Aplikasi Office Online

26 Feb

Siapa yang tidak kenal dengan yang aplikasi officenya microsoft. Saya yakin hampir sembilan puluh sembilan persen pengguna komputer pasti sudah pernah menggunakannya. Baik itu untuk urusan ketik mengetik yang menggunakan ms.word, untuk persentasi yang menggunakan powerpoint atau untuk urusan membuat budget anggaran, itung-itungan rugi laba dan lain sebagainya (dengan excel). Dan tentunya kebanyakan aplikasi office yang di install di komputer kita menggunakan office bajakan (walau mungkin tidak semua). Karena dengan hanya mengeluarkan uang 25 ribu rupiah kemudian datang ke Mangga Dua, maka satu cd program aplikasi office lengkap ada di tangan kita, mudah dan gampang bukan.

Terkait dengan bajak membajak, kenapa tidak sekali-kali kita menggunakan program yang di dalamnya tidak ada unsur pencurian atau pembajakan, yang biasa kita kenal dengan free software. Untuk urusan bajak membajak ternyata negeri kita ini menempati urutan ketiga, di bawah Vietnam dan Zimbabwe (โ€œ20 Country with the Highest Piracy Ratesโ€). Suatu prestasi yang sebenarnya sangat memalukan. Untuk mengurangi tindakan pembajakan, kali ini saya akan kenalkan satu program aplikasi gratis yang hampir sama atau mirip dengan aplikasi office. ThinkFree, ya begitu dia menyebutkan dirinya. Aplikasi office ThinkFree ini kompatibel dengan versi microsoft dan ia dikembangkan di atas platform Java. Mungkin anda akan berpikiran, kenapa juga harus pakai aplikasi office yang online kalau yang offline dan bisa di install di komputer sudah ada. Ada beberapa pertimbaangan yang perlu di perhitungkan agar kita menggunakan aplikasi gratis yang satu ini.

Pertama, masalah biaya. Jangan khawatir, karena layanan aplikasi online ini free dan bisa di gunakan oleh siapa saja. Kedua masalah mobilitas, kita bisa mengakses dokumen di mana saja asal masih ada koneksi internetnya. Ketiga, masalah kompatibilitas. Karena dia berbasiskan Java maka bisa di akses menggunakan browser apa saja dan dengan sistem operasi apa saja, mau Linux, Windows ataupun Mac OS. Keempat, memudahkan kita dalam berkolaborasi. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengunakan email hanya untuk mengirim suatu file ke rekan kerja kita. Karena hanya dengan tahu account kita di ThinkFree, maka rekan kerja yang jauh di tempat kita berada bisa membuka dan melakukan pengeditan terhadap file atau dokumen yang telah kita buat. Lebih praktis memang. Ini memang sama halnya dengan kita punya database online yang saat ini sudah banyak bertebaran di belantara dunia maya.

Apa saja yang ada di dalam ThinkFree
Terdapat tiga aplikasi utama. Pertama Write, aplikasi pengolah kata yang sama dengan ms. wordnya micosoft. Kedua, Calc. Aplikasi spreadsheet yang sama dengan excelnya microsoft dan ketiga Show, yang sama dengan powerpoint di officenya microsoft. Selain tiga aplikasi utama di atas, ada menu tambahan di ThinkFree, yaitu kita bisa merubah dokumen hasil kerja kita ke dalam bentuk PDF, menarik bukan.

Namun sayang, untuk kita yang mempunyai koneksi internet lelet. Maka program aplikasi dari ThinkFree bukan merupakan satu solusi yang tepat untuk menghentikan bajakan. Karena untuk bisa menggunakan ThinkFree, kita harus mempunyai koneksi yang bagus dan cepat. Mudah-mudahan kedepan koneksi internet kita akan semakin cepat dan tentunya akan semakin murah atau terjangkau. Sehingga kalau ada aplikasi-aplikasi yang gratis seperti ini, kita tidak akan ragu-ragu untuk menggunakannya.

Tetapi tidak ada salahnya untuk kita mencoba aplikasi dari ThinkFree ini. Yang mau mencoba, silahkan UNDUH panduan yang sudah saya buat. Namun mohon maaf, saya tidak sampai meng-explore lebih jauh apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari aplikasi Officenya ThinkFree. Serta menu-menu apa saja yang di ditawarkan olehnya. Semoga bermanfaat.

Tetap semangat, dan terus berjuang.

19 Tanggapan to “Aplikasi Office Online”

  1. kangguru Februari 26, 2007 pada 1:56 pm #

    Java ya, berat kayaknya di kompie ku, apalagi on line, tapi nyoba ah

  2. venus Februari 26, 2007 pada 4:20 pm #

    thx infonya. saya juga mau coba aaahhh…:)

  3. xwoman Februari 26, 2007 pada 4:22 pm #

    prestasi tambahan lagi ya… juara 3๐Ÿ˜€

    tapi kalo cuma dengan mengetahui account kita orang bisa buka, berarti ga bisa bikin data rahasia donk, belom nyoba udah banyak ngeluhnya sih hehehe…

    Ok deh, dicoba thx buat infonya

  4. prayogo Februari 26, 2007 pada 5:53 pm #

    @kangguru: Iya Pak, untuk koneksi internet yang agak lelet, ini akan jadi masalah. Tapi ndak ada salahnya kalau di coba dulu.

    @venus: Silahkan, di coba, di coba, gratis lho.

    @xwoman: Iya saratnya orang tidak boleh tahu acount kita. 7 an di buat ini khan agar kita bisa berbagi dokumen dengan rekan kerja yang terpisah jarak. Jadi tdk perlu repot2 kirim attachmet ke dia, tinggal kasih tau aja acount di ThinkFree, maka dia juga bisa melakukan pengeditan di dokumen.

  5. senyumsehat Februari 27, 2007 pada 2:11 am #

    iya ya pak, klo bajakan masih mbayar meski 5 ribu perak, ini gratis pula…
    trimakasih pak ya infonya

  6. de Februari 27, 2007 pada 6:12 am #

    Horeeee..aku bisa buka WP lagiiiiiiii… Heran kok bisa ya?

  7. helgeduelbek Februari 27, 2007 pada 10:42 am #

    Di internet selalu ada alternatif, tapi harus dibayar dengan koneksi yang kebanyakan lambat. Ada kabar gak bahwa koneksi akan murah dan cepat.
    Numpang: Tuk Budhe: Emang kenapa sih apa sebelumnya gak bisa yah?

  8. prayogo Februari 27, 2007 pada 10:49 am #

    @senyumsehat: Terima kasih kembali bu.

    @de: Lho emang kemarin2 nggak bis aya dhe, nggak bisa karena koneksi internetnya atau karena WP-nya?

    @helgeduelbek: Mudah-mudahan kedepan koneksi internet kita akan semakin cepat dan murah Mas, terus terang saya orang yang sangat mendambakan ke 2nya (murah dan cepat)

  9. aldisanta Februari 28, 2007 pada 11:21 am #

    pertama: masalah biaya, kalo pake OOffice kayaknya lebih murah deh, beli majalah (majalah komputer biasanya) bisa dapet CD bonus OOffice, install, gak pake koneksi internet.

    kedua: masalah mobilitas, yup emang lebih enak ketimbang nenteng flashdisk yang ada aplikasi portabelnya. benul…benul…

    ketiga: masalah kompabilitas, gak tau juga ya apa SUN bikin untuk MAC.

    keempat: masalah kolaborasi, BENUL…, cuman pake koneksi internet baru bisa kolaborasi sama tim.

    kelima: masalah koneksi (he..he.. nambahin sendiri) kalo diitung-itung murah mana ya.., pake ThinkFree, trus kasih tau rekan account kita en dia terusin edit/cek ato pake OOffice trus kerjaan kita e-mail (pake attachment to terserahlah) biar rekan yang edit/cek.

    Yang jelas semua tergantung dari situasi, silahkan menentukan sendiri pilihan yang paling bijak.

  10. cakmoki Februari 28, 2007 pada 2:40 pm #

    Ya Pak, ThinkFree lumayan siip. Lebih ringan dibanding Num Sum.
    Google Office juga bagus, sayang belum dilengkapi “presentation”.
    Kalau instansi Pemerintah menggunakan office online bisa menghemat anggaran negara lho๐Ÿ˜€

  11. micokelana Februari 28, 2007 pada 7:50 pm #

    cakmoki : pemerintah make office online mengurangi pembajakan, iya pak beneran sapa tau internet jadi murah, kan make bandwith. Klo ada 1jt staff pemerintahan make ThinkFree, pasti bandwithnya bengkak. Asyik internet jadi murah. Saran bagus tu pak untuk pemerintah.๐Ÿ˜€

  12. alle Maret 1, 2007 pada 6:12 am #

    blom nyoba,… blom donlot sih๐Ÿ™‚
    thx 4 info

  13. Kang Kombor Maret 1, 2007 pada 12:59 pm #

    Thanks, saya akan cobain.

  14. cidh Maret 1, 2007 pada 4:40 pm #

    apa ini pertanda perkembangan tekhnologi lagi menuju arah online.. mungkin kedepan akan ada aplikasi grafis (photoshop or gimp) secara online, compiler online atau yang lainnya..
    huff.. berharap telkom berbaik hati menurukan tarif broadbandnya, sehingga pas untuk seluruh masyarakat indonesia…

  15. neeya Maret 1, 2007 pada 9:26 pm #

    sepertinya buatku memang koneksi internet masih menjadi kendala… sedih deh… T___T

  16. ndarualqaz Maret 2, 2007 pada 2:57 pm #

    sekarang memang sudah mulai budaya mobile ya. hanya dengan sebuah hp, laptop, walaupun kita gak pasang aplikasi office di laptop kita, kita masih bisa kerja.

  17. Dani Iswara Maret 2, 2007 pada 10:40 pm #

    semakin mengurangi alasan membajak ngga ya..๐Ÿ˜€

  18. jokotaroeb Maret 3, 2007 pada 9:47 am #

    kalo java pasti berat ya om?

    tapi pantas untuk di coba

    He… 25 ribu apa ga kemahalan saya aja beli aplikasi office kurang dari segitu

  19. hadiyanto Agustus 21, 2007 pada 4:28 pm #

    thanks berat aku mo coba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: