Rame-rame ke WordPress

8 Feb

Kenal dengan blog atau webblog sekitar pertengahan bulan Mei 2006. Saat itu aplikasi yang saya gunakan untuk membuat blog adalah blogspot. Dan setelah saya punya blog di blogspot, maka saya merekomendasikan ke teman-teman di kampus (kelas) untuk menggunakan blog (blogspot). Karena diantara mereka, sayalah yang paling tidak pertama kenal dengan binatang yang namanaya blog, maka saya harus mengajarkan kepada mereka. Mulai dari awal pembuatan sampai dengan benar-benar selesai. Kebetulan di kantor kalau hari sabtu libur, jadi saya undang saja teman-teman saya untuk datang ke kantor, yang kebetulan akses internet di kantor ada.

Buat mereka yang bisa datang ke kantor, akan saya ajarkan secara langsung. Tetapi buat mereka yang tidak bisa datang tetapi ingin mempunyai blog. Maka saya buatkan panduannya. Panduan ini sudah saya posting di blog dengan judul Yang Telah Usang. Saat itu memang hanya beberapa teman yang sangat antusias membuatnya. Dan saya selalu berpesan kepada teman-teman bahwa yang paling penting adalah bukan membuatnya saja kemudian sudah, karena kalau untuk membuat blog saja sangat gampang, hanya di butuhkan beberapa menit untuk klik sini dan klik sana. Tetapi yang tak kalah penting dari itu semua adalah bagaimana caranya agar blog kita tetap hidup. Bagaimana caranya? Kita harus selalu membuat tulisan atau membuat postingan (update).

Ternyata ketakutan saya saat itu terbukti sekarang. Banyak teman-teman yang dulu punya blog, kini hanya tinggal alamat url-nya saja. Sementara postingannya sudah benar-benar kadalwarsa. Kalau mau ekstrim, blog mereka sudah tidak layak untuk di kunjugi lagi. Baik, saya sudahi saya ceritanya sampai di sini. Kini saya mau cerita yang lain, tentunya yang masih ada kaitannya dengan dunia blog.

Dulu saya juga sering melakukan blogwalking, dan memang kebiasaan itu sampai dengan sekarang masih saya lakukan. Pada saat blogwalking saya selalu menemui blog dengan akhiran blogspot. Saat itu belum ada wordpress (atau saya belum tahu). Dan kagetnya saya beberapa hari ini saya coba reuni melihat-lihat blog yang dulu sering saya datangi. Apa yang terjadi dengan blog mereka, sebagian besar para blogger yang dulu memakai blogspot, kini sudah beralih ke akhiran wordpress.com. terus terang saya kaget dengan hasil temuan saya ini. Apakah memang sebegitu hebatnya wordpress [?], sehingga dulu orang yang punya rumah di blogspot kini pelan-pelan berangsur pindah ke wordpress. Kalau memang wordpress hebat, saya salut dan angkat dua jempol untuk kehebatannya. Sebenarnya saya termasuk orang yang mengagumi apliaksi wordpress, dulu saya punya rumah di blogspot, namun kini itu tinggal kenangan.

Kesan yang saya dapatkan, memang kalau untuk akses di blogspot itu agak lama, itu mungkin karena para blogger banyak yang merubah template mereka dengan backgorund gambar-gambar yang bagus, namun berat filenya. Tetapi mereka tidak sadar bahwa untuk orang yang ingin mengaksesnya itu membuat sulit, karena lemot, jadi lelet dan lain sebagainya. Sementara di WP, karena kita penggunanya tidak diberi banyak kebebasan untuk merubah template, maka secara otomatis akses ke url WP jadi sangat mudah dan cepat.

Tulisan ini hanya ingin sekedar berbagi pengalaman saja. Bahwa banyak pengguna blogspot yang kini pindah ke wordpress. Dan saya harap tidak ada satupun pihak yang tersingung dengan tulisan ini.

Tetap semangat, dan terus berjuang.

16 Tanggapan to “Rame-rame ke WordPress”

  1. micokelana Februari 8, 2007 pada 3:48 pm #

    Ah masa bang yos… eh salah mas yoga..?? Mungkin bener akses ke blogspot agak lama dibanding wordpress. Tapi liat deh blogger Herman Saksono, kok cepet ya akses ke blog dia. He..he..

  2. mrtajib Februari 8, 2007 pada 9:09 pm #

    Pertanyannya, setelah pindah wordpress, apa masih pada ngapdate tuh blognya? Kalau gak, yo opo bedane dngan ketika d blogspot?

  3. helgeduelbek Februari 8, 2007 pada 10:51 pm #

    Saya malah baru mau coba di blogger atau blogsome,atau blogdrive, ternyata emang gampang wp.com.

    @micokelana: kenapa blog mas mico gak seperti punyanya Herman Saksono

  4. kikie Februari 9, 2007 pada 3:02 am #

    baru pindah ke wp.com. sedap :9 tapi untuk yang masih ingin maenan utak-atik template tapi mau ngerasain blog engine wordpress, coba di blogsome. cuma feednya suka error😀;
    blogspot belakangan ini makin lemot🙂

  5. cakmoki Februari 9, 2007 pada 3:26 am #

    WP memang oye, saya 1 tahun melanglang berbagai penyedia blog gratisan, akhirnya manteb di WP. Yang lain saya tulisi “Pindah Alamat”. Sekarang malah “menghasut” temen-temen di bidang kami untuk boyongan ke wp😀

  6. micokelana Februari 9, 2007 pada 7:49 am #

    @helgeduelbek : Ya jelas gak sama lah, orangnya juga berbeda. Ha..ha… gaya nulisnya herman sulit dimengerti. Udah terlalu susah dimengerti😀. Keren lah pokoke

  7. prayogo Februari 9, 2007 pada 10:45 am #

    micokelana***: Punya HS itu templatenya dikit mic, nggak terlalu rumit, jadi aksesnya masih gambang.

    mrtajib***: Ternyata mas, mereka yang pindah ke wp sekarang pada update.

    Helgeduelbek***: Mas mau coba-2 yang lain ya, silahkan buka links ini. Ini tulisan saya dapatkan dari Pak Budhi Rahardjo, beliau sudah mencoba semuanya.

    Ambil File ini

    kikie and Cakmoki***: Memang begitu adanya. WP is the best, he he he.

  8. de Februari 9, 2007 pada 3:54 pm #

    WP emang lebih user friendly, tapi aku masih krasan di blospot he..he..

  9. neeya Februari 9, 2007 pada 10:39 pm #

    aku punya beberapa account di mana2, tapi yang masih ter update ya wp aja sih. Soalnya aku pake blogeditor, dan rata2 yg langsung nyambung ya wp itu. Kadang suka lelet kalo pake login dulu

  10. senyumsehat Februari 10, 2007 pada 7:12 am #

    Iyaa pak termasuk aku yang pindaah….katanya buat benwit yang naik becak blogger ga nyampe2…aku sendiri tadinya nggak ngerti asyiknya nge-blog kukira cuman nyimpen file. Ternyata ngeblog di WP lebih asyik… banyak consultant…di bantuin klo ga mudeng…

  11. Biho Februari 10, 2007 pada 9:20 am #

    yoi, yang penting blog nya diupdate terus, tentunya di WordPress😀

  12. Dani Iswara Februari 12, 2007 pada 7:07 am #

    di blogspot dl pake css eksternal sptnya cukup membantu utk mempercepat tampilan..😀

  13. Dani Iswara Februari 12, 2007 pada 7:14 am #

    ringankan beban blogspot dgn pindah ke wordpress.com/😀

  14. escoret Februari 15, 2007 pada 9:29 am #

    hidup wordpress..!!!!!
    lbh mudah,lebih asik….

    nice blog !!!!

  15. Kang Kombor Februari 16, 2007 pada 12:14 pm #

    Saya juga dulu pakai Blogger. Pernah di-ftp ke Geocities (waktu masih gratis FTP-nya), lalu dihosting ke blogspot. Keinginan saya dari dulu hanya agar bisa misah-misah postingan ke kategori. Blogger baru tahun 2006 bisa melakukan itu sedangkan WP sudah dari dulu-dulu. Itulah alasan saya ikutan mirasi ke wp.com.

    1. Akses (terasa) lebih cepat dari Blogger
    2. Mau komentar nggak susah.

  16. Ruben Februari 21, 2007 pada 2:52 pm #

    saya masih setia lo menggunakan blogger.com dan sampai saat ini belum ada masalah loh

    tapi saran dari mas bisa saya pertimbangkan

    http://www.smartravell.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

