Belitangku Nan Subur

2 Jun

Lama juga tidak melihat Belitang, kampung kelahiranku. Rasa rindu selalu saja mengelayutiku. Walaupun baru dua tahun saya tidak pulang kampung, tetapi rasanya sudah berpuluh-puluh tahun. Saya hanya mendegar cerita tentang Belitang dari orang-orang kampung yang datang ke sini. Dari merekalah saya banyak mendapatkan informasi bahwa Belitang sekarang sudah jauh maju di bandingkan beberapa tahun yang lalu. Salah satunya karena kepemimpinan bupati yang baru, Bapak H. Herman Deru, SH, MM. Mereka bilang, “kamu akan kaget kalau pulang ke Belitang, apalagi melihat Gumawang (Ibu Kota Belitang) yang semakin maju.

Dan memang begitu adanya. Dari setiap saudara yang datang ke Jakarta selalu menceritakan tentang perubahan Belitang yang semakin maju. Tetapi saya tidak tahu, apakah kemajuan dari segi pembangunan tersebut juga di barengi dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Apakah tingkat keamanannya sudah tidak terlalu mengerikan seperti saat-saat dulu. Seperti yang pernah saya tulis di blog ini, Awas Ada Grandong di Belitang. Apakah penduduk Belitang sudah tidak ada lagi yang makan nasi tiwul, nasi oyek, di saat paceklik datang. Harapan saya, semoga perubahan yang terjadi saat ini juga di barengi dengan kemajuan di sektor-sektor yang lain.

Pak Sugiarto, ya Bapak yang satu ini belum lama saya kenal. Suatu hari dia kasih komentar di blog ini. Dan ternyata dia juga orang Belitang. Profesi beliau adalah seorang guru, di STM YPPB Wonorejo, Belitang. Beliau dipercaya oleh sekolahannya untuk bidang ICT (Information and Communications Technology). Hebat, memang kata ini yang layak di ucapkan untuk perkembangan Belitang, khususnya di bidang pendidikan. Dulu saya masih berpikir, bahwa Belitang masih tertinggal dari segi teknologi dan informasinya, ternyata pendapat saya itu salah. Karena sekarang sudah banyak orang-orang seperti Pak Sugiarto yang ada di Belitang. Karena semakin banyak orang-orang seperti itu, maka semakin maju pula pendidikan daerah Belitang. Sukses buat Pak Sugiarto. Dan guru-guru ICT yang lainnya.

Kembali ke Belitang. Belitang memang terkenal dengan lumbung padinya Sumatera Selatan. Bisa di lihat dari beberapa foto yang ada di bawah ini. Buat Pak Sugiarto, terima kasih sekali atas kiriman foto-fotonya.

Suasana persawahan yang asri dan subur seperti di atas, itu juga sama suasananya dengan beberapa tahun silam saat saya masih di kampung. Tidak terlalu banyak berubah. Di sepanjang jalan yang kita lalui (dari BK 0, sampai BK 16 dan seterusnya) terhampar luas hijaunya padi di sawah. Begitu juga dengan saluran irigrasi, yang lebih di kenal dengan Sungai Komering. Sungai Komering tersebut airnya berasal dari Bendungan Perjaya. Sungai inilah yang mengaliri persawahan-persawahan yang ada di Belitang dan sekitarnya. Hamparan sawah yang luas dan hijau seperti di atas semoga tetap akan selalu ada sampai kapanpun di Belitang. Karena saya tidak ingin area persawahan tersebut beralih fungsi menjadi, kebun karet, sawit dan lain-lain.

Dan semoga julukan daerah Belitang sebagai lumbung padinya Sumatera Selatan akan terus ada. Dan tak akan pernah lekang di makan waktu. Majulah Belitang, Majulah Sumatera Selatan.

Tetap Semangat, Dan Terus Berjuang.

33 Tanggapan to “Belitangku Nan Subur”

  1. you_dee12 Juni 2, 2008 pada 3:22 pm #

    Wah… jadi kangen ni, lihat persawahan..
    inget kampung halaman …🙂

  2. prayogo Juni 3, 2008 pada 9:43 am #

    Iya nih Mas, saya juga selalu begitu. Begitu lihat sawah, sungai/irigrasi, selalu ingat kampung halaman.

    Mudah2han tahun depan saya bisa pulang kampung.

  3. kang_sugie Juni 4, 2008 pada 9:21 am #

    Ma.. kasih ya,,,,,,
    Jadi tersanjung , nih…..

  4. indra1082 Juni 5, 2008 pada 8:38 am #

    Kalau lihat dari foto sih sepertinya sejuk dan damai sekali…
    terima kasih sudah berkunjung

  5. Ersis Warmansyah Abbas Juni 17, 2008 pada 5:24 pm #

    Asyik ya … tanah kelahiran adalah pemberi segalanya yang mungkin tidak meminta apa pun. Kesadarn kitalah memberi sesuatu buat kelangsungannya. Amin.

  6. leah Juni 20, 2008 pada 6:08 am #

    liyat yang seger, indah, hijau bisa bikin adem mata…

  7. rusidi-tipong September 19, 2008 pada 7:52 am #

    sebuah rasa tersendiri ketika kita yang notabene sedaerah bisa bertemu dan berdiskusi.

  8. wyd Oktober 12, 2008 pada 4:32 pm #

    apa benar kalau mau ada panen raya, padi2 yang belum layak panen diberikan ‘sesuatu’ supaya pas hari H kelihatan menguning? kalau bisa kasih info, tolong kasih tahu zat kimia yang digunakan. bukan buat apa2, sekedar buat pembelajaran di kelas, soalnya saya guru. thx infonya

  9. Amin Wahyudi Maret 6, 2009 pada 12:31 am #

    Umbai Akas Sikamja Haga Mulang……

    He he kangen juga nih liat kampoeng halaman, Ane terakhir ke Belitang Lebaran tahun 2007 kemarin tepatnya di Desa Sidorahayu BK.6, memang sudah banyak perubahan yang ane liat, ane aje sampai heran sudah dipoles cantik tuh Belitang & kebetulan pas ane pulang kemarin ada reuni SMA 1 Negeri Belitang dihadiri juga sama Bupati Bpk. Herman Deru beliau langsung kasih dana Rp. 10.000.000,- buat reuni tahun 2008 katanya, sayang ane gak bisa pulang ditahun 2008 kemarin….

    Semua sekarang sudah serba ada di Belitang, rumah-rumah udah bagus semua, banyak berdiri rumah makan diempang, rumah-rumah burung wallet dll, semua mencoba menggeliat dari berbagai sektor untuk perkembangan menuju kemajuan and ane liat kemarin ada pipa-pipa raksasa tepatnya antara desa Sukarame ( desa yang punya blog ini he he he..) sama BK.8, denger2 info sih mau dibuat Saluran LPG.

    Belitang Kota Mandiri itulah jargon-jargon yang sering ane liat disepanjang jalan, semoga Belitang bener-bener Mandiri dan ane yakin suatu saat bukan hanya mandiri tetapi kontribusi Belitang sangat diperlukan oleh daerah-daerah lain.

    Eh semoga situasi juga kondusiflah…., and gak ada lagi preman-preman yang kerjanya buat ribut melulu dan mencoreng nama baik BELITANG he he…

    Bravo Belitang…. I Miss U

    • joni efendi Desember 29, 2009 pada 11:24 am #

      slm knl sapa niku?
      btw,agktn thn brp d stm yppb?

  10. Jhon Herry April 11, 2009 pada 9:56 am #

    SALAM GUWAI JOLMA KOMERING KHUSUSNYA BK.13 DAN SEKITARNYA (Gumawang).

    Belitang memang penghasil padi yang terbesar tidak itu juga petani juga menernak ikan patin, hasilnya memang sangat memuaskan. sayangnya belitang yang alamnya cukup indah dan sejuk tidak di jadikan objek wisata keluarga(ogro wisata), dimana terbentang sawah hijau yang cukup luas dan udara yang sejuk.
    saya harap belitang bisa lebih maju baik di bidang pertanian (agro).
    Ayoo… jolma Komering Betung dan lainnya kita bertukar fikiran untuk mengembangkan daerah Belitang (Gumawang).

    Khusus di Jakarta ada perkumpulan jolma komering betung yaitu: IKB (Ikatan Komering Betung) meraka juga berasal dari OKU timur dan sekitarnya yang merantau bertahun-tahun di Jakarta. Dengan Ketua: Drs. H Ruslan Wakil: Pirus dan Bendahara: Hasan Daud.

  11. azis April 14, 2009 pada 12:14 pm #

    Salam buat temen2 SMAN 1 belitang…..
    sudah lama juga ane gak pulang ke kampung halaman,ane di bk 10
    sidomakmur,,,…kalau lihat perkembangan ke depan belitang akan semakin maju dan aman…..ane sudah 10 th di jakarta…buat temen2 yang mau ada & domisili di jkarta silahkan akses di blog spot/email di azis_801@yahoo.com.Good luck….

  12. prayogo Mei 19, 2009 pada 3:09 pm #

    Buat Jhon Herry dan Azis, salam kenal.

    Semoga kapan2 kita bisa kopdar…..

  13. MUJIANTO Juni 14, 2009 pada 2:07 pm #

    salam kenal buat bapak sugiharto..
    saya jua alumni STM YPPB belitang angkatan 94.
    ingin rasanya STM mengadakan reuni kembali ..
    coba pak di issukan
    nanti kita yang ada diluar daerah akan coba bantu.

    sebagai info..
    saat ini saya juga berada dijakarta.

    thanks

    • ernady April 30, 2011 pada 7:18 pm #

      mas muji jurusan apa….???aq alumni mesin 1

  14. decky chanrawan Juni 27, 2009 pada 10:16 pm #

    aduh baru kali ini saya melihat tulisan tentang tanh kelhiranku belitang.dulu saya lahir di belitang tepatnya di BK 11 desa marga cinta.sudah sejak kelas 4 sd saya telah pindah ke medan sampe sekarang kerena kerja orang tua saya juga pindah.
    kalu bapak tau ayah saya bernama HASAN CHAN dan saudaranya yng laen KADIR CHAN,GULAM ROSUL.AZIS CHAN.ASNAH,ZAENAB.
    Mereka semua adalah orang belitang keturunan india ank dari kakek saya MUHAMMAD CENDU.
    TOLONG DI BALAS YA KE AMAIL SAYA DI(deckychandrawan@yahoo.co.id)

  15. agus widi aswuri Juli 18, 2009 pada 1:07 am #

    halo pak giarto….
    jadikan belitang kota yang gak gaptek ya….

  16. joni efendi Desember 29, 2009 pada 11:18 am #

    hallo,bu jaleha………..
    jadi kangen pengen lihat ibu lagi,gmn kbr?

  17. wiznu Januari 31, 2010 pada 10:13 am #

    maz saya juga anak belitang udah 5 blan di batam tp udah kangen ma kampung aku kangen ngliat sawah2 sama BK di sana udah kangen banget.aku tinggal di Bk16 ds ulak buntar aku anak jawa tp bisa kog bahasa komering .ju2r aku langsungpengan pulang

  18. EPRI Agustus 8, 2010 pada 6:33 pm #

    aku kangen ni sama kp halaman ku…oh… kota belitang..kpan y aku bisa pulang dan membangun ya semoga//// indah ya belitang..

  19. rina Agustus 22, 2010 pada 2:44 pm #

    belitang oh oh belitang, belitang nan damai, yang selalu memanggil rasa rindu ku pada wangi bunga-bunga padi yang menguncup dan bersemi…. aku bangga pada belitang ku.

  20. pujianto September 7, 2010 pada 2:08 pm #

    Ingat Belitang.., ingat untuk kembali pulang.aku selalu ingin lakukan sesuatu yang tidak dapat kulakukan dan temukan ditempat lain,yaitu mancing welut/belut.

  21. edi sutrisno September 15, 2010 pada 8:36 am #

    aku kangen ma kapung ku di bk 19 tegalsari ya allah kapan saya bisa polang lagiii

  22. ernady April 30, 2011 pada 7:24 pm #

    belitang adalah tumpah darahku,kemanapun aq berada engkau slalu ada di setiap hembusan nafasku……..belitang nan elok…engkau slalu ku rindukan…

  23. agus widi Agustus 12, 2011 pada 10:42 am #

    Beras mu wangi belitang

  24. herman Maret 17, 2012 pada 7:00 pm #

    aku jugo wong lahir belitang

  25. herman Maret 17, 2012 pada 7:01 pm #

    aku lahir di bk6 jugo

  26. DIMAS GUSSENDI Juni 27, 2013 pada 10:49 pm #

    Bener belitang skarang mkin maju,,,aku yg tinggal disini makin btah,,,pkoknya akan kngen bgt klo ninggalin belitang,,
    tapi syangnya jlan di BLITANG bnyak yang blum dibetulin pa lagi desa aku,,,
    MUARA BALAK jalannya ancur bgt,,

  27. Penis Sakit Saat Kencing Agustus 28, 2013 pada 9:07 pm #

    Indah nan asri🙂

  28. obat kutil kelamin herbal Oktober 20, 2013 pada 9:17 pm #

    nice post gan..

  29. Obat Sipilis Alami Januari 11, 2014 pada 1:50 am #

    This is very interesting and nice to read, I like the interesting article … good luck salam sukses

  30. Obat Sipilis tradisional Januari 11, 2014 pada 12:36 pm #

    This is very interesting and nice to read, I like the interesting article … good luck salam sukses..Mampir Ya Gan

  31. Kutil Kelamin Mei 27, 2016 pada 5:03 am #

    Anak tani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: