Muhammad Jusuf Kalla

21 Okt

Saya memang tidak pernah bertemu langsung dengan Pak Muhammad Jusuf Kalla, atau yang lebih dikenal dengan sebutan JK. Karena memang saya hanya rakyat biasa. Tetapi saya selalu senang mengikuti berita apa saja yang dilakukan oleh beliau. Saat kampanye kemarin, setiap Pak JK ada di televisi, saya tidak akan pernah mengganti chanel TV. Saya suka dengan gaya bicara beliau yang ceplas-ceplos, apa adanya, tidak dibumbui. Apalagi waktu acara di Metro TV, yang saat itu menayangkan kampanye/dialog JK dengan orang-orang Kadin. JK, sampai mau membuka sepatunya, hal itu dia lakukan karena dia ingin menunjukkan bahwa sepatu yang beliau pakai memang produk dalam negeri. Sangat jarang atau bahkan tidak ada pejabat di tanah air ini, yang mau melakukan hal seperti itu. JK terlalu low profile, dan itu semakin menambah hormat saya terhadap beliau.

Memang saya belum terlalu lama kenal (baca: tahu) Pak JK. Saya baru tahu banyak tentang beliau adalah saat-saat kampanye pemilu 2009 kemarin. Terus terang sebenarnya saya sangat mengharapkan beliau yang menang dalam pilpres. Bahkan sehari sebelum pencoblosan, saya kirim SMS ke rekan-rekan saya, isi dari SMS tersebut adalah “salah makan, maka akan menyesal satu hari, salah potong rambut, akan menyesal satu bulan, dan salah memilih, maka akan menyesal lima tahun, oleh sebab itu gunakan hak pilih anda dengan benar, dengan cara memilih nomor 3”. Tetapi ternyata fakta berkata lain, JK kalah.

Masih soal kampanye beliau (JK), dalam banyak iklan yang ditayangkan di televisi mengenai pasangan JK-Wiranto, adalah iklan yang menayangkan bagaimana Bandara Hasanuddin Makassar di bangun oleh tangan-tangan pintar orang Indonesia. Kebetulan saya dalam satu kesempatan berkunjung ke Makassar, dan memang saya melihat desain bandara tersebut sangat bagus, dan bersih. Memang desiannya beda dengan Bandara Soekarno-Hatta. Kalau menurut saya Bandara SOETA di desain dengan konsep ala Indonesia, menggunakan batu bata yang terlihat.

Bandara Hasanuddin memang bagus, tetapi menurut saya tidak tampat terlihat desian ke Indonesiaannya. Karena bandara tersebut di desain dengan banyak besi dan kaca, jadi memang terkesan terlalu mewah, tetapi tidak menunjukkan kalau ini Indonesia. Saya berpikir, alangkah lebih baik kalau Bandara-Bandara yang ada di kota-kota tanah air ini, desainnya menunjukkan corak budaya dari daerah/kota tersebut. Sehingga, pada saat penumpang pesawat menginjakkan kaki, di saat itu juga aroma atau nuasa kedaerahan sudah terasa. Misal bandara Yogyakarta, di desain dengan corak jawa/batik, atau yang lain, jadi begitu penumpang turun, langsung dengan sendirinya Bandara tersebut bicara, This is Yogyakarta. Tetapi, apapun itu, angkat topi saya lakukan untuk insinyur, arsitek yang telah membangun bandara Hasanuddin.

Kembali ke JK. Kebetulan di salah satu Pengurus Pusat AIPI, ada orang yang menjadi Deputi Politik Seswapres, beliau adalah Prof. Dr. Djohermansyah Djohan. Dari beliau ini, beberapa informasi saya dapatkan mengenai JK. Informasi ini biasanya saya dapatkan saat beliau datang ke kantor AIPI untuk rapat. Dan kebetulan 1 hari setelah pemilu pilpres kemarin, Pak Djo (begitu panggilan akrabnya) cerita mengenai bagaimana sedihnya Pak JK, atas penghitungan sementara pilpres (quick count). Tetapi walaupun begitu, masih menurut Pak Djo, Pak JK tetap tegar dan santai menghadapai fakta tersebut.

Kini pemilu sudah selesai, bahkan pelantikan presiden terpilihpun sudah dilakukan tanggal 20 Oktober kemarin. Dan kini Pak JK, sudah tidak menjabat sebagai wakil presiden, kini Pak JK kembali menjadi warga negara biasa, seperti saya. Namun begitu, Pak JK bukan warga biasa seperti saya. Karena Pak JK orang yang berilmu, pandai dan seorang negarawan. Seperti saat kampanye berlangsung, saat JK ditanya kalau kalah apa yang akan dilakukan. JK bilang, akan pulang kampung, mengurusi masjid, membangun pendidikan, kalau bahasa jawanya itu adalah “Mbali Mbangun Deso”. Selamat jalan Pak JK, semoga hari-hari indah akan dilalui saat kembali mbangun deso. Berbakti terhadap bangsa tidak harus ada di Jakarta, tetapi di manapun bisa, termasuk di kampung halaman.

Hormat dan salut saya untuk Muhammad Jusuf Kalla.

5 Tanggapan to “Muhammad Jusuf Kalla”

  1. Jual Rumah Oktober 21, 2009 pada 4:04 pm #

    Jusuf Kalla atau biasa orang mengenalnya dengan sebutan JK.
    yah…inilah sosok JK, yang ramah dan juga tegas, hal ini diungkapkan oleh pegawai rumah tangga istana wapres.
    seluruh staff rumah tangga istana wapres menyebutkan bahwa JK adalah sang maestro…
    ini dikarenakan sikap JK yang sangat ramah dan juga tegas…

    saya sebagai rakyat biasa yang memang tidak pernah bertemu langsung.
    tetapi dari segala liputan mengenai JK, saya bisa menilai bahwa JK merupakan orang yang sangat ramah dan juga tegas, dan juga sangat inspiratif.
    walau terlihat seorang yang pendiam, tetapi JK adalah seorang pahlawan.
    dengan tangan dan juga ide kreaifnya JK bisa mendamaikan aceh…

    selamat jalan pak JK…
    kami akan sangat merindukanmu
    Rumah Murah

  2. Kartika Mayang Sari Oktober 23, 2009 pada 8:41 am #

    Sosok JK memang patut di acungi jempol
    Ia adalah seorang yang ramah dan penuh canda tawa
    Semoga ia akan terus menjadi orang yang ramah meski sudah tidak menjabat sebagai wapres
    Selamat jalan Pak JK

  3. iinainiyah Oktober 7, 2013 pada 12:08 pm #

    Reblogged this on iinainiyah and commented:

  4. ROLI PERSEBER Juni 14, 2014 pada 3:14 pm #

    Before you can buy the best weapon maximize your sharp knife first

  5. ROLI PERSEBER Februari 10, 2015 pada 4:46 am #

    Gonore mungkin infeksi bakteri terkenal yang bisa diberi makan secara seksual dan hasil yang paling berguna dalam hampir tidak ada tandatanda peringatan . Jika Anda tidak sembuh gonore dapat membahayakan organ tubuh reproduksi bersama dengan menyebabkan itu menjadi masalah bagi gal yang menggunakan bayi .Konsumen biasanya bisa mendapatkan gonore melalui vagina bersamaan dengan anal bercinta . Anda bahkan bisa mendapatkan penyakit melalui melalui mulut bercinta . Sebuah hamil gal yang baik dapat memberikan gonore yang akan pacar Anda bayi semua melalui pengiriman .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: