Bermain dengan Registry (1)

24 Jan

Bermain-main dengan registry yang ada di Windows XP memang asik dan tidak asik. Asik kalau kita tahu bagimana cara bermainnya, tidak asik tentunya kalau kita tidak tahu cara menggunakannya. Kalau mau diumpamakan windows itu seperti sebuah rumah yang mewah dan megah, namun di balik ke mewahan dan kemegahan tersebut terdapat tempat-tempat seperti saluran air, listrik, dan lain-lain. Jika kita sorang ’tukang’ dan mendapatkan pekerjaan untuk memperbaiki saluran air, namun kita tidak tahu di mana letaknya maka sudah bisa di pastikan kita akan repot di buatnya. Namun kalau kita sudah tahu, tentu sangat mudah kita melakukan perbaikan atau perubahan tersebut. Begitu juga dengan registry yang ada di windows. Kalau kita tahu celah-celah yang ada di windows, kemudian kita bermain-main di registrynya, maka kita akan mendapatkan dua hal, pertama windows xp kita akan tampil beda dari yang lain atau bisa jadi windows xp kita malah rusak.

Memang bermain dengan registry sangat beresiko, namun resiko tersebut bisa kita tangani dengan cara kita melakukan backup registry. Sehingga apabila nanti setelah kita bermain-main di registry windows xp kita rusak, maka kita tinggal klik dua kali di mana file backup registry tersebut di tempatkan. Dengan demikian windows xp kita akan kembali seperti semula. Bagaimana cara membuat backup registry, berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik tombol Start > Run atau tekan windows+ r, maka akan keluar jendela run.
  2. Setelah itu ketikan “regedit” (tanpa kutip) pada jendela run.
  3. Maka akan muncul tampilan registry editor, tekan menu file > Export.
  4. Setelah itu akan muncul jendela export registry, masukan nama file di bagian file name, misal ”bakcup-registry”, atau yang lainnya dan jika sudah klik save.

Sekarang sistem registry windows XP anda sudah terbackup. Itu artinya jika nanti anda melakukan kesalahan pada saat merubah-rubah tampilan windows, kita tidak perlu panik atau tidak perlu menginstal ulang windowsnya. Cukup dengan menglik dua kali file dari backup-an registry tadi. Setelah itu windows xp kita akan kembali seperti sebelum kita melakukan perubahan. Baik, selanjutnya mari kita bermain dengan registry, namun untuk saat ini saya hanya memberikan 3 tips saja dulu, dan untuk tips-tips yang lain akan di tulis di kemudian hari. (sumber: dari buku ”95 tip dan trik registry windows xp; emk: 2005”). Setuju?, kalau setuju mari kita lanjutkan.

A. Mengubah waktu delay ketika membuka sebuah menu
Ketika kita membuka sebuah menu, biasanya ada jeda waktu yang cukup lama (meskipun hanya beberapa detik) dari saat kita mengklik sampai menu tersebut benar-benar terbuka secara penuh. Secara default, 400 milidetik yang dibutuhkan oleh komputer jika kita membuka suatu menu/aplikasi. Namun angka tersebut bisa kita rubah, semakin kecil angkanya maka semakin cepat delay waktunya (dalam membuka menu). Mau tahu caranya, klik start dan pilih run, kemudian ketikan ”regedit” (tanpa kutip) pada jendela run. Setelah itu akan muncul tampilan registry editor. Carilah tulisan/bagian HKEY_CURRENT_USER-Control Panel-Desktop dan carilah value MenuShowDelay. Klik ganda dan ubahlah angka yang semula 400 milidetik menjadi angka yang lebih kecil, misal 100 atau 75 (terserah anda). Setelah selesai, maka bukalah sebuah menu, dan rasakan perbedaannya. Beda bukan?

B. Merubah AM dan PM menjadi yang lain
Secara otomatis format waktu yang ada di dashboard kanan bawah dari komputer kita akan tertulis AM dan PM. Sebenarnya tulisan ini bisa kita rubah dengan PAGI, SORE atau dengan nama kita, misal PAGI YOGA, dan lain-lain. Caranya begini, buka jendela registry editor dan akseslah bagian HKEY_CURRENT_USER-Control Panel-International. Klik ganda value s1159 dan ubah teks AM dengan PAGI dan klik ganda s2359 dan ubah PM menjadi SORE. Tekan tombol OK dan keluarlah dari jendela registor. Setelah itu, coba lihat perubahannya, menerik bukan.

