Bermain Dengan Registry (3)

23 Mei

Lama juga saya tidak mengisi blog ini dengan tulisan-tulisan yang baru. Biasanya saya rutin untuk dua minggu sekali melakukan postingan. Sebenarnya saya ingin sekali seminggu sekali untuk posting, namun apa daya, banyak sekali kesibukan yang pada akhirnya membuat saya tidak bisa memenuhi keinginan pribadi saya untuk posting seminggu sekali (wah sok sibuk, ngalahin anggota dewan). Baik, kita sudahi saja basa-basinya. Karena mungkin darah yang mengalir di tubuhku ini, ada unsur darah orang Jawa. Jadi selalu ada basa-basinya, sebelum sampai ke inti permasalahan.

Seperti janji yang pernah saya sampaikan beberapa bulan yang lalu, bahwa saya akan mencoba untuk terus memberikan tips-tips seputar Registry di Windows XP. Terus terang, setelah saya posting Bermain dengan registry (1) dan (2). Banyak hal yang saya dapatkan dari kedua postingan tersebut. Memang Selalu ada sesuatu dengan apa yang kita perbuat atau kita lakukan di dunia ini. Berikut beberapa tips yang bisa saya share pada kesempatan kali ini.

Pertama, mengaktifkan fungsi Lock Computer. Banyak cara yang dapat kita gunakan untuk melindungi komputer di saat di tinggal pergi. Karena mungkin di saat kita tinggal pergi, tidak ingin komputer yang kita miliki, file atau dokumen-dokumen penting di baca oleh orang yang tidak punya hak atas akses data-data tersebut. Berikut cara mengkuncinya. Klik [Start] > [Control Panel], kemudian pilih [User Accounts]. Selanjutnya pada jendela [User Accounts] pilih [Change the way users log on or off], hilangkan tanda cek pada checkbox [Use the Welcome Screen]. Setelah itu klik [Applay Options]. Kemudian untuk dapat menjalankan fungsi penguncian tersebut adalah dengan cara [Ctrl]+[Alt]+[Del], dan pilih [Lock Computer].

Kedua, pasang wallpaper di layar logon. Sebelum login ke sistem, Windows XP akan menampilan layar berwarna biru polos tanpa ada Wallpaper. Karena di control panel tidak memberikan opsi untuk memasang Wallpaper di layar biru ini. Tetapi jangan khawatir, walau tidak ada cara khusus, bukan berarti cara mengganti layar biru tersebut tidak dapat dilakukan. Berikut triks sederhananya. Buka jendela regedit dengan cara Klik [Start] > [Run] kemudian pada jendela Registry Editor carilah key HKEY USER\DEFAULT\Control Panel\Desktop. Klik ganda Entry [Wallpaper] pada bagian kanan dan masukkan lokasi dan nama file yang akan kita gunakan. Misalnya E:\My Pictures\Images\Belitang.bmp. namun perlu di ingat file gambar yang dapat di gunakan yang hanya berformat bitmap (.bmp).

Ketiga, membersihkan memori dari file DLL (Dynamic Link Library). Fungsi DLL ini adalah sebagai perpustakaan bagi program-program Windows. Biasanya, perpustakaan ini akan di letakkan di memori dengan tujuan agar jika kita ingin mengakses suatu program lebih cepat ketimbang di simpang di dalam Harddisk. Sayangnya, file DLL yang berada di memori tidak juga di singkirkan, meski sudah tidak lagi di butuhkan. Kondisi ini tentunya mengakibatkan terjadinya pemborosan pada memori. Apalagi kapasitas dari memori yang kita gunakan tidak terlalu besar. Sudah barang tentu, ini akan membuat komputer kita menjadi lambat. Berikut cara mengatasinya. Setelah terbuka jendela Registry Editor, maka masuklah ke bagian HKEY_LOCAL MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer. Klik [Edit] > [New] > [Key] pada jendela Registry Editor untuk membuat sub key baru di bawah Key Explorer. Kemudian beri nama sub key tadi AlwaysUnloadDLL. Klik dua kali name [(Default)], kemudian isikan value tersebut dengan nilai 1. Tutup Registry Editor tersebut, lalu restart komputer kita.

Demikian beberapa tips lanjutan dari saya. Mungkin di beberapa pengguna komputer yang ada di tanah air ini, tips-tips di atas sudah tidak relevan atau berguna. Tetapi di dalam lubuk hati saya yang paling dalam mempunyai keyakinan bahwa, tips-tips di atas masih berguna. Karena dari statistik pengunjung yang datang ke blog ini, setiap hari pasti selalu ada yang membuka/mengakses postingan saya tentang utak-atik Registry Editor di Windows XP. Demikian.

Selalu semangat, dan terus berjuang.


18 Tanggapan to “Bermain Dengan Registry (3)”

  1. koesna Mei 23, 2007 pada 1:50 pm #

    “Kedua, pasang wallpaper di layar logon”

    Nyang ini saya baru tahu, kirain hanya di linux aja yang wallpaper logon-nya bisa diganti.
    Thanks pak, tips-nya bagus banget.

  2. kangguru Mei 23, 2007 pada 2:15 pm #

    wah dah lama ngak ngutak ngatik win$ sip pak

  3. Evy Mei 23, 2007 pada 3:08 pm #

    wah kemana aja pak prayogo, mudah2an sehat ya, klo yg sakit pada laporan ama kangguru tuh hihihi, lha bangun2 ngutik2 komputer… kasih tutorial siiip

  4. helgeduelbek Mei 23, 2007 pada 11:36 pm #

    Kalau di ubuntu-linux registry apa adayah?πŸ˜€

    • ari Juli 20, 2009 pada 11:07 pm #

      kagak ada bro,ubuntu free registry and virus

  5. Wahyunansyah Mei 24, 2007 pada 3:59 pm #

    blog yang bagus nich…, salam kenal sekaligus curi link ya…

  6. venus Mei 25, 2007 pada 1:15 pm #

    errr….ga ngerti registry2an, hehehe…saya gaptek dan bodoh *jedot2in pala ke tembok*

  7. De Mei 25, 2007 pada 9:49 pm #

    Aku ndak nerusin bacaπŸ˜›. Soale windoku windo meπŸ˜€.

  8. cakmoki Mei 27, 2007 pada 6:39 pm #

    Lha, ini dia yang ditunggu. Mau bersihin memory nih. Maturnuwun Pak.
    Berhubung kayaknya sibuk gak sempat PDF-nya, langsung aja saya save as pdf via browser ya *maksa*πŸ˜‰

  9. junthit Mei 28, 2007 pada 12:27 am #

    ini tentang apa ya?nggak ngerti aku..

  10. djafar Juni 16, 2007 pada 2:22 am #

    dfg

  11. Randi Juni 29, 2007 pada 10:35 pm #

    tolong kirimkan bagaimana merubah beberapa diregester windows melalui E-Mail saya. THANK’s

  12. Rysher Juli 28, 2007 pada 9:28 pm #

    Mas Prayogo Yth,

    Tulong Bermain Dengan Registry di-jadi-in hard copy / buku aza biar ga lupa, siapa yg setuju?

  13. lonelyboy16949 Agustus 21, 2007 pada 10:57 am #

    PEndatang baru nih gout……moga bisa saling ngeshare ilmu nih.
    Bagus tuh nyasatin registrynya. Untuk bersihin file dll yg dah ga kepake….saya sering pake CCLeaner……dah 1 tahun makenya and update terus sih. ada yg lebih oke gak selain CCleaner. Terus ada gak cara / software gratisan tuk ngembaliin kondisi registry file ke keadaan semula / default…so ada efek negatifnya gak thd prgram2 yg kita install kalo kita ngegunain software tsb. TQ yah mas- mas and mba-mba.

  14. taufiq November 14, 2007 pada 9:02 pm #

    salam kenal Mas Prayogo, semua yang anda berikan tentang regedit sangat bermamfaat bagi saya, apa lagi saya mempunyai kebiasaan mengutak atik regedit walaupun dengan pengetahuan yang sangat minim.
    kalau boleh sanya tanya. bagai mana bentuk setingan awal dari regedit sendiri, misalkan kita akan mengembalikan ke setingan awal.

  15. prayogo November 14, 2007 pada 9:28 pm #

    Untuk Mas Taufiq

    Salam kenal kembali, untuk menjawab pertanyaan Anda, silahkan buka dan baca postingan saya yang judulnya Bermain Dengan Registry (1).

    Semoga apa yang anda tanyakan akan terjawab di tulisan saya tersebut.

  16. amin November 27, 2007 pada 8:45 am #

    tolong isiin blog saya langi maheza beserta linknya long in adan sach

  17. Arnes Tekno Juni 15, 2009 pada 3:30 pm #

    Wah bagus nih….
    Kalo bisa, tip trixnya ditambah terus nih, biar tambah seru…

    Salam kenal..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: