Berbagi printer di LAN

29 Des

Menggunakan koneksi LAN (Local Area Network) memang ada nilai positif dan negatifnya. Nilai positif yang kita dapatkan dengan adanya LAN adalah antara lain; kita bisa berbagai perangkat keras, berbagi file, dan lain-lain. Dan nilai negatif contohnya kalau satu komputer yang ada di LAN tersebut terkena virus, maka akan cepat menyebar. Namun demikian menurut saya lebih banyak nilai positif di bandingkan nilai negatifnya. Berbagi perangkat keras sangat efektif digunakan untuk penghematan biaya operasional kantor. Contohnya LAN, bisa digunakan untuk sharing printer.

Tulisan ini hanya ingin sekedar berbagi pengalaman dengan apa yang saya rasakan di tempat kerja. Di tempat kerja saya menggunakan topologi jaringan ring, jadi masing-masing komputer mempunyai otonomi sendiri-sendiri. Jadi jika ada satu komputer client rusak, maka tidak mempengaruhi komputer client yang lain, ini salah satu keuntungan LAN menggunakan topologi ring atau lingkaran. Perangkat yang tersedia di tempat kerja antara lain: HUB, Modem Wireless-G Broadband Router dan satu printer laserjet tipe Samsung ML 1450. Cara settingnya sederhanya sekali. Setelah semua koneksi LAN berjalan lancar. Maka tinggal setting printernya. Di kasus saya ini printer saya jadikan server, dengan catatan jika mau di gunakan untuk ngeprint, maka komputer (sebutlah komputer A) harus selalu nyala/online, jika tidak maka client tidak akan bisa menggunakannya untuk nge-print. Setelah printer terpasang dan dapat di gunakan dengan baik di komputer A, maka langkah selanjutnya adalah men-share printer tersebut. Caranya klik START –> SETING –> PRINTER, akan muncul jendela menu printer, lalu pilih icon printer tersebut (Samsung ML1450) dan klik kanan pada icon printer lalu pilih SHARING, muncul jendela menu sharing, pilih option sharing, setelah selesai akan muncul gambar tangan pada icon printer tersebut, itu artinya printer tersebut sudah di share. Sekarang settingan printer yang akan di jadikan printer server sudah selesai.

Sebelum mengkonfigurasikan komputer-komputer client, pastikan kita sudah tahu komputer name atau IP address komputer yang di jadikan server tadi (komputer A). Kalau ternyata belum, maka cara untuk mengetahuinya adalah klik START –> RUN (atau tekan icon windows 98 di keyboard + r), muncul jendela menu RUN, ketik CMD (untuk OS Windows XP / 2000) atau COMMAND (untuk OS Windows 98) kemudian klik OK. Muncul prompt c:\ …. (gambar a) kemudian ketik ipconfig kemudian ENTER. Setelah itu akan muncul IP Address, dan catat IP Address tersebut.

Proses selanjutnya adalah meng-koneksi- kan komputer-komputer yang lainnya ke printer server. Cara settingnya sangat sederhana, berikut cara settingnya: (1.) klik START –> RUN (2.) Ketik \\ ip adrress komputer yang dipilih bapak tadi, misalnya : \\192.168.1. 100 (lihat gambar b).

(3.) Lalu klik OK, akan muncul jendela komputer yang dishare, lihat icon printer yang dishare (gambar tangan), pada icon printer tersebut klik kanan Pilih CONNECT, tunggu sebentar, sampai proses koneksi selesai, di tandai dengan hilangnya tampilan proses koneksi tadi. Sampai di sini proses pen-nyetingan telah selesai, untuk berhasil atau tidaknya coba di test untuk nge-print. Cara mengetesnya sama dengan proses print biasa, hanya saja pada pilihan Printer Name pilih \\192.168.1. 100, sesuai dengan hostname/IP Address komputer yang di jadikan server tadi. Selanjutnya ulangi langkah nomer 1 sampai 3 untuk mengkoneksikan komputer-komputer yang lainnya. Demikian pengalaman yang saya rasakan di tempat kerja dengan adanya LAN, semoga bermanfaat.

21 Tanggapan to “Berbagi printer di LAN”

  1. helgeduelbek Desember 29, 2006 pada 1:59 pm #

    Siiip info baru buat saya, kalau di tempat saya LANnya termasuk topologi bintang. Tanpa server dari antena radio langsung masuk HUB baru dibagi kebanyak komputer.

  2. prayogo Desember 30, 2006 pada 5:38 am #

    helgeduelbek***: Terima kasih mas urip atas perhatiannya. Tanpa server dari antena radio langsung masuk ke HUB, maksudnya bagaimana mas. Memangnya internet di tempat mas pakai layanan apa?

    Sepertinya jaringan tipe ring dan star hampir sama ya?

