Yang telah usang

26 Jan

Sebenarnya tutorial yang mau saya bagi ke teman-teman ini adalah tutorial yang sudah lama sekali. Tutorial ini saya buat atas permintaan dari temen chatting saya. Ceritanya begini, saya punya teman chatting dari Makasar, dan dia ingin sekali mempunyai blog seperti yang saya punya. Waktu itu saya punya blog di blogspot. Namun blog itu kini sementara saya tutup. Karena setelah kenal dengan WP, blog tersebut saya non-aktifkan (maaf jika ada pihak yang tersinggung). Kembali ke teman chatting, saat itu saya pandu dia lewat YM, tetapi dia merasa kesulitan mengikutinya. Akhirnya karena waktu itu saya tidak terlalu banyak kerjaan dan kebetulan bisa membuatkan panduannya, jadilah dua panduan tersebut: (1) panduan untuk membuat blog, (2) panduan untuk posting, masing-masing di gunakan di blogger/blogspot.

Saya yakin sekali bahwa dua panduan ini sangat usang atau basi banget. Tetapi terus terang saya hanya ingin berbagi, niat saya mempunyai blog adalah ingin ”berbagi” kepada siapapun. Oleh sebab itu, daripada dua panduan ini saya simpan di HD komputer dan tidak ada yang baca, alangkah baiknya saya bagi di sini. Mudah-mudahan masih ada yang menggunakannya. Buat saya di dunia teknologi informasi tidak ada kata basi atau ketinggalan jaman. Jujur kalau kata basi ’banget itu di pakai’, maka kita orang Indonesia kebanyakan basi semua. Kenapa, karena banyak hal-hal yang sifatnya baru di dunia IT adalah dari luar sana. Maka, buat saya pribadi kata-kata ”basbang”, ketinggalan dan lain sebagainya, itu saya buang jauh-jauh dalam kamus hidup saya soal IT.

Yang masih berminat untuk mengunduh dua file tersebut, silahkan klik Tutorial membuat blog dan Tutorial posting di blog. Satu lagi, panduan yang sebenarnya juga sudah lama sekali saya buat. Yakni cara men-setting komputer agar kiranya dapat digunakan untuk internet menggunakan telkomnet instan. Silahkan unduh filenya DISINI, jika memang di butuhkan.

Akhirnya saya mohon maaf jika ke tiga panduan yang saya posting di blog ini di anggap sudah basi. Kembali saya tegaskan bahwa di dalam kamus hidup saya untuk belajar yang namanya teknologi informasi itu tidak ada kata basi, titik. Yang ada hanya belum tahu, atau belum mengerti.

Mohon maaf jika salah.

11 Tanggapan to “Yang telah usang”

  1. fulan Januari 26, 2007 pada 2:35 pm #

    Ilmu tidak ada yang basi Mas.
    Saya langsung unduh aja ya.
    Trims.

  2. prayogo Januari 26, 2007 pada 10:32 pm #

    Terima kasih atas dukungannya.
    Dan terima kasih juga sudah mau mengunduh 2 tutorial “usang” tersebut.

  3. helgeduelbek Januari 27, 2007 pada 5:20 pm #

    saya sudah sedikit mencicipi blog di blogspot, tapi rasanya tidak lebih mudah dibandingkan dengan wordpress. tapi tetep akan saya coba, apalagi sudah ada panduannya. siiip thanks.

  4. neeya Januari 28, 2007 pada 10:25 pm #

    gak basi lah om. Aku yakin pasti berguna. Kan masih banyak orang2 yg butuh tutorial, krn banyak yg blum ngeblog. Aku mau d/l buat ngajarin ibu ku. Mayan kan ga usah ngomong panjang2. Thx ya🙂

  5. agusabadi Januari 28, 2007 pada 11:58 pm #

    Tanya lagi mas… Saya juga memakai Tema (theme) yang sama dengan punya mas.
    Di tema yang aslinya untuk “more” (link yang menghubungkan ke isi berita selengkapnya) memakai tulisan “Read the rest of this entry>>”. sedangkan punya mas memakai tulisan “Monggo, diterus aken” bagaimana cara merubah tulisan tersebut dari “read the rest oh this entry” ke “monggo, di lanjut”…? terimakasih

  6. prayogo Januari 29, 2007 pada 8:33 am #

    helgeduelbek***: Monggo di coba mas urip, pasti nanti dapat perbedaannya.

    neeya***: Terima kasih karena telah memanfaatkannya.

    agusabadi***: Mas itu gampang kok, dan ternyata sebelum di kasih tau mas udah bisa dulua ya. Baru saja mau saya kirim cara membuatnya, eh tak lihat blog mu sudah bisa. Iya udah ndak udah tak kirim ya….

  7. kangguru Januari 29, 2007 pada 1:38 pm #

    nyoba ach, maklum baru di dunia blog harus banyak nyoba

  8. agusabadi Januari 30, 2007 pada 7:20 am #

    belum bisa tuh… untuk “more” tetap pakai aslinya… bagaimana cara merubah”monggo, di lanjutaken”………

  9. agusabadi Februari 27, 2007 pada 10:40 am #

    Hallo pak Prayogo… didalam tutorial membuat blog itu ada gambar halaman windows.. itu membuatnya bagaimana? apa monitornya di foto.. lalu foto itu kita edit lalu di jadikan pdf?

    karena saya juga mau membuat tutprial hiha
    terimakasih

  10. prayogo Februari 27, 2007 pada 11:00 am #

    @agusabadi: Halaman windows mana ya, apa yang di maksud gambar/tampilan dari web blogspot. kalau memang itu yang di maksud itu gampang kok cara ngambilnya, buka dokumen/gambar yang mau di ambil gambarnya, kemudian di keyboards tekan ALT ples tombol bertuliskan Print Screen, adanya di keyboard bagian kanan atas (singkatnya kombinasi antara ALT+Print Screen).

    Setelah itu buka Paint: caranya dari start, all program, accecories, dan pilih paint. Setelah kebuka, maka klik edit dan paste. Simpan denga format yang kita inginkan, mau JPEG, PNP, GIF, dan lain2, terserah.

    Atau bisa juga di paste di Ms.Word, caranya sama saja dengan yang di atas.

    Mudah-2han ini yang di maksud.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Rame-rame ke WP « PRAYOGO - |Thingking is FREEDOM| - Februari 8, 2007

    […] mempunyai blog. Maka saya buatkan panduannya. Panduan ini sudah saya posting di blog dengan judul Yang Telah Usang. Saat itu memang hanya beberapa teman yang sangat antusias membuatnya. Dan saya selalu berpesan […]

Tinggalkan Balasan

