2006 pada 10:27 am #

    Terkadang mimpi memang ada maknanya, tidak semua mimpi hanya bunganya tidur.

  2. afin November 27, 2006 pada 1:33 pm #

    hehehehe.. sdah lama gak kesini mpe lupa, terkadang mimpi bahkan gak berarti apa-apa, tapi semoga mimpi kedua means somethin’ , hehehee…
    uh bapak ini tetep gak suka blog walking deh….halah aku sampai gak ingat dulu pernah main kesini sibuk ya?

  3. afin Desember 1, 2006 pada 7:58 pm #

    tak link yo hehehehe

  4. ryu Desember 7, 2006 pada 3:01 pm #

    mudah2an bisa bikin introspeksi makna mimpinya yah mas:)

  5. mynameisnia Desember 8, 2006 pada 1:11 pm #

    Kebetulan saya pernah juga mimpi aneh2. Mimpi ibu saya bunuh diri dengan pisau yang ditusuk berulang kali ke perutnya, mimpi warga keturunan Tionghoa yang ditusuk berulang kali di punggungnya dan mimpi 2 anak perempuan yang meninggal karena ditusuk2 sama temennya diseluruh badan.
    Semua selama tiga hari berturut2. Awalnya sih saya engga percaya dengan yang namanya insight, feeling, insting, dll. Karena benar, mimpi itu bunga tidur dan mimpi itu hny refleksi alam bawah sadar. Tapi besoknya saya dapet kabar, teman saya nusuk orang diperut. Sebelum tiga hari itu, memang teman saya mau ngehub saya tapi ngga bisa terus.
    Benar kata mas Prayogo, mimpi itu kadang ada maknanya. Apa mas sedang merasa bersalah atau menyesal karena suatu perbuatan?

  6. bodhi Desember 10, 2006 pada 9:43 pm #

    sebelum tau kenyataan yang terjadi nanti, mending banyak2 introspeksi ya mas, trus jangan lupa berdoa juga.. btw, saiia juga pernah kok mimpi bersambung, but in whole different topic with the one that you had.. punya saiia lebih ‘fun’.. heehe

Tinggalkan Balasan