  3. enggong Januari 3, 2007 pada 2:09 pm #

    Informasi yang sangat berguna, apalagi untuk saya yang masih pemula di bidang IT. Terus berkarya mas, semoga postingannya tambah selalu bagus.

  4. santhy Januari 20, 2007 pada 11:26 am #

    wah tq banget atas informasinya……

  5. rain November 13, 2008 pada 6:20 pm #

    Sippp… infonya detail skali…

    di kantor saya persis sperti itu sharing printernya, tp ada kendala mengapa di kantor saya setelah print sessionnya tetap ada, sehingga sering penuh so saya harus hapus itu scara manual… mohon bantuannya ^_^

    Thank B4

  6. wee Maret 29, 2009 pada 7:02 am #

    Tengkyu atas infonya🙂

  7. faris Agustus 25, 2009 pada 8:37 am #

    mkchi infonya:) sangat manjur sekali!!!!!

    tlong info lbha lanjut untuk mengatasi virus. Krn stlh sya lakukan sharing printer, dengan mudah virus masuk ke komputer saya

    thnks

  8. asep Oktober 9, 2009 pada 10:01 am #

    MAKSIH YA ATAS INFONYA
    SANGAT BERARTI BANGET

  9. Riky Oktober 29, 2009 pada 5:33 pm #

    terima kasih banget ya.tu pelajaran buat w tuk menambah ilmu

  10. AYU November 3, 2009 pada 10:49 am #

    thankz za info’na, , , ,, , ,

  11. azizca November 3, 2009 pada 11:00 am #

    info’ny sngat brti bgt……makacieh

  12. Agus Oktober 19, 2010 pada 8:43 am #

    terima kasih banyak atas infonya

  13. kutil... Oktober 25, 2010 pada 8:30 am #

    hah,, aq kok bingung ya?

    • syukr November 23, 2010 pada 5:21 pm #

      bingung kenapa ?
      tak bantu jelasin yah, begini, misalnya ada 3 komputer, kita sebut komputer A, B C, ingin share 1 printer yang bisa di gunakan oleh ke 3 komputer. caranya dengan sharing printer tsb. namun harus ada 1 komputer yang di jadikan server printer. dijadikan server printer disini artinya printer di colokin ke komputer tersebut, selanjutnya kita anggap sbg komputer server.

      Misal, komputer server kita pakai komp. A nah berarti untuk bisa sharing printer kita harus tau IP komputer A.

      contoh :
      komputer A IP : 192.168.5.101 ketikkan \\192.168.5.101 <– IP komputer server lalu klik OK

      muncul jendela baru, klik kanan di icon nama printer yg di share, lalu connect, voila, tinggal test print deh, semoga bermanfaat ^_^

  14. joe November 13, 2010 pada 3:31 pm #

    http://mbcnet.blogspot.com/2009/03/berbagi-printer-di-lan.html kog sama ya tulisanny

  15. ardo Februari 23, 2011 pada 10:19 pm #

    Di kantor saya, koneksi nya mirip seperti itu. cuma saat komputer B tidak mengeprint/berhenti (saat jam makan siang pegawai itu keluar), lalu masuk dan bekerja kembali, dia mau print ke komputer A (server printer) ternyata tidak bisa, dicek ke Printer and Faxs, ternyata Opening atau apalah, yg jelas gak bisa cetak.

    tolong bantuin donk. kl bisa jawabannya kirim ke email saya di uji_aku@yahoo.com

    tq

  16. Nur Qowamuddin Mei 13, 2011 pada 10:25 am #

    Operational untuk computer(printer server) udah selesai (mucul gambar tangan pada icon printer server dan saya juga telah mencatat IP Address computer server).

    Permasalahan yang timbul adalah ketika saya memasukkan ip address tersebut pada komputer lain, ada respon bahwa windows tidak dapat menemukan IP Address komputer server, padahal angkanya sudah benar.

    Tolong bantuannya ya, terimakasih…

  17. Nur Qowamuddin Mei 13, 2011 pada 11:26 am #

    Pak Prayogo…
    saya lupa satu lagi, komputer server saya connect ke modem internetnya menggunakan kabel. sedangkan komputer lain menggunakan wireless adapter.
    makasih pak.

  18. Nur Qowamuddin Mei 13, 2011 pada 11:35 am #

    Pak prayogo…

    saya juga telah mengganti sambungan komputer server ke internetnya dengan menggunakan wireless adapter, tapi tetep saja blm bisa. makasih pak

    please bantuannya ya>>>

  19. Chuck Mei 30, 2011 pada 10:12 am #

    Thanks bro, akhirnya bisa juga connect juga.
    semoga tuhan kasih pahala yang gede buat ente..

  20. autada Oktober 28, 2012 pada 6:14 pm #

    Tutorial ini yang saya cari, mantap.. Makasih sudah berbagi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: