SMS & Email “Sampah”

30 Jan

Yang namanya sampah memang lebih banyak menyebalkan dari pada membuat senang. Mungkin untuk sebagian orang (sebut saja pemulung) mereka pasti senang dengan sampah. Tapi buat orang yang bukan pemulung pasti tidak akan terlalu suka dengan yang namanya sampah. Walaupun sebenarnya sampah juga bisa di berdayakan, seperti di buat pupuk kompos, kerajian tangan, dan lain-lain.

Sampah ternyata tidak hanya ada di dunia nyata, akan tetapi juga ada di dunia maya (internet). Kalau di dunia maya dia di sebut dengan email sampah. Email sampah adalah email yang dikirimkan kepada seseorang tanpa seizin yang punya email, yang kemudian kalau email itu di buka maka akan berisi berita-berita bohong yang kemudian akan mengajak kita masuk ke links-links yang itu bisa saja mengandung virus trojan atau virus yang lain. Sebagai contoh, setiap hari pasti ada saja sampah yang masuk ke email saya. Dan ini terus terang membuat saya kesel, karena di butuhkan waktu yang lumayan untuk membersihkannya. Kalau koneksi internet kita cepat, tentu proses pembuangan email-email sampah ini tidak akan jadi masalah, tetapi bagaimana dengan kita yang punya koneksi internetnya lelet, duh menyebalkan sekali. Dulu, waktu baru-barunya saya punya email, sepertinya saya tidak terlalu sering menerima email sampah, tetapi apakah karena jam terbang saya (halah, sombong) yang agak lumayan, yang kemudian email saya banyak diketahui oleh orang-orang, sebut saja orang-orang yang tak bertanggungjawab. Walaupun kecil, sehari saya bisa terima email sampah 1-20an, jumlah yang saya pikir cukup lumayan.

Sebenarnya gampang saja pengirim email sampah itu mendapatkan email-email kita. Sebagai ilustrasi, kalau kita mendapatkan email dari seseorang yang email tersebut ditujukan (To-nya:) kepada penerima yang jumlahnya lebih dari 10 user. Maka, kalau kita mau iseng, bisa saja kita menjadi pengirim email sampah yang menyebalkan itu. Bagaimana? Tertarik. Dan ternyata email sampah kini sudah mulai meluas dalam hal ruang lingkup jangkauannya. Ponsel, ya ponsel kini juga sudah menjadi sarana untuk mengirimkan pesan-pesan (Short Message Service/SMS) yang sebenarnya buat saya berbau ”sampah”. Setiap hari 1 sampai 3 kali saya menerima SMS sampah. Yang isinya buat saya sama sekali tidak berguna. Salah satu contoh SMS sampah menurut saya adalah:

Mau Toyota Yaris, Yamaha Mio, HP, dll? Langsung saja ketik: REG kirim ke…..(Rp.500+ppn), untuk info lebih lanjut silahkan hubungi 021-………..

Saya orang yang tidak pernah mau percaya dengan hal-hal seperti itu, seumur hidupku sejak punya HP sampai sekarang, saya tidak pernah mau melayani SMS seperti itu. Kalau saya terima langsung saja saya Delete. Buat saya ini menyebalkan, karena untuk membuka dan membuang SMS tersebut di butuhkan waktu, walau sebenarnya hanya dalam hitungan detik saja. Tetapi kalau dalam kondisi sibuk, BeTE, kemudian terima SMS seperti itu, rasanya sangat mengesalkan.

Bagaimana menurut teman-teman, apakah itu termasuk SMS sampah atau apa? Atau memang ada dari teman-teman yang pernah mengikuti atau mencoba-coba hal-hal tersebut. Dan kemudian mendapatkan Mobil, HP atau yang lain. Kalau memang pernah, berapa kali anda harus mengirim SMS, 100, 200 atau 1000 kali. Saya orang yang tidak pernah percaya dan ikut-ikutan akan hal-hal seperti itu.

Tetap semangat dan terus berjuang.

13 Tanggapan to “SMS & Email “Sampah””

  1. helgeduelbek Januari 30, 2007 pada 2:04 pm #

    Saya juga belum pernah melayani-nya.

    OOT nih:
    Mengenai sampah, tulisan di blog itu sampah juga yah. Sampah-sampah otak para blogger. Yang mungkin masih bisa untuk daur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat oleh pemulung yang juga mengeluarkan sampah dari otaknya juga.😀

    Oh ya gimana yah cara kerja komentar spam kok bisa masuk di blog kita?

  2. prayogo Januari 30, 2007 pada 2:35 pm #

    helgeduelbek***: Mungkin tulisan2 punya saya yang ada di blog ini juga masuk katagori sampah, he he he. tetapi terserah lah, yang penting……

    ***Oh ya gimana yah cara kerja komentar spam kok bisa masuk di blog kita?***

    Mungkin, kalau tdk salah, dulu pada saat kita registrasi pertama di WP kita juga memasukan alamat email. Nah mungkin email itu yang di gunakan oleh para penguna email sampah. Atau mungkin dengan cara yang lain ya….cara yang mana ya….

  3. Lesca Januari 30, 2007 pada 2:50 pm #

    Lucunya. banyak aja orang yang masih suka sama message sampah kayak gitu ya?😦

  4. kangguru Januari 30, 2007 pada 2:57 pm #

    sampah…. sampah dimana-mana, sampah-sampah buang kemana hehehhehehhe

  5. cakmoki Januari 31, 2007 pada 12:07 am #

    Kalau sms sampah dah banyak korban, sekarang orang sudah ngerti. Tapi koq ya masih ada yang ketipu.
    Email sampah koq ya bisa masuk, dari mana mereka dapat email kita ?

  6. de Februari 1, 2007 pada 8:35 am #

    Jangan salah, Indonesa juga pernah import sampah.. hehe.. ndak nyambung ya? Btw kalo sms sampah di masukin screened list ajah.

  7. sandynata Februari 1, 2007 pada 4:52 pm #

    pasang aja akismet di hp nya😀

  8. ken reidy (aka kenzt) Februari 1, 2007 pada 11:50 pm #

    bener tuh, emang terkadang bikin capek meski hanya butuh waktu beberapa detik buat nghapusnya.

    aku sih ngga pernah ikutan kirim, jadi nggak pernah menang. Tapi sekelilingku sih kok rasanya ya ngga ada yang pernah dapetin yah??? jangan-jangan ngga pernah ngirim semua, gataw juga…

  9. Hisyam Basyeban Februari 8, 2007 pada 4:35 pm #

    emang yang namanya sampah bener2 ngrusak lingkungan ya…
    ga di dunia nyata ataupun dunia maya…

  10. wadehel Februari 9, 2007 pada 10:00 am #

    Yang bagi seseorang adalah sampah, bagi orang lain bisa jadi malah berkah, tergantung darimana anda melihat.

  11. Andhika Februari 9, 2007 pada 7:30 pm #

    bagaimana cara kerja virus Trojan masuk ke komputer dan menyerang file

Trackbacks/Pingbacks

  1. Kenzt’s Personal Blog » Hasil Blogwalking=Capek - Februari 2, 2007

    […] Prayogo baca postingan ‘SMS dan Email Sampah‘ […]

  2. Cut Tary SMS loh... hah? « /alle/blog/ - Mei 24, 2007

    […] bapak yang satu ini, ato mas-mas yang ini, abang ini dan beberapa blogger lainnya sudah membahas ato lebih tepatnya mengungkapkan seluruh ke-eneg-annya […]

Tinggalkan Balasan

