Chating di Inbox Gmail

20 Des

Entah saya yang baru tau, atau memamg memang program ini memang masih baru. Saya memang sudah lama punya account di gmail, sejak gmail mengeluarkan free email saya langsung bikin, dan akhirnya gmail menjadi email di barisan pertama dalam daftar email saya (karena saya punya lebih dari 5 email, baik di yahoo, hotmail atau yang lain). Suatu hari saya login ke account Gmail saya, lalu iseng untuk lihat-lihat fiture apa aja yang ada di gmail. Sebenarnya banyak dari fiture yang ada di gmail, tetapi saya jarang sekali membuka/meng-explorenya.

Di fiture sebelah kiri bawah (posisi login), ada tulisan Quick Contacts dan di situ terdapat list email orang-orang yang pernah masuk atau saya kirimi email melalui gmail. Kemudian keisengan saya keluar (saya selalu kebiasaan, kalau melihat sesuatu yang aneh di internet, terutama di blog yang saya kunjungi, kalau ada tampilan yang aneh, pasti akan saya cari-cari gimana cara pasangnya, kok dia bisa ya). Nah dari ke isengan saya itu banyak sekali yang saya dapatkan. Dulu saya waktu pertama kenal blog, saya menggunakan blogger, dan terus terang untuk pasang jam, kalender, shutbox, dan lain-lain, itu saya temukan sebagian besar dari keisengan saya. Kadang saya punya prinsip ”kalau dia bisa, kenapa saya tidak”.

Baik, kembali ke topik. Di list contacts terdapat alamat email, kemudian krusor saya arahkan ke salah satu alamat email, yang kebetulan juga dia punya account di Gmail. Krusor saya menuju ke sebuah nama yang kebetulan pada saat saya ambil screnshoot user name tersebut online. Online tidak online user tersebut akan ditandai dengan berubah menjadi hijau bulatan yang ada di sebelah kirinya. Kemudian setelah saya sorot akan keluar di sebelah kanan profile si empunya email. Seperti gambar di samping.

chatgmail

Kemudian di atas ada pilihan Mail, Chat atau Call. Kemudian saya pilih Chat, karena saya ingin mencoba chatingnya. Setelah saya klik maka akan keluar tampilan seperti di bawah. Dan proses selanjutnya tinggal kita mengetikan pesan yang ingin kita sampaikan ke pada temen chat kita. Dan chating-pun sudah bisa di mulai.

Namun ada beberapa kekurangan (menurut saya), pertama program ini hanya sederhana dan dia tidak bisa memunculkan emoticon seperti yang ada di YM. Saya sudah mencoba beberapa perintah untuk ungkapan emosi yang biasa saya pakai di YM, tetapi setelah saya coba di sini, yang muncul malah bahasa aslinya (halah, piye to iki). Selain itu juga tidak ada untuk send file. Dan juga hanya bisa digunakan untuk sesama user yang punya account di Gmail.

gmail

Tetapi terlepas dari tiga kekurangan itu (atau ada yang lain ya) saya masih cukup berterima kasih. Karena ide awal ini muncul setelah saya punya temen kuliah yang ingin ngobrol dengan saya tetapi tidak ada media chatting yang enak. Di kantor dia segala sesuatu (termasuk program chat, YM dan lain-lain) tidak bisa di instal, harus melalui admin. Ini memang setandar di perusahaan-perusahaan, kalau kita bukan di bagian IT, maka jangan coba-coba untuk menginstal sesuatu di komputer yang kita pakai. Nah dengan adanya chating di Inbox Gmail ini, saya kira merupakan solusi dari user yang tidak dapat program chating di komputer kantornya. Mari Ber-Chating….

27 Tanggapan to “Chating di Inbox Gmail”

  1. Fany Desember 21, 2006 pada 12:13 am #

    Aku pertama kali liatnya sekitar setahunan lalu (atau awal tahun ini yah?).. jadi emang udah agak lama kok…🙂

    Tapi wajar aja sih kl banyak yg gak tau.. soalnya kan banyak juga yg pake POP3… atau make mode default standard without chat

    • Wawan Oktober 15, 2009 pada 4:25 am #

      ko blom bobo sih…..?

  2. prayogo Desember 21, 2006 pada 8:07 am #

    Fany***Waduh…..(dengan logat Mat Solar/Bajuri), ternyata sudah lama ya, sudah setahun yang lalu. Kalau gitu saya benar-2 ketinggalan jaman nih :”> :”>

    Tetapi Lebih baik terlambat ya, daripada tidak sama sekali….

    To Fany, TQ yah..

  3. micokelana Desember 21, 2006 pada 8:51 am #

    Klo saya sendiri lebih sering menggunakan email client yog, jadi jarang sekali saya login ke gmail atau yahoo account yang saya miliki. Kenapa karena lebih praktis, malah semua email saya forward ge gmail account aja, jadi saya cukup buka satu alamat email tapi sudah bisa ngebuka email-email lain yang saya forward ke gmail account.

    Untuk Gmail Chat sih ok aja, gak ada masalah namanya juga fitur, bisa dipake atau gak ya gak masalah😀

  4. neeya Desember 21, 2006 pada 7:46 pm #

    Entah knapa gmail itu susah dibuka dari komputerku. Jadi yg aktif malah yang di yahoo. Udah tau lama sih bisa chat di Gmail, tapi ndak pernah nyoba hehehe. Mau ajarin aku pak?😀

  5. prayogo Desember 22, 2006 pada 9:16 am #

    neeya ***: Caranya sangat gampang kok, tinggal kita login di account gmail, kemudian kamu perhatikan list kontak yang ada di sebelah kiri bawah, kemudian lihat ada yang sedang online tidak. Cara selanjutnya kamu baca sampai abis tulisan saya di atas ya…..

    Pasti kalau sudah baca semua kamu akan ngerti, intinya login dulu…..

    nb: memang untuk bisa login di gmail agak susah, saya juga agak sering menemui hal seperti itu.

  6. helgeduelbek Desember 23, 2006 pada 9:53 am #

    Wee lah dalah…. saya termasuk ketinggalan tentang hal ini. Maklum saya lebih sering makai account di yahoo.com. Nah tulisan semcam ini termasuk penting untuk diketahui, ini adalah bagian dari berbagi yg saya maksud… Jadi tidak mesti baru… sebab buat orang yg belum tahu itu tetap hal; baru…
    Ayoo semangat berbagi…
    Kalau saya makai email tergantung tujuan ada yg di yahoo, di gmail, di walla.com, di 30gigs.com. tentu tidak sekedar mung kemaruk saja. yah gak ada salahnya lah wong gratis semua. Cuman kadang tidak berkesempatan eksplorasi, nah kalau ada yg berbagi itu akan sangat membantu.
    Bukan begitu…🙂

  7. dede Desember 26, 2006 pada 1:35 pm #

    tolong kirimin saya cara chating dengan singkat

  8. prayogo Desember 27, 2006 pada 11:00 am #

    helgeduelbek ***: Iya mas, saya punya prinsip apa yang saya punya (ilmu) akan saya bagi. Bukankah ilmu itu titipan Yang Maha Kuasa, apalagi ada kata yang bijak yang mengatakan, kalau ilmu di bagi-2 yang membagi itu akan semakin bisa/paham. Bukankah begitu mas….

    dede***: Kalau kamu baca postingan di atas, pasti kamu akan bisa gimana caranya chatting di Inbox Gmail….baca aja…..

  9. koko Januari 25, 2007 pada 1:38 am #

    da yang bisa ngobrol gak bete ki

  10. nurli Februari 24, 2007 pada 1:43 pm #

    wah…ternyata seperti itu yah cara buat chating,,,tapi kok aku gak paham2 juga yach…kapan2 kita chating ya…

  11. iswati Februari 26, 2007 pada 11:36 am #

    di tampilan inbok saya kok gak ada quick contacts ya

    • wiwied Oktober 12, 2009 pada 1:53 pm #

      boleh aku tahu alamat mail kamu. makasih

  12. didi cute September 23, 2007 pada 4:11 pm #

    klo aq sndr ngerasa klo aq emg bner2 katro…..
    gmn ga…aq aj ga tao gmn cara chating…..
    kasih tao ngapa…..

  13. andros Oktober 14, 2007 pada 2:34 am #

    ingin bisa caranya chating

  14. Bym4 Oktober 20, 2007 pada 3:01 pm #

    Mbok aku di warai ben bisa chatting,tapi kalo pake opera mini bisa ndak yo!! Kirim email ku ae yo mas,

  15. imal November 8, 2007 pada 4:57 pm #

    susahnya di gmail cari teman chatting ..tq

  16. wiwied Oktober 12, 2009 pada 1:52 pm #

    bagaimana cara kita chating. makasih

  17. prayogo Oktober 13, 2009 pada 11:15 am #

    To Imal: cari teman di gamil untuk chating emang agak berbeda dengan yang ada di YM. Kalau di gmail, orang yang akan kita ajak chating harus punya account dan sedang online (membuka emailnya). Kalau dia tidak punya account dan atau tidak sedang membuka email, maka tidak bisa di ajak chating.

    To Wiwied: cara chating di gmail adalah kita harus masuk dulu/logiin. Setelah kita login, maka kita sudah bisa chatting dengan teman2 yang ada di address/alamat kontak kita.

  18. tio November 11, 2009 pada 7:17 pm #

    ternyata chatting itu gampang-gampang susah yaaa ?

  19. Chadas Maret 23, 2011 pada 12:32 am #

    klw d warnet sy bs chat sesama gmail..tp d laptop sy tdk bs membukanya
    selalu jaringan anda tidak menjangkau gmail.Kenapa ?
    atau pengaruh pada modemnya…Thanks

  20. wallud evil Juni 4, 2011 pada 12:02 am #

    waduh . . . . ane ktinggalan berita ne

  21. Dyna Juni 17, 2011 pada 10:36 am #

    chating di gmail tuh seru law banyak temen.a guys,,, follow y thanks before😀 https://mail.google.com/mail/?hl=in&shva=1#buzz

  22. shanty Februari 9, 2013 pada 2:48 pm #

    ko aq ga bsa cari tmen ya susah bnget, cari nya di mana sih ?

  23. susanti September 9, 2014 pada 11:59 am #

    hy semua….

Trackbacks/Pingbacks

  1. Apa yang mereka cari? « PRAYOGO - |Thingking is FREEDOM| - Desember 22, 2006

    […] Chating di Inbox Gmail […]

Tinggalkan Balasan

