Sekilas tentang APRICOT

12 Feb

Minggu siang kemarin di Metro TV sebuah acara dengan tema e-life style yang di pandu oleh pakar telekomunikasi kita Roy Suryo di tayangkan, ini merupakan salah satu acara favorit saya selain semua berita yang di tayangkan oleh Metro tentunya. Minggu kemarin tema yang diangkat dalam acara tersebut adalah soal konferensi internet Asia-Pacific (maaf kalau salah) atau yang sering di sebut dengan APRICOT (Asia Pacific Regional Internet Conference on Operational Technologies). APRICOT ini sendiri berkerja sama dengan Asosiasi Penyelenggaran Jasa Internet Indonesia (APJII) dan beberapa perusahaan terkemuka untuk bidang IT. Terus terang saya baru tahu kalau selama ini ada yang namanya APRICOT. Dan ternyata program ini sudah lama berlangsung. Dan kali ini APRICOT di selenggarakan di Bali International Convention Center (BICC), pada tanggal 21 Februari sampai 2 Maret 2007. Lebih jauh tentang APRICOT, silahkan buka websitenya di www.apricot2007.net.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 10 hari tersebut meliputi beberapa sesi: konferensi, tutorial dan workshop. Dan tidak tanggung-tanggung, acara tersebut di hadiri tidak kurang dari 46 perwakilan negara. Sebuah acara yang menurut saya sangat dahsat untuk ukurang pesertanya. Menurut Sylvia W. Sumarlin selaku ketua pelaksana tema besar yang akan diangkat dalam acara tersebut adalah masalah Security (keamanan). Karena saat ini problem terbesar dalam dunia teknologi informasi adalah masalah keamanan, lanjut dia. Salah satu provider tanah air (IM2) tidak tanggung-tanggung dalam hal pengiriman staffnya untuk ikut pelatihan tersebut. IM2 mengirimkan 45 karyawannya. Alasannya, karena tempatnya di Indonesia dan tidak terlalu banyak makan biaya. Karena sebelumnya IM2 juga selalu mengikuti pelatihan yang di adakan oleh APRICOT. Namun biasanya mereka hanya bisa mengirimkan 2 atau 3 karyawanya saja. Oleh sebab itu, ini merupakan salah satu kesempatan besar, ujar salah satu peserta yang akan ikut dalam acara tersebut.

Terlepas dari megahnya acara tersebut, ada beberapa kritikan yang ingin saya kemukakan di dalam tulisan ini menyangkut acara tersebut. Saya tidak tahu, apakah kritikan saya ini akan di jawab oleh APRICOT atau tidak (wah emangnya saya siapa). Yang terpenting adalah saya hanya ingin menyampaikan uneg-uneg yang ada di benak saya menyangkut acara tersebut.

Point pertama, acara tersebut sebenarnya tidak ubahnya dengan seminar atau pelatihan yang sering di lakukan oleh kampus-kampus di tanah air atau lembaga-lembaga TI di Indonesia, hanya saja jumlah pesertanya yang memang luar biasa. Point kedua, apakah dampaknya akan sangat luar biasa untuk perkembangan TI lebih khusus untuk Indonesia. Point ketiga, jangan-jangan ini proyek untuk mencari keuntungan antara pemerintah/APJII dan APRICOT. Point keempat, kenapa acara tersebut terlalu di buat megah, tidak di buat dalam sekala kecil, sehingga orang seperti saya yang kondisi keuangannya terbatas, dan sangat berminat dengan IT bisa mengikutinya.

Dari beberapa point yang saya kurang sukai seperti saya tulis di atas, ada satu point yang saya dukung yakni acara tersebut di adakan di Bali yang notabene-nya adalah merupakan salah satu daerah pariwisata yang paling menarik di tanah air. Saya berharap karena acara tersebut di ikuti oleh perserta dari berbagai negara akan ada dampak positifnya untuk perkembangan pariwisata di tanah air, khususnya untuk Bali. Terlepas dari itu semua (kurang dan lebihnya), saya sebenarnya mendukung acara tersebut. Karena saya yakin sekecil dan sebesar apapun yang kita lakukan pasti akan ada dampaknya.

Tetap semangat, dan terus berjuang.

4 Tanggapan to “Sekilas tentang APRICOT”

  1. kangguru Februari 13, 2007 pada 10:51 am #

    Aku cuman bisa bengong aja melototin berita dari dunia yang entah apa namanya, terlalu jauh dari jangkauan seorang guru

  2. crushdew Februari 13, 2007 pada 11:57 am #

    terima kasih untuk pesan yg disampaikan…

  3. prayogo Februari 21, 2007 pada 2:52 pm #

    kangguru***: Sama seperti saya pak, hanya bisa bengong saja mengikut perkembanga dunia IT. Pengennya sih di coba, tapi apa daya kendala uang yang selalu menstopnya.

    crushdew***: Pesan apa ya…..

  4. Umar Mei 31, 2009 pada 1:00 pm #

    Solusi bagi pengguna IM2…
    manfaatkan IM2 anda dengan kasfiesta….
    Pokoknya cuma ngidupin viestabar…akan dapat dolar….
    Lumayan klo dirupiahkan…satu bulan mencapai 1 juta….
    Gak usah cari referal…gak usah klik-klik macem..macem…dolar secara otomatis bertambah terus…
    And sudah terbukti membayarnya….
    Tingal manfaatin aja IM2 mu dengan jalanin kasfiesta….
    moga bermanfaat….gak ada unsur paksaan/pemerkosaan…he…3x..

Tinggalkan Balasan