C. Menghilangkan tanda anak panah pada Icon Shortcut
Sewaktu kita menginstal sebuah program/software biasanya akan muncul icon shortcut yang ada di desktop. Icon shortcut ini di tandai dengan anak panah di salah satu sisi icon. Buat kita yang tidak suka dengan tanda panah tersebut, kini tidak usah bingung, karena dengan cara di bawah ini maka icon panah tersebut akan hilang. Setelah kita masuk ke jendela registry editor, maka masuklah ke bagian HKEY_CLASSES_ROOT-lnkfile. Carilah value IsShortcut dan ubahlah namanya menjadi IsShortcuts. Setelah itu, cari key HKEY_CLASSES_ROOT-piffile dan carilah value IsShortcut dan rubahlah menjadi IsShortcuts. Setelah selesai, coba restart komputer anda, setelah itu perhatikan icon shortcut yang ada di desktop, hilang bukan anak panahnya.

Demikian beberapa tips bermain-main dengan registry yang ada di Windows XP, dan lain kali jika ada waktu kita sambung dengan tips-tips yang lain. Semoga berguna dan tidak dianggap “basbang” untuk rekan-rekan yang masih menggunakan Jendela XP, termasuk saya.

28 Tanggapan to “Bermain dengan Registry (1)”

  1. agusabadi Januari 24, 2007 pada 9:31 am #

    makasih mau singgah dan commnet di blog saya oh ya mas… bagaimana yach memasangh shout box di WP… banyak tutorial namun saya gak faham… kasihan dech saya.
    Tolong bantu
    trim

  2. prayogo Januari 24, 2007 pada 9:43 am #

    Sependek yang saya tahu di WP memang untuk pasang shutbox tidak bisa muncul seperti di blogspot, atw yang lain. Di WP yang pernah saya coba yang keluar hanya tulisan View Shutbox, coba kamu buka links di bawah ini (shutbox yang pernah saya bikin), kamu cari di sebelah kiri di bagian bawah ada tulisan buku tamu, kemudian kalau di klik view shutbox maka kita akan di ajak ke jendela buku tamu.

    http://muthmainnah.wordpress.com/

    Sebenarnya setelah di klik akan sama tampilannya dengan yang ada di blogspot. Namun bedanya kalau di blogspot dll, bisa tampil buku tamunya di depan tanpa harus di klik view shutbox.

    Cara memasangnya sama saja, tinggal copy-paste sintak yang ada kemudian taruh di widgates yang ada di WP. Selamat mencoba, maaf hanya bisa bantu ini.

  3. fulan Januari 24, 2007 pada 6:13 pm #

    Iya, beda. Nilainya boleh sampai berapa Mas ? Maksudnya yang value MenuShowDelay. Kalo dikecilin lagi ngganggu gak ?
    Maklum saya paling takut otak atik registry.
    Sore tadi baru nyoba praktekkan tutorial ini.
    Trims. Ditunggu lanjutannya …😀

  4. Lesca Januari 25, 2007 pada 5:46 am #

    Waduh, senengnya kalo saya juga bisa jadi tukang benerin ya… Selama ini lebih sering manggil tukang buat benerin ;-p
    BTW, saya lagi pikir mau pindah dari blog.id ke wordpress. Karena akses ke blog.id belakangan lemotnya ampun2an. Advise dong…🙂 Tq ya😀

  5. Lesca Januari 25, 2007 pada 5:48 am #

    BTW, blog nya ku link ya… biar ga nyasar kalo mau mondar-mandir😀

  6. prayogo Januari 25, 2007 pada 8:53 am #

    fulan***: Boleh saja, asal jangan terlalu kecil, kalau bisa masih dalam bilangan puluhan, 50, 80, 90 atw 100. Tidak usah takut, khan sudah melakukan backup registry, maka nanti kalau ada apa2 tinggal klik dua kali backupan registry tadi, maka akan kembali ke settingan semula (sebelum di otak-atik).

    Lesca***: Makanya kalau bisa kita juga belajar jadi tukang, biar enak bisa benerin sendiri. Blog.id memang lebih lambat (setahu saya), oleh sebab itu kalau saya mendingan pakai WP saja yang koneksinya masih cepat. TQ dah berkunjung.

  7. Dani Iswara Januari 25, 2007 pada 9:54 am #

    nah ini tutorial kan? masuk kategori tips n trik? ..menunggu seri berikutnya..😀

    tanya nih, kl blog kita bhs indo, kategorinya baiknya bhs indo jg ya..

    met sembuh Mas, lain kali hati-2 ya..
    semoga kita semua slalu dlm lindunganNya..

  8. Lesca Januari 25, 2007 pada 11:22 am #

    Babel udah di puter di bioskop2 di Jkt. Di citos ada tiap jam 14, 16, 18.45, 21.30. Harus nonton! Bagus banget😀

  9. micokelana Januari 25, 2007 pada 12:19 pm #

    Untuk masalah beginian lebih enak pake 3rd party, coz biasanya 3rd party software lebih menampilkan kemudahan dan disertai petunjuk2 yang memudahkan user. Tapi klo mo referensi total bisa buka http://winguides.com.

    Ada 3rd party kesukaan saya “Tweaking ToolBox”. Edit Registry sambil merem klo pake 3rd party😀.

    Keren yog tulisannya

  10. helgeduelbek Januari 26, 2007 pada 8:14 am #

    buku tentang otak-atik registry sepertinya ada juga, lupa dimana linknya, saya sendiri jarang sekali otak-atik registry, lebih sering makai aplikasi lain yg bisa memainkan tweaking. Itupun dulu sekarang tambah malas. BTW makasih tutorialnya.

  11. prayogo Januari 26, 2007 pada 11:12 pm #

    Dani Iswara***: Menurut saya sih masuk katagori tips n trik mas (menurut saya lho), kalau nggak emang benernya mana?

    Soal katagori menurut sya ya terserah kita sendiri, karena memang tdk ada aturannya (mmaf jika salah).

    Lesca***: Ok, tq atas informasinya.

    micokelana***: Iya mic, memang ada banyak software seperti itu, ttp memang itu cenderung membuat kita di buat manja oleh mereka. Sebenarnya tergantung kita sih, mau pilih yang mana, hidup ini pilihan, bukan begitu mic.

    Tq atas ujiannya…..

    helgeduelbek***: bener mas, saya juga baru mendapatkan linksnya, salah satunya ini http://www.pctools.com/guides/registry

  12. reoz Februari 13, 2007 pada 3:29 pm #

    gimana caranya ganti tampilan pilihan windows pas mo shut down kan disitu ada pilihan nya stand by, turn off,restart aku mo ganti pake kata2 sendiri bisa gak?

  13. deKing Maret 11, 2007 pada 5:04 pm #

    Mas, saya sudah mencoba yg waktu delay
    Awalnya bekerja lumayan baik (saya pilih value 80) tetapi kok lama2 menjadi lambat lai ya mas, apakah ada yang salah?

    Sebenarnya tidak ada yang salah mas, coba di cek kembali, khawatirnya settingan kembali ke awal (sebelum di rubah). Masalah angka bisa berapa saja, bahkan di komputer saya valuenya 10.

  14. echy Maret 26, 2007 pada 8:15 pm #

    buat semua kk yang udah kirim komen N buat mas prayogo tutorialnya lebih gampang dimengerti buat orang yang awam banget masalah komputer.cy udah coba trik2nya dan alhamdulilah berhasil hahaha (tukang ngancurin komputer rumah)

  15. andsisko Maret 28, 2007 pada 4:10 pm #

    Mas, tolong dong…
    Laptopku gak bisa di restart atau shutdown baik lewat menu start ataupun control+alt+del. mungkin ada yang salah ya…dalam utak-tek registry-nya.
    Jadi terpaksa matiinnya lsg power, agak riskan memang tapi bgimana lagi. Pas saat start up masuk window ada pesan keluar sebelum jendela user password keluar. “RCINT failure. String table ID not found. 30 at the line 500” Itupun setelah menekan tombol “OK” beberapa kali baru masuk ke user password. Saya coba teliti semua value pada registry editor (ckp makan bayak waktu, dan byak tau jeroan jg sih), tapi saya tetap tdk menemukan apa yang dimaksud.

  16. ronnieronuc Mei 4, 2007 pada 10:06 am #

    saya bisa dapatkan dimana buku tentang regedit yang lengkap ya…?
    trus kalau windows starter edition kita rubah regestrynya kira kira bisa dibuat seperti windows home atau pro nga

  17. tuped Mei 13, 2007 pada 5:29 pm #

    untuk menampilkan menu Shut down
    masuk ke registry editor..
    lalu ubah
    HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer
    Klik menu Edit > New > DWORD Value dan beri nama NoClose.
    Klik ganda NoClose dan beri angka 0 pada Value Data.

  18. sihol Juli 16, 2007 pada 3:48 pm #

    ma kasih mas atas ilmunya

  19. kabuta Agustus 7, 2007 pada 11:44 pm #

    mas koputerku ga bisa di uninstal programnya ni…
    sudah tak coba lewat control panel…,tapi kok tetep ga bisa?? malah ada yang otomatis menginstal ulang programnya waktu tak klik tombol remove nya…,gimana ni??…
    bisa kasih solusinya ga???

  20. hadiyanto Agustus 21, 2007 pada 9:40 am #

    sebelumnya aku mohon maaf dulu. aku dikantor dipusingkan dengan windows xp pro yang aku buat sebagai server, tapi clientnya kok cuma sembilan. Tolong dibantu mas.. gimana caranya agar xp pro dapat unlimited untuk clientnya tentunya lewat registry..trima kasih banyak atas perhatian dan jawabannya.

  21. fari andre September 21, 2007 pada 1:14 pm #

    terima kasih atas ilmu yang di berikan . semoga bermanfaat
    ane mau coba dan klo bisa ada lagi yach .hehehehe

  22. venansius November 12, 2007 pada 2:29 pm #

    kalau gitu, mislanya ada viru di komputer kita bagaimana cara mematikan kalu pingin main lewat regedit.
    jika komputer virus ganas, otomatis regedit ngga terbuka. kiranya solusinya gimana. dan bagaimana cara menghapus firus itu jika lewat regedit.
    thnk,s……

  23. ande Agustus 6, 2008 pada 12:07 pm #

    thanks bgt yah ilmu2 nya….. kyanya harus dicoba dulu….nehhhh he2

  24. aroel madiun April 27, 2009 pada 5:24 pm #

    Wah bagus,,,
    tapi musti yang lebih banyak lagi!! okeyt

  25. dodo borneo Mei 3, 2010 pada 4:15 pm #

    tanya, saya baru saja tadi merubah2 register d laptop saya, tapi sewaktu saya restart windowsnya kok ga bs2 masuk windows lg ya, tau ga gimana caranya biar bisa masuk register lg tanpa harus log’in windows?
    atau bermain register d starup aja bisa gak?

  26. Maulana Juni 14, 2010 pada 11:31 am #

    Tanya Mas, Saya Instal Aplikasi dengan level admin, kemudian masuk dengan level guest(limit), namun aplikasi di level tsbt tidak jalan, bagaimana setting registry biar aplikasi normal disemua level.

  27. denjokir Juni 11, 2012 pada 5:33 pm #

    Slamat sore pak, mau tanya nich, saya dapat aplikasi akuntansi dari temen, sewaktu saya instal di kompie rumah itu tampilannya bisa besar dan maksimal, tapi sewaktu diinstal dilaptop dengan OS W7 kok jadi kelihatan kecil< mohon bantuan nich. Trims sebelumnya

Trackbacks/Pingbacks

  1. Bermain Dengan Registry (2) « PRAYOGO - Thingking is FREEDOM - Februari 22, 2007

    […] Registry (2) Seperti janji yang telah saya sampaikan di postingan sebelumnya dengan judul bermain dengan registry (1), bahwa saya akan memberikan beberapa tips lanjutan berkaitan dengan registry di windows xp. Saya […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: