Bermain Dengan Registry (2)

22 Feb

Seperti janji yang telah saya sampaikan di postingan sebelumnya, bahwa saya akan memberikan beberapa tips lanjutan berkaitan dengan registry di Windows XP. Saya berharap tips-tips berikut masih bisa digunakan, karena memang sekarang sudah banyak pengguna komputer yang beralih ke sistem operasi linux dan varianya. Otomatis kalau pakai linux tips-tips yang akan saya sampaikan berikut tidak akan berguna. Buat teman-teman yang masih menggunakan ”jendela” pastinya ini masih akan bermanfaat. Memang, saat ini banyak aplikasi-aplikasi untuk merubah tampilan dari windows. Namun seperti sebuah pepatah ”banyak jalan menuju roma” maka tips yang akan saya tuliskan di bawah ini adalah salah satu cara (jalan) dari sekian banyak jalan menuju ’Roma’ tersebut. Akan tetapi saya berharap buat yang mau otak atik registry terlebih dahulu baca postingan saya yang pertama, yang berkaitan dengan backup registry.

Baik, kita mulai saja dengan tips yang pertama. Merubah tombol kiri menjadi tombol kanan pada mouse. Memang lazimnya mouse yang sering kita gunakan sudah mempunyai fungsi masing-masing. Kanan untuk kanan, dan kiri untuk kiri. Namun dengan tips berikut ini kita akan merubah fungsi yang sudah lazim selama ini berkaitan dengan kinerja mouse. Dengan begitu, jika anda menekan tombol kiri maka akan muncul shortcut menu seperti ketika dulu kita menekan tombol kanan. Yakni beberapa pilihan Arrange by icon, refresh, dan lain-lain. Berikut tipsnya: bukalah Registry Editor (start > run dan ketikan regedit dan Ok/enter) dan masuk ke bagian HKEY_CURRENT_USER-Control Panel-Mouse. Klik ganda pada options SwapMouseButtons dan masukkan angka 1 pada bagian value data. Setelah itu tekan OK, coba amati perbedaannya. Namun jika belum terjadi apa-apa, silahkan komputer anda di restart terlebih dahulu.

Tips kedua adalah Menjalankan Program Saat Startup. Saat komputer kita selesai dari booting, biasanya secara otomatis komputer kita akan menjalankan beberapa program. Kita bisa mengecek daftar program apa saja yang dijalankan secara otomatis oleh komputer, cara mengeceknya adalah dengan mengkik Start > All Programs > Startup. Namun dengan tips berikut kita akan membuat sewaktu komputer masuk ke sistem Windows XP, program notepad yang akan di jalankan secara otomatis. Setelah tahu teknik berikut, kita bisa memilih program apa pun untuk di jalankan secara otomatis. Buka Registry Editor dan masuklah ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE-Software-Microsoft-Windows-CurrentVersion-Run. Buatlah string value baru dengan mengklik menu Edit > New > String Value dengan nama notepad. Setelah itu, klik ganda value yang baru saja dibuat dan pada value data masukkan path notepad berikut, c:\windows\system32\notepad.exe. tekan OK, setelah itu restart komputer kita. Begitu masuk ke sistem Windows XP, secara otomatis notepad akan di eksekusi. Sebenarnya ada cara lain (cara cepat) untuk bisa buka sebuah aplikasi tanpa harus masuk ke registry. Klik Start > Run > di jendela open silahkan masukkan program apa yang mau dibuka, misal winword (untuk ms.word) atau notepad (untuk notepad), kemudian enter atau tekan OK. Maka setelah itu jendela ms. word akan terbuka. Namun kembali kepada kita masing-masing, mau pakai yang mana; Registry (agak ribet) atau dari jendela Run.

Tips selanjutnya adalah Memasang wallpaper di layar logon. Sebelum login ke sistem, Widows XP akan menampilkan layar berwarna biru polos tanpa ada wallpaper. Di control panel tidak memberikan opsi untuk memasang wallpaper di layar biru tersebut. Namun jangan khawatir, dengan triks berikut kita akan bisa memasang wallpaper di layar logon. Masukan ke registry editor, kemudian cari key HKEY_USER\DEFAULT\ControlPanel\Desktop. Klik ganda entri [Wallpaper] pada bagian kanan dan masukkan lokasi dan nama file yang akan kita gunakan, misalnya: D:\My Document\My Pictures\Wallpaper\yoga.bmp. Setelah itu keluar dari jendela registry editor dan restart komputer kita, perhatikan perubahannya. Namun perlu di catat file yang dapat digunakan hanya yang berformat bitmap (.bmp).

Demikian beberapa tips yang dapat di gunakan di Windows XP menggunakan jendela Registry Editor. Insa Allah di lain waktu akan di sambung lagi dengan tips-tips seputar Windows XP. Semoga bermanfaat.

Tetap semangat, dan terus berjuang.

14 Tanggapan to “Bermain Dengan Registry (2)”

  1. Deni Triwardana Februari 23, 2007 pada 8:19 am #

    Trik ini pernah saya coba dulu… masih ada yang lain ?

  2. Kang Kombor Februari 23, 2007 pada 1:04 pm #

    Saya akan coba yang wallpaper. Thanks.

  3. peyek Februari 23, 2007 pada 7:58 pm #

    blogwalking, salam kenal.

  4. prayogo Februari 24, 2007 pada 5:52 am #

    Deni Triwardana***: Nanti yang lain nyusul pak. Memang tips-2 yang saya tulis ini pastinya sudah pernah dicoba beberapa tahun yang lalu. Di tulisan saya ini sifatnya hanya mengingatkan.

    Kang Kombor***: Sok Kang.

    peyek***: Salam kenal kembali

  5. senyumsehat Februari 24, 2007 pada 8:04 am #

    Waa pak aku ga mudeng linux2-an….

  6. ndarualqaz Februari 24, 2007 pada 10:15 am #

    yeee. bu evy ni gimana tho. ini yang diomongin bukan linux bu, tapi windows. tapi emang ngomong soal registry itu bikin pusing. saya pernah sok ngoprek registry, eh jadinya malah semua program executable ga bisa di jalankan. ya akhirnya nginstal ulang deh. tapi sekarang saya juga lagi seneng2nya belajar sistem registry, khusus pada proyek pemusnahan virus (hehehe). ntar deh tak posting hasilnya.

  7. xwoman Februari 24, 2007 pada 11:49 am #

    jadi ayem…saya masih di jendela, ga ngerti Linux, trims😀

  8. cakmoki Februari 28, 2007 pada 2:23 pm #

    Saya dulu paling takut otak-atik registry, setelah di Registry (1) ada tips backup jadi tenang. Padahal saya punya bukunya, tapi enak begini, soale interaktif. Hehehe
    Lanjuuutttt Pak.

  9. prayogo Februari 28, 2007 pada 2:37 pm #

    @senyumsehat: Bu, ini tdak membahas masalah linux, tips buat registry ini saya buat untuk kita-2 yang masih menggunakan windows.

    @ndarualqaz: Yang penting pertama sebelum utak-atik registry backup dulu sistem registrynya, jadi kalau setelah utak-atik ada masalah tinggal klik dua kali aja backupan registry tadi.

    Di tunggu mas, postingan tentang utak-atik registry berkaitan dengan pemusnahan virus.

    @xwoman: Duh enaknya, eh btw ayem kenapa, ayem karena masih pake jendela ya atau ayem karena baru dapat undian uang puluha juta, bagi dong?????

    @cakmoki: Iya pak, kalau sudah di backup maka kita tdk usah khawatir akan terjadi kerusakan pada OS kita. Tinggal klik dua kali file backup tadi, beres deh.

    Di tunggu aja pak, tips2 selanjutnya dari saya.

  10. jokotaroeb Maret 3, 2007 pada 9:43 am #

    om.. saya pernah bermain dengan registry malah PC saya error saya kapok bermain registry takut error lagi

  11. Lucky Maret 16, 2007 pada 7:59 am #

    kalo punya tutorial mengenai sistem registry pada komputer minta dong

    Sepertinya saya sudah menulis, pertama bermain dengan registry (1) dan (2). Mudah-2han lain kali saya bisa posting lagi soal sistem registry.

  12. Goio Maret 21, 2007 pada 2:07 pm #

    Pak Prayogo, mudah2an agak nyambung nih pertanyaannya.
    Ceritanya aku pengen legal nih, jadi udah uninstall ms-office dan sekarang pake openoffice…

    tapi kalo dicek registry-nya (pake software rockxp) kok ya masih kedetek ada registry ms-office dengan nomor sekian sekian sekian… Gimana caranya ngapusin sampai tuntas tas tas itu si registry-registry yang gak perlu (ms office dan ms project)

    terima kasih sebelumnya🙂

    Mohon maaf saya belum bisa jawab. Tapi mungkin OSnya harus di uninstall, sehingga regsitrynya benar-2 dari awal lagi. Tapi saran ini mungkin belum tepat. Sekali lagi mohon maaf, saya belum bisa jawab. Saya janji, nanti kalau sudah saya dapatkan jawabannya akan saya bagi ke anda.

  13. Arief Juli 7, 2007 pada 7:33 am #

    Wah, bagus nieh, aq coba dulu ok….

  14. baburinix November 3, 2009 pada 1:05 pm #

    siipp….bos
    boleh dicoba tuh…makasih ya info nya

Tinggalkan Balasan

