Rusaknya Jalan Belitang

14 Jul

Cukup lama saya tidak pulang kampung, mungkin sudah 3 kali lebaran. Dan bahkan lebaran ini saya juga tidak akan pulang kampung. Ada kerinduan, memang, namun kerinduan itu masih bisa terobati dengan cara menelpon. Tetapi memang, menelpon saja tidak cukup, karena tidak bisa bertatap muka secara langsung. Tetapi biarlah, kerinduan akan orang tua, sanak keluarga, dan kampung halaman akan saya simpan, sampai akhirnya nanti saya bisa pulang kampung. Kelak.

Ada cerita sedikit dari saudara yang baru pulang kampung. Dia bilang, Belitang sekarang ngeri, lantas saya tanya, apanya yang ngeri, apakah masih banyak gerandong atau apa. Dia bilang, jalan di Belitang sekarang ngeri lebih tepatnya mengerikan. Ya, soal jalan. Salah satu faktor kenapa sampai saat ini saya masih malas sekali untuk pulang kampung. Mungkin buat orang Belitang semua tahu, bahwa jalan provinsi Belitang-Martapura (maaf kalau salah) itu terlalu kecil, bahkan kalau ada dua mobil saling berpapasan, itu salah satu harus mengalah, kalau tidak, maka bisa dipastikan akan terjadi kecelakaan. Apalagi mobil sebesar Mayasari Bhakti atau Lorena, makanya mobil yang ada di Belitang itu yang paling besar kurang lebih sebesar Metro Mini seperti angkutan yang ada di Jakarta.

Seharusnya Belitang berbenah diri, dengan cara memperlebar jalan. Karena, jalan merupakan sarana untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan lain sebagainya. Coba bayangkan bagaimana mau maju kalau jalannya seperti di bawah ini.

foto jalan Belitang yang rusak.
belitang (1)

belitang (2)

Memang tidak semua jalan raya Belitang – Martapura rusak seperti itu. Ada beberapa titik yang memang masih bagus. Dan bagusnya jalan, semakin indah dengan pohon-pohon kelapa sawit. Tetapi pohon kelapa sawit inipun, kalau tidak di rawat dengan baik maka akan menimbulkan hal yang negatif. Karena semakin rindang pohon tersebut, maka sakan menutup jarak pandang para pengendara. Tidak sedikit terjadi kecelakaan, gara-gara tertutupnya jarak pandang tersebut.

Foto jalan Belitang yang masih bagus.
belitang (3)

belitang (4)

Lalau siapa yang harus bertanggungjawab terhadap rusaknya jalan yang ada di Belitang. Kalau tidak salah, jalan tersebut milik dari provinsi, maka dalam hal ini pemerintah daerah yang harusnya bertanggungjawab. Entah dana dari mana, yang pasti, kalau jalan ini dibiarkan terus menerus, maka satu atau dua tahun lagi, tidak layak itu disebut jalan lintas Martapura – Belitang. Semoga pihak-pihak terkait sadar akan pentingnya sarana transportasi. Bagaimana daerah Belitang akan maju, kalau infrastrukturnya tidak diperhatikan. Oh…Belitangku sayang, Belitangku yang malang.

Terima kasih untuk Hendri Suyanto dan Indra Wiluyo, berkat jasa baik kalian, akhirnya foto-foto tersebut sampai di tangan saya.

16 Tanggapan to “Rusaknya Jalan Belitang”

  1. indra wiluyo Juli 31, 2009 pada 5:29 pm #

    saya denagan senang hati bisa membantu kang ogo, yang tujuaan nya sangat lah baik, semoga apa yang di tulis kang ogo bisa menjadi acuan untuk perbaikan jalan d BELITANG,
    karan dengan jalan yang rusak korban jiwa pun semakin banyak melanda masyarakat belitang , yang intinya hanya berebut jalan bagus.

    mudah_mudahan pemerintahan kota palembang bisa segera bisa menangani jalan_jalan yang rusak d belitang.
    karan karya tulis yg isi nya seruan dr hati rakyat belitang,

    SANAK TIYUH NUMPANG NGENJUK KOMENTAR

  2. dananghernowo September 20, 2009 pada 10:04 am #

    Salam kenal dari saya, warga Kota Cirebon,Jawa Barat.
    Artikelnya menyentuh dan bagus.
    Salam persahabatan

  3. pujianto September 7, 2010 pada 1:58 pm #

    Mungkin, pemerintah OKU TIMUR lebih menitik beratkan pembangunan ke proyek irigasi komering.Karena memang irigasi ini sangat penting bagi masyarakat OKU TIMUR,terutama Belitang dan sekitarnya.Tapi jika prasarana jalan juga tak diperhatikan,maka distribusi Beras dari belitang akan terhambat karena jalan yang jelek/buruk.Juga arus lalulintas dari dan ke Belitang akan terganggu.Bulan Maret yang lalu saya Mudik ke Belitang,kondisi jalan mulai dari SMP N Kurungan Nyawa sampai ke Bk 9 Rusak dan banyak berlubang.Sebagai orang yang terlahir di Belitang, melihat kondisi tersebut tentu sangat prihatin,tapi juga tak tahu dan bisa lakukan apa-apa.Moga-moga kedepan Belitang lebih baik dan maju.

  4. tuozo September 9, 2010 pada 8:31 pm #

    terimakasih mas yogo, sama seperti apa yang ada di benak saya. mdh2an dengan situs ini pemda okut merealisasi maksud teman2 semua

  5. Sumardy Desember 11, 2010 pada 3:36 pm #

    Setuju mas Puji…..
    Kalau kita lihat memang infrastructure baik jalan maupun irigasi keduanya sangat vital dan penting, harusnya keduanya jadi prioritas pemda Belitang, irigasi bagus, panen melimpah, baik pertanian maupun perikanan, kalau trasportasi kurang memadai akan banyak kendala dalam pemasaran….

    tolong dung…. pak Bupati….walaupun kita belum tentu 1 x dalam setahun melewati jalan Belitang…. bisa dilakukan perbaikan sesegera mungkin….

  6. shopiatun Maret 28, 2011 pada 8:39 pm #

    sama juga dengan aku mas yogo sekarang males pulang ke blitang karena jalan yang rusak dan keamanan yang kurang jadi sekarang saya tinggal di boyolali salam jumpa aja lewat surat aja khususnya buat temenku mas yogo

  7. didin Juli 31, 2012 pada 2:50 pm #

    atikelnya bagus… mo tanya lewat daerah situ aman ngga ya kalo mo ke simpang pematang dari ranau

  8. Obat Herpes Genital Agustus 30, 2013 pada 10:34 am #

    Sekarang sudah bagus ya gan?🙂

  9. pengobatanmanjur September 25, 2013 pada 3:27 am #

    Obat Kutil Kelamin

  10. obat kutil kelamin herbal Oktober 20, 2013 pada 9:18 pm #

    nice post gan..

  11. Obat Sipilis tradisional Januari 11, 2014 pada 12:37 pm #

    This is very interesting and nice to read, I like the interesting article … good luck salam sukses..Mampir Ya Gan

  12. SEPTIA NIRMA Juli 5, 2014 pada 12:09 pm #

    Jadi dirimu sendiri agar ketika seseorang mencintai kamu tak perlu takut jika dia akan temukan dirimu bukan orang yang ingin dia cintai.

  13. SEPTIA NIRMA Juli 8, 2014 pada 1:13 am #

    Mendengarkan musik favorit akan melebarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah.

  14. oon Mei 27, 2015 pada 5:16 pm #

    Jalan makin rusak dan parah, grandong (perampasan motor) makin merajalela.
    10 tahun tidak ada perbaikan, weleh weleh …

  15. RINA FRANSISKA November 13, 2015 pada 10:34 am #

    Sesuatu yang menyenangkan bagaimana seseorang mampu membuatmu tersenyum hanya dengan memikirkan dirinya Happy

  16. Kutil Kelamin Mei 27, 2016 pada 5:05 am #

    Sama, rata” jalan indonesia emang gitu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: