Nonton bola : hobi saya

19 Des

Kegilaan saya pada bola sebenarnya sudah sejak lama. Sudah sejak saya masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Saat itu saya melihat pertandingan worldcup 1998, namun untuk liga-liganya saya belum pernah menonton. Karena di kampung, apalagi di rumah belum punya televisi sendiri. Jadi kalau nonton terpaksa ngungsi dan nginep di rumah teman.

Kegilaan saya terhadap bola berlanjut sampai dengan sekarang. Walau saat ini saya jauh dari tanah kelahiran, merantau ke Jakarta. Tetapi saya hanya suka melihat bola untuk Liga Inggris, Liga Spanyol, dan untuk lainnya saya tidak terlalu suka. Dan mohon maaf untuk Liga Indonesia tidak masuk dalam daftar liga yang saya sukai. Sebenarnya saya suka dengan liga di tanah air, akan tetapi sepertinya dari hari kehari kalau saya perhatikan tidak ada kemajuan yang berarti dalam persepakbolaan di tanah air. Di SEA Games aja Indonesia harus terpuruk dan kalah banyak dengan negara-negara yang sebenarnya mempunyai sejarah bola yang tidak terlalu bagus. Oleh sebab itu, mohon maaf kalau saya tidak suka dengan liga di tanah air.

Siaran sepak bola biasanya di siarin langusng di Trans 7 (dulu TV 7) untuk Liga Inggris, dan untuk Liga Spanyol di siaran di RCTI. Trans 7 biasanya ada setiap malam minggu dan minggu malam senen, sementara di RCTI minggu pagi dan senen pagi. Malam-malam ini adalah malam yang wajib untuk saya menonton siaran sepak bola. Malam minggu, yang biasanya saya harus ”ngapel” tetapi tetap saya belain di rumah ’temen deket’ untuk nonton bola. Jadi malam mingguan bukannya berduaan, malah nonton bola. Awalnya ’temen deket” saya ini agak marah dengan hobi saya, tetapi lama kelamaan akhirnya dia mau mengerti. Jadi kalau malam minggu, berudaan ama pacar dan lebih lengkap sambil nonton bola, asik khan.

Ada satu cerita menarik, minggu malam kemarin kebetulan televisi di rumah tidak bisa menangkap siaran Trans 7. Minggu sorenya saya masih sempat nonton siaran langsung antara Chelsea vs Everton (ini saya masih bisa nonton di rumah ’temen deket’). Tetapi yang menjadi kebingunan saya adalah siaran langsung antara Manchester United vs West Ham United dan ini di siarkan pukul 23.00 WIB, wah saya harus nonton di mana nih. Pulang dari ngapel, naruk jaket dan ganti pakaian, kemudian keluar dan jalan. Saya memang sudah beniat, saya akan jalan-jalan (naik motor) keliling komplek untuk melihat-lihat, tekat saya ”kalau ada orang yang nonton bola, saya akan berhenti untuk ikutan nonton”, entah itu di warung rokok, atau pos hansip. Dan ternyata nasip saya bagus, setelah berkeliling di komplek, di Kantor RW Komplek Billy & Moon, ternyata lagi nonton sepak bola. Langsung saja saya parkirkan motor, dan menghampiri mereka. Dengan sok kenal saya bilang ”maaf pak, mau numpang nonton bola?” kebetulan salah satu hansip di situ kenal saya, dan dia menjawab” silahkah-silahkan”. Gila, ini memang benar-benar gila. Kata-kata ini sama dengan apa yang diucapkan oleh ”temen deket” saya setelah dua hari kemudian saya ceritakan kejadian tersebut.

Bola di mulai pukul 23.00 itu artinya akan berakhir pukul 01.00 dinihari. Walapun akhirnya jagoan saya (MU) kalau, tetapi saya tetap puas. Karena dari segi permainan sebenarnya MU jauh lebih menguasai, banyak sekali peluang yang didapatkan. Tapi karena cemerlangnya penampilan kiper West Ham United, membuat Wayne Rooney, dkk gagal memetik tiga point. Walau kalah namun MU masih memimpin di puncak klasmen, selisih 2 point dengan Chelsea.

Bangkit MU, kamu harus memenangkan musim ini, Go.

5 Tanggapan to “Nonton bola : hobi saya”

  1. helgeduelbek Desember 19, 2006 pada 11:51 pm #

    Ngomong soal bola alias bal-balan…. noll besar saya. Pikir-ku ah lah wong itu mung-gur mainan bae… Hehehe itu alasan bagi yg gak hobi. Buat orang seperti sampean…. woooo lain… khan… yo wis lanjut aja cerita bolanya…

  2. Aris Desember 20, 2006 pada 4:54 am #

    Mas saya juga hobby nonton bola dan penggemar MU. Beda dengan di Jakarta yang siaran bolanya disiarkan gratis, ditempat saya kalau mau nonton liga Inggris harus langganan. Itu pun gak semuanya disiarkan. Minggu kemarin cuma Chelsea-Everton yang disiarkan, MU-WHU tidak disiarkan. Namun enaknya nonton siaran bola disini tidak perlu begadang karena pertandingannya sore hari dan waktunya cuma beda satu jam dibanding waktu di Inggris.

  3. prayogo Desember 20, 2006 pada 6:56 am #

    helgeduelbek: Memang mas, kalau tidak hobi sebenarnya juga tidak terlalu berpengaruh. Mau siapa yang menang, siapa yang kalah. Tetapi kalau saya sudah bisa dibilang maniak gini gimana ya mas, wong kadang ngapel aja saya lebih konsentrasi nonton bola, dari pada yang ada di samping….duh penyakit saya.

    Aris: wah ada enak dan nggaknya ya mas, kalau di sini enak ada trans 7 yang selalu nyiarin (walau tdk semuanya). Tetapi kalau kita berlangganan tv kabel (paling sekitar 300an/perbulan) kita bisa nonton sesuka hati, mau pilih yang mana. ESPN, StarSport, atau yang lain….

    Pokoke Hobi saya sepertinya akan jalan terus, sampai berkeluarga dan sampai nanti…..

    Gile ya……:-?

  4. neeya Desember 21, 2006 pada 7:49 pm #

    Biasanya kalo udah jamnya maen bola, orang serumah ganti cenel ke sana smua. Aku yg ga gitu suka bola, mau gak mau kalo gak ada kerjaan ya jadi ikut nonton😀

    Aku sampe skarang masih bingung cara liat kalo terjadi offside, meski udah dijelasin berkali2. Apa aku perlu pake kaca pembesar ya?

  5. prayogo Desember 27, 2006 pada 11:03 am #

    neeya ***: Memang agak susah sih kalau memang tdk hobi, kalau sudah hobi pasti akan cepat ngerti. Dulu awalnya saya juga bingung dengan offiside, tp lama kelamaan jadi ngerti juga, karena apa, karena hobi…..

    Kalau hobi, pasti semuanya jadi mudah…..

Tinggalkan Balasan

