Sekelumit Tentang Global Warming

18 Jul

Mungkin masih banyak orang yang tidak sadar dengan dampak atas bahayanya pemanasan global atau global warming. Saat ini masih banyak orang yang dengan sesuka hati menggunakan AC, pemanas ruangan, berlebihan dalam menggunakan air, kemana-mana naik mobil pribadi dan lain sebagainya. Sementara kebiasaan-kebiasan tersebut sadar atau tidak, sebenarnya dapat memicu semakin meningkatnya pamanasan global. Indonesia, negara yang kita tempati ini merupakan kontributor/penyumbang terbanyak urutan nomer tiga dalam hal meningkatnya pemanasan global.

Menurut situs http://www.wwf.or.id. Suhu permukaan bumi akan naik karena peningkatan emisi karbon dioksida serta gas-gas lain yang dikenal sebagai gas rumah kaca yang menyelimuti Bumi dan memerangkap panas. Gas rumah kaca adalah gas-gas di atmosfer yang memiliki fungsi seperti panel-panel kaca di rumah kaca yang bertugas menangkap energi panas matahari agar tidak dilepas seluruhnya ke atmosfer kembali.

Sementara para ahli mengatakan, Bumi sudah kehilangan kemampuan untuk ”mendinginkan” dirinya sendiri. Gas yang diproduksi oleh mobil dan industri, serta makin langkanya hutan sebagai penyerap karbon, membuat panas terperangkap. Ini seperti terjebaknya panas di dalam mobil yang kacanya tertutup rapat.

Berikut beberapa fakta yang dapat kita jadikan bahan renungan seputar bahaya dari dampak Global Warming.

  1. 100 juta warga di pesisir Asia permukimannya akan tergenang , dan 4.000 dari sekitar 17.500 pulau di Indonesia akan tenggelam.

  2. Air tidak akan cukup untuk umat manusia 25 tahun lagi.

  3. Es abadi (permafrost) di kutup akan meleleh sepenuhnya 40 tahun lagi. Permukaan air akan naik hingga 64 meter jika suatu lapisan es di bumi mencair.

  4. Tahun 2050, 130 juta penduduk di dunia terancam kelaparan, terutama di Asia dan Afrika.

  5. Tahun 2080 lebih dari 100 juta orang terancam bencana banjir tiap tahun, dan 30% garis pantai di dunia akan lenyap.

  6. Tahun 2090 akan ada air bah raksasa di Amerika Utara, dan ini bisa berulang 3-4 tahun sekali.

  7. 100 tahun mendatang 80% spesies tanaman dan hewan di dunia akan terancam punah. (Sumber: Kompas, 27 April 2007)

Lalu kalau begitu fakta yang terjadi, apa yang dapat kita lakukan untuk paling tidak dapat meminimalisir dampak dari Global Warming tersebut.

  1. Gunakan mobil hemat bensin. Perbaiki (tune-up) sistem knalpot pembakaran mobil agar tidak timbul gas rumah kaca, seperti karbon monoksida (CO). Naiklah kendaraan umum, atau gunakan sepeda, atau kalau perlu jalan kaki saja.

  2. Menulislah kepada pejabat pemerintah untuk mengadakan pembatasan penggunaan bahan bakar yang sesuai dengan tempat tinggal atau daerahmu. Dukung juga program uji emisi.

  3. Dukunglah, dan mungkin gunakan atau kembangkan pengembangan teknologi penghasil energi dengan energi ramah lingkungan seperti tenaga surya, tenaga angin, tenaga panas bumi, biogas, jarak dan lain sebagainya.

  4. Kurangi pemakaian AC, pemanas ruangan dan penggunaan air secara berlebihan.

  5. Tanamlah pohon dan lindungilah hutan. Memanam satu pohon di halaman depan rumah, selain berguna untuk peneduh juga dapat memberikan kontribusi untuk mengurani emisi.

  6. Dukung dan kalau bisa ikut serta dalam program daur ulang kertas, plastik dan logam. Mendaur ulang tumpukan koran yang tingginya 1,2 meter menjadi kertas daur ulang sudah dapat menyelamatkan satu pohon besar. Selain itu bila perlu beli dan gunakan produk-produk daur ulang.

  7. Kurangi pemakaian tisu dan kertas. Disiplinlah memilah sampah organik dan non-organik pada tong sampah rumah atau umum.

  8. Ikut serta dalam kampanye mengantisipasi pemanasan global. Menulislah dalam forum atau media tentang dampak, ancaman dan bagaimana cara mengatasinya.

  9. Boikot kendaraan yang mengeluarkan emisi gas buang berlebihan. (Sumber: Kompas, 27 April 2007)

Mengingat betapa bahayanya dampak yang dapat di akibatkan oleh pemanasan global tersebut. Maka kita sebagai generasi muda, generasi penerus bangsa, tidak ada kata lain mulai saat ini kita harus mulai merubah kebiasaan-kebiasaan yang dapat mengakibatkan meningkatnya pemanasan global tersebut. Karena tentunya kita semua (generasi muda) tidak ingin saat kita umur 40-50 tahun, penyakit seperti kanker kulit, penuaan dini, kehilangan tempat (wilayah) dan melarat bakal jadi temen dekat kita. Ayo Berubah !!!

Selalu semangat, dan terus berjuang.

21 Tanggapan to “Sekelumit Tentang Global Warming”

  1. eka Juli 23, 2007 pada 9:10 am #

    global warning? bukannya global warming, ya? hehehe

  2. xwoman Juli 24, 2007 pada 11:27 am #

    ngeri banget bacanya mas…

    ya seperti kejadian beberapa waktu lalu di Amerika juga memang dampak dari global warming ya…

  3. Kangguru Juli 25, 2007 pada 11:35 am #

    kemana mana pake kendaraan umum deh

  4. rivafauziah Agustus 7, 2007 pada 12:25 am #

    Pemanasan Global – Sudah dirasakan sampai wilayah cianjur kok… sekarang kalau panas panassssss sekali, dan kalau dingin dingin buangeeet…
    Kabut Turun makin tak beraturan….

  5. mega Agustus 21, 2007 pada 1:18 pm #

    wah, ngeri pisan euy.. mas-mas..tengkyu ya mas, ngasih gambaran buat presentasi di kelas public speaking.

  6. pyoze September 28, 2007 pada 11:22 am #

    maaf ya mas.tapi kalo memuat data fakta, tolong semuanya disertakan dengan sumber beritanya. biar ga dianggap data perkiraan saja…. soalnya jika fakta tersebut dilihat oleh orang yang kurang mengerti apa pemanasan global,serta menyebarluaskanya secara dilebih2kan.ditakutkan terjadi kepanikan yang ga jelas.terima kasih sekali mohon maaf……..

  7. rendy Oktober 24, 2007 pada 2:41 pm #

    wah,,ngeri bngtt yaxs,,so kita mesti rajin bangt neh ngajakin ayah,, emak, kakek, nenek, tante, adik, saudara, kerabat,,sepupu, serta masyarakat sekitar kita untuk memulai dari hal-hal yang kecill..
    btw,,ntar aq mau jadiin tulisanmu sebagai referensi(footnoot) untuk meneruskan perjuangan opini ke masyarakat yaxs….

  8. mrtajib November 13, 2007 pada 1:55 pm #

    bagaimana mau menyuruh pejabat brhenti pake mobil, lah wong rakyat kebanyakan juga menginginkan motor dan mobil. Dan bagi mereka, motor yang dibli, ya yang murah harganya, second, walaupun kenalpotnya njeber-njeber…dan seterusnya….

    wis, piye jal?

    tapi, ini tulisan lama yang masih menarik……

  9. somebodh November 14, 2007 pada 7:01 pm #

    Global warming… Cuma gara2 ngebaca satu majalah teen yg berisi global warming. Q jd sadar bgt akan pentingnya issue ini!!!
    Stiap orang harus sadar. Dan mau gak mau, harus berubah.
    Sekarang Q sering banget ngebuat mading ttg Global warming. Gak buang sampah sembarangan lagi. Jalan kaki ke school. Membawa minum dengan botol sendiri,dll!!!
    WE CAN FIGHT IT!!!

  10. I Bagus Putu Buana November 15, 2007 pada 10:24 pm #

    Mas,, saya Mahasiswa Psikologi UMA – Medan,, saya mau bertanya:

    1. Apakah Dampak Global Warming bisa berhubungan dengan Tsunami ataupun Gempa?

    2. Bagaimana Menurut Mas, strategi yang tepat menangani Global Warming ini?

    Terima Kasih sebelumnya saya ucapkan, semoga mendapat jawaban yang komprehensif (Saya Berharapa dapat juga dikirimkan melalui Email saya : sang_dewa_rocknroll@yahoo.com)

    Wass

  11. Dwiana Maret 13, 2008 pada 8:45 pm #

    Kak,,blh ga tulisan kakak aku pake untuk mading di skolahku SMA St. Yakobus??

    Please…

    Thanx yaa…

    jawaban: Dengan senang hati, silahkan saja tulisan ini disebarkan kemana saja. Dan semoga tulisan ini ada manfaatnya untuk keberlangsungan umat manusia.

  12. ta_Mee Maret 15, 2008 pada 2:38 pm #

    global warming emg bhaya banget..nget!nget!! bwt qta !! jd ngeri sendiri deh ngebayangin bbrpa/puluhan tahun yg akan dtang akan terjdi musibah besar, n sbagian dr pulau-pulau di Indonesia (yg dr dlu qta banggakan) itu akan tenggelam… iiih… apalgi ngbayangin klu plau yg bkal tenggelam pertama x itu..jawa!! iih… makin ngeri aj !!

    kasian kan anak-cucu-cicit qta nanti’y…
    mrka lah yg akan sangat di rugikan akan itu smua..!!

    mreka jd tdk bsa telalu mnikmati indahnya dunia !!
    sperti yg qta nikmati sebelum ataopun skarang niee… hhuhuhuhux..

    kasian !

    ingat bumi ini cma lah titipan dr Tuhan !! cma pinjaman !!
    jd seharusnya emg qta tdk pantes buat merusaknya!!

    bumi ini pinjaman yg bkal qta wariskan bwt anak-cucu qta nantinya!!

    ayolah…mlai skarang qta mlai dr hal-hal kecil dlu bwt memperbaiki bumi ini !!

  13. ta_Mee Maret 15, 2008 pada 2:46 pm #

    en he-llooooo kawand-kawand!!!
    bumi ini suatu saat nanti hruz qta kembalikan ke Yg punya !!
    yaitu Tuhan Yang Maha Esa !!
    ingat!! ini semua cma pinjaman !! PINJAMAN!!

    apa yg mesti qta bilang, jelaskan dan mesti qta katakan pada-Nya nanti??

    marilah qta brsama-sama berubah..
    bnyak jlan mnuju Roma kan??

    (hHahahahaa..ap hbngan’y??)

    pokonya tteplah semangat teman !!! jia yOo !!

  14. jzk Maret 29, 2008 pada 12:20 am #

    smua dimulai dr diri sendiri..
    coz,,
    ga smua orang sadar dampak global warming..
    Ga smua yg sadar dampak global warming mw care..
    Klo bkn Qt yg mulai duluan,, sapa lg??

  15. u_dee April 8, 2008 pada 3:27 pm #

    Selama ini kita berbicara tentang Global Warming dan yang selalu disalahkan adalah negara berkembang khususnya yang mempunyai kawasan hutan yang luas seperti Indonesia tetapi negara-negara maju seperti Amerika seenaknya membuang emisi gas buang mereka ke udara terbuka. Mana tanggung jawab mereka ???

  16. Dion September 21, 2009 pada 9:50 am #

    Global Warming adalah tanda Kiamat Dunia, diman Isa Almasih akan datang sebagai Hakiim Mahdi.

  17. Dion September 21, 2009 pada 9:53 am #

    Jadi saatnya bagi seluruh umat Manusia, untuk bertaubat dari segala dosa-dosa dan PERCAYA ISA ALMASIH SEBAGAI IMAM DAN HAKIM YANG ADIL, karena hanya DIA (ISA ALMASIH) yang akan MENETAPKAN/MEMUTUSKAN DALAM PENGANDILAN siapa yang akan diselamatkan.

  18. v-zal donald cobain April 23, 2010 pada 9:32 am #

    MEEEEEEEEEEEEEEEEERRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRDEEEEEEEEEEEKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA…………..

  19. Achmad Juli 4, 2010 pada 9:43 am #

    Kalau di sangkut pautkan dengan Badai matahari apakah itu gak semakin parah………………???

  20. sispala November 19, 2011 pada 12:39 pm #

    Cuman akal-akalan dan bermotif politik, coba Anda pelajari tentang NWO (New Worl Order)

Trackbacks/Pingbacks

  1. Global Warming « Aditya's Blog - Januari 21, 2013

    […]   […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: