Nasionalisme Cara Gue !

11 Des

Mungkin setiap orang berbeda-beda dalam hal menyampaikan rasa nasionalisme. Ada yang menunjukkannya dengan memasang bendera di halaman rumah, di mobil, di motor, atau bahkan memasang pita merah putih di kepala. Atau dengan cara suka menyanyikan lagu-lagu nasional, lebih memilih produk lokal dibandingkan produk asing? Dan lain sebagainya. Banyak cara menujukkannya.

Namun, menurut Anies Baswedan, nasionalisme pasca kemerdekaan lebih sulit untuk mendapatkan bentuk. Di jaman penjajahan, nasionalisme memiliki bentuk yang jelas, yaitu melawan penjajah. Tapi begitu merdeka, ungkapan nasionalisme semacam menjadi monopoli pemerintah. Bentuk-bentuknya berubah menjadi seperti upacara bendera, teks Pancasila, wajib bayar pajak, dll. Semuanya itu menjadi kaitan antara penguasa dan rakyat, tidak ada lagi ungkapan spontan seperti di jaman perang. (http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?ID=9453)

Benar, saat ini lebih sulit untuk menunjukkan bentuk dari nasionalisme kita. Ambil salah satu contoh nasionalisme kita dengan tidak memakai produk-produk luar negeri, ini sangat sulit. Sebagai contoh, saya mempunyai anak usia 13 bulan, yang namanya anak-anak pasti senang sekali mainan. Secara kebetulan saya tinggal di daerah Kalimalang yang berdekatan dengan Pasar Gemberong. Tahukah anda Pasar Gembrong? Pasar Gemberong adalah pusat jualan mainan anak-anak, dari yang paling sederhana sampai yang paling cangih. Pasar Gemberong terletak di daerah Jakarta Timur, dekat dengan Perumpung. Di tempat ini kalau hari libur ramai sekali di datangi para orang tua. Dari yang naik kendaraan umum, sepeda motor sampai orang-orang ‘kaya’ yang mengendarai mobil pribadi.

Apa yang menarik dari Pasar Gembrong
Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, di pasar ini kita bisa mendapatkan beraneka macam mainan anak-anak. Boneka, mobil-mobilan, robot-robotan, dan lain-lain. Selain itu, di pasar ini kita bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada harga di supermarket atau mal-mal. Tidak percaya, dan mau bukti? silahkan saja berkunjung ke Pasar Gembrong. Namun sayang, dari berbagai macam produk yang dijual di sana, sebagian besar (atau bahkan semuanya) adalah produk luar negeri. Bebek-bebekan yang pernah saya beli untuk Nahda Arzita (anak saya) itu Made in China. Bola-bola kecil, Made in China. Lalu bagaimana cara menunjukkan nasionalisme kita, dengan cara tidak membeli mainan tersebut? sulit untuk menghindar.

Ok lah kalau begitu? Mungkin saya tidak bisa menolak untuk tidak membeli produk (mainan) tersebut. Karena kalau tidak, anak saya bisa nangis terus kalau belum dibeliin. Oleh sebab itu, nasionalisme yang bisa saya tunjukan setiap minggu adalah dengan tidak membeli bahan bakar (BBM) produk luar negeri, seperti Shell atau Petronas. Yang kalau tidak salah Shell adalah produk/pemiliknya orang dari Jerman dan Petronas, Malaysia. Lalu, Pertamina, ya saya setiap membeli bahan bakar untuk motor, selalu menggunakan/membeli di SPBU Pertamina. Alasan saya, walaupun mungkin saham Pertamina juga sudah dimiliki oleh asing, tetapi paling tidak masih banyak (ada) saham-saham Pertamina di miliki oleh orang kita (Indonesia). Mungkin ini cara yang bisa saya lakukan untuk menujukkan rasa cita kepada tanah air (nasionalisme).

Kalau Anda bagaimana?

12 Tanggapan to “Nasionalisme Cara Gue !”

  1. micokelana Desember 14, 2009 pada 4:21 pm #

    masih ada yah nasionalisme…??

  2. VANOVIC Desember 17, 2010 pada 6:34 am #

    Jika produk dalam negeri bagus, kenapa tidak? namun jika masih belum lebih baik dari produk luar, jangan salahkan rakyat membeli produk asing, hehehe….

  3. VANOVIC Desember 17, 2010 pada 6:36 am #

    Mas, tukeran link boleh? Link blog Mas sudah saya pasang di blog saya… Cek di sini Mas:
    http://vanovic.com/blog

    Saya tunggu linkback nya, Terima kasih

  4. potret oku timur Januari 9, 2011 pada 2:37 pm #

    orang indonesia sekarang lebih bangga dengan produk ekpor, kurang menghargai produk dalam negri. padahal akan lebih baik jika kira memakai produk dalam negeri

  5. awandragon April 24, 2011 pada 12:16 pm #

    Aq pilih Produk Negeri sendiri

  6. ardansirodjuddin Juli 26, 2011 pada 3:15 pm #

    Artikel yang menarik,
    kunjung balik yaaaaaay

  7. prayogo.net September 30, 2011 pada 9:06 am #

    Yang penting aksi dan ekspresikan Nasionalisme yang konstruktif, sesuai kemampuan dan ikhlas.

  8. Catherine Lee April 10, 2012 pada 12:23 pm #

    Hi Admin,

    This is Catherine Lee from Wondershare Software Co., Ltd., a professional Consumer Software Producer and Publisher providing multimedia and business solutions for both Windows and Mac users in 5 languages.

    We highly appreciate your authority in Technology/Windows/Office field. I am emailing you because we hope you can write a review on Wondershare PDF Editor Beta, which enables users to view, edit, merge, split multiple PDF files simultaneously and convert PDF files into Microsoft Word 97-2003 and RTF files FOR FREE IN 100 DAYS. Now you can know more about PDF editor beta here: http://www.wondershare.com/pdf-editor/

    I bet you readers will be thankful if you share it with them.

    Look forward to your reply.

    Kindest regard,

    Catherine Lee

    Wondershare Software Co., Ltd.

  9. Obat Gonore Ampuh Agustus 27, 2013 pada 4:11 pm #

    Bagus juga gan itu (y)

  10. naraya Juni 11, 2014 pada 8:05 am #

    Yang penting aksi dan ekspresikan Nasionalisme yang konstruktif

  11. MEGA BUANA PUTRI Februari 9, 2015 pada 11:48 pm #

    Apa itu wasir? Sebuah definisi yang tepat dari wasir tidak ada tetapi mereka dapat digambarkan sebagai massa atau rumpun (“bantal”) jaringan dalam lubang anus yang mengandung pembuluh darah dan jaringan mendukung sekitarnya terdiri dari otot dan serat elastis. Lubang anus adalah empat sentimeter di mana feses melewati saat berjalan dari rektum ke dunia luar. Anus adalah pembukaan kanal anal ke dunia luar.

  12. Kutil Kelamin Mei 27, 2016 pada 4:58 am #

    Bisa jadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: